Mengatasi Masalah-Masalah Umum Pada SSH - Vidhian Jaya

Jumat, 17 Oktober 2014

Mengatasi Masalah-Masalah Umum Pada SSH

SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet. Secara sederhananya SSH yang sering kita gunakan untuk trik internet gratis adalah sebagai tunneling yaitu mengirimkan dan menerima data melalui koneksi lain.
Mengatasi Masalah Umum SSH pada Bitvise SSH Client
Mengatasi Masalah Umum SSH pada Bitvise SSH Client

Bagi pengguna trik internet gratis mungkin pernah mengalami beberapa kendala untuk dapat koneksi ke internet. Salah satunya pada saat mengkoneksikan akun SSH, tanpa SSH yang terkoneksi maka internet pun tidak dapat ditunneling dan trik tidak akan berhasil. Masalah-masalah umum yang sering dihadapi terkait dengan SSH antara lain adalah sebagai berikut:

1. SSH_OPEN_CONNECT_FAILED
Untuk mengatasi permasalahan ini cobalah deselect remote desktopnya, atau dengan mengganti c2s rulenya ke 3389.

2. SSH_DISCONECT_BY_APLICATION atau Sesion terminated on clients behalf
Biasanya ini terjadi karena kita membuka dua Bitvise sekaligus namun memiliki pengaturan Listen port yang sama pada services, untuk mengatasinya kita bisa mengubah salah satu listen port dengan angka di bawah atau di atasnya (secara berurutan).

3. Connection failed. error resolving connect-to address: gethostname () failed:Windows error 11004: the requested name is valid, but no data of the type was found
Permasalahan ini biasanya pada domain name lookup, untuk mengatasinya coba cek cmd: ipconfig/flushdns. Tapi dari pengalaman, masalah lain juga bisa menyebabkan ini yakni pada masalah dns servernya.

4. Connection filed. Connect() failed: Windows error 10060. A connection attempt failed because the connected party did not properly repond after a period of time, or established connection failed because connected host has failed to repond.
Pada kasus ini biasanya firewallnya yang memblok sehingga anda perlu menonaktifkan firewall PC anda terlebih dahulu, tapi juga bisa diakibatkan oleh permasalahan lain yakni jika Port Injeck yang anda gunakan tidak sama dengan Bitvise, jika masalah ini penyebabnya coba anda teliti lagi port inject (samakan dengan listen port bitvise).

Selain itu dari pengalaman juga bisa disebabkan karena kesalahan penulisan host atau host sudah kadaluarsa/tidak dapat di gunakan lagi untuk mengatasinya coba cek penulisan host dan portnya, kalau sudah benar namun tetap tidak bisa maka hal ini di sebabkan karena server host sudah tidak merespons atau server sudah mati sehingga anda perlu mengganti SSH (biasanya pada pengguna free SSH)

5. Server disconnected without sending a disconnect message
Hal ini terjadi biasanya karena TCP/IP diputuskan atau terputus dari servernya, atau dapat juga terjadi karena server penuh sehingga sulit untuk koneksi, anda dapat mengatasinya dengan abort bitvise dan login kembali (berulang-ulang), sebagai analogi hal ini seperti jika anda call layanan telkomsel 116, cukup sulit tersambung karena jaringan sibuk, anda harus terus call berulang-ulang sampai bisa tersambung, jika anda ingin bitvise secara otomatis (sendiri) yang melakukan re-login, sehingga anda tidak perlu abort-login secara berulang, anda bisa melakukan pengaturan bitvise seperti gambar di bawah ini. (Pengaturan ini juga bermanfaat auto reconect jika terjadi diskonect karena server putus)

6. SSH_DISCONNECT_PROTOCOL_ERROR
Penyebab pesan error ini biasanya karena terlalu banyak pengulangan login, atau bisa terjadi kesalahan pengetikan alamat host/pass/user. Coba anda teliti kembali, jika anda merasa sudah benar anda bisa menonaktifkan terlebih dahulu modem-inject-bitvise. Lakukan kembali langkahnya dari awal.

7. Connection failed connect() failed: windows error 10061: No connection could be made because the target machine actively refused it.
Biasanya hal ini karena ip port yang kita gunakan tidak bisa konek atau sudah ada software sejenis yang sedang berjalan menggunakan ip:port yang sama, dari pengalaman yang saya temui, biasanya dengan mencari ipc yang berbeda/restart inject dapat mengatasi masalah ini.

8. SSH_DISCONNECT_KEY_EXCHANGE_FAILED failed to negotiate host key algorithm
Hal ini biasanya karena masalah pengaturan bitvise kita, coba anda buka SSH tab pastikan setingan sesuai gambar (pilih salah satu”ssh-rsa, ssh-dss” atau “ssh-dss, ssh-rsa”).

9. Connection failed. the proxy server has ended the connection without sending a response
Pesan error ini biasanya disebabkan kesalahan pengaturan Proxifier, atau bisa juga inject yg sudah mati. untuk menguji apakah inject sudah mati, bisa dilakukan dengan login tanpa inject, caranya hilangkan centang pada use proxy pada bitvise (login-proxy setting-use proxy) jika sukses, berarti inject yg memang sudah mati, tetapi jika inject ternyata masih “work” (misal di test atau sedang digunakan pengguna lain work), kemungkinan terbesar adalah load ke inject sudah kurang responsif, coba anda buat pilihan option pada SSH dengan mencentang “Always Reconnect Automatically” dengan FRT 0.

10. Connection failed. WSAGetOverlappedResult failed: Windows error 10054: An existing connection was forcibly closed by the remote host
Hal ini biasanya terjadi karena beberapa kemungkinan, faktor utama adalah inject yang sudah mati, tetapi jika inject dites masih hidup maka kemungkinan yang lain bisa terjadi karena masalah pada UAC dan Firewall yang belum dimatikan, jika hal ini penyebabnya coba anda nonaktifkan terlebih dahulu Firewall, faktor lainya bisa terjadi juga karena gagal routing, anda bisa mengulangi kembali proses routing, faktornya biasanya disebabkabkan kemungkinan proxy standar seperti (T-Sel : 10.1.89.130, IM3 : 10.19.19.19, XL : 202.152.240.50, etc) gagal di load, anda bisa mengeceknya dengan ping yang bukan bawaan aplikasi windows, selain cara diatas untuk mengatasi masalah ini coba anda biarkan pengaturan Advanced TCP/IP setting tetap menggunakan default gateway on remote network. Kemungkinan yang lain dari pesan error ini juga dikarenakan anda melakukan login Bitvise dalam keadaan Proxivier sudah di aktifkan, coba anda matikan terlebih dahulu Proxivier, hal yang sama biasanya terjadi setelah Bitvise-Logout dan anda melakukan login kembali pada saat Proxivier masih dalam keadaan aktif. Pada saat login upayakan Proxivier jangan dinyalakan terlebih dahulu. Jika beberapa faktor itu tidak memberikan solusi, maka kemungkinan terakhir adalah windowsnya, coba anda tes di PC lain.

11. SSH selalu meminta password
Jika anda mengalami error seperti ini periksalah apakah account anda sudah benar penulisanya, namun jika tetap tidak bisa berarti user tersebut sudah tidak aktif, anda bisa mengganti SSH anda, anda bisa mendownload akun ssh gratis yang banyak tersebar di google.

Diperbarui pada 20 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan