Apa Itu Kecepatan Terminal? - Vidhian Jaya

Sabtu, 24 Januari 2015

Apa Itu Kecepatan Terminal?

Kecepatan terminal adalah kecepatan konstan yang dicapai oleh sebuah benda yang jatuh bebas melalui gas (misalnya udara) atau zat cair. Oleh karena itu kecepatan terminal tercapai ketika kecepatan tidak lagi meningkat atau menurun yaitu gaya tarik dan daya apung yang sama dengan gaya gravitasi ke bawah dengan gaya total yang bekerja padanya menyeimbangkannya pada nol.

Dua faktor utama yang menentukan kecepatan terminal obyek di bumi adalah berat badan dan luas permukaan, dengan berat, luas permukaan benda yang kecil memiliki kecepatan yang lebih besar. Sebagai contoh, bola timah akan memiliki kecepatan terminal jauh lebih tinggi daripada selembar kertas yang dibuat baik lebih berat maupun menempati ruang yang kurang.

Pentingnya luas permukaan adalah karena efek tarik dari perantara/media gas atau cairan. Misalnya, udara di atmosfer bumi menghasilkan resistensi karena molekul yang bertabrakan pada setiap tubuh yang jatuh dan menciptakan gaya ke atas yang bertentangan dengan gravitasi. Inilah sebabnya mengapa jika dua objek yang berbeda timbangan/berat jatuh ke dalam vakum pada kecepatan yang sama, mereka akan mengalami percepatan yang sama (seperti yang ditunjukkan dalam tes menjatuhkan bulu/palu yang terkenal dilakukan di Bulan selama misi Apollo 15).

Rekor Kecepatan Terminal Tertinggi

Gambar Penerjunan Felix Baumgartner
Gambar Penerjunan Felix Baumgartner

Ini adalah rekor dunia saat ini selama penerjunan manusia, diraih oleh Felix Baumgartner dengan ketinggian 39 kilometer-nya (24 mil), melompat-tinggi pada tahun 2012. Kecepatan terjun tercepat adalah berkisar 1357.6 km/jam. Sedangkan kecepatan terminal rata-rata yang akan penerjun dapatkan adalah sekitar 55,5 meter per detik.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan