Cara Anjing Mencium Bau - Vidhian Jaya

Sabtu, 31 Januari 2015

Cara Anjing Mencium Bau

Anjing merupakan salah satu teman terbaik manusia yang terkenal karena indera penciumannya. Kemampuan yang dimilikinya tersebut sering dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam hal pelacakan. Cara anjing dalam mencium sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan hewan mamalia lainnya, yang membuat special salah satunya adalah jumlah sel reseptor yang dimilikinya lebih banyak. Dalam taring ini terdiri dari ruang depan hidung dan epitel penciuman. Bekas saluran partikel kaya bau dengan yang terakhir, dengan epitel yang mendukung jutaan sel reseptor yang menyerap pola komposisi kimia dari bau dan kemudian mengantarkan mereka ke otak untuk diinterpretasikan.

Memang, hidung anjing rata-rata memiliki begitu banyak reseptor penciuman yang membuat indera penciumannya 1.000 kali lebih akurat daripada manusia. Dan mengapa hidung anjing basah? Yah, mereka umumnya memiliki moncong basah karena dua alasan. Pertama, hidung basah lebih baik untuk mencium bau. Kelembaban berasal dari lapisan mukosa yang tipis menutupi permukaan, menjebak dan menyerap partikel bau. Anjing karena itu dapat secara alami mengendus bau sebagaimana memancarkan dari hidung, atau menjilatnya untuk mencicipi bau. Alasan kedua adalah bahwa itu adalah salah satu dari beberapa bagian tubuh anjing yang dapat mengeluarkan keringat.
Gambar Bagian Penciuman Anjing
Gambar Bagian Penciuman Anjing

1. Nasal Vestibulum
Partikel bau yang dienduskan ke dalam hidung diantar ke epitel penciuman melalui ruang depan hidung.

2. Epitel Penciuman
Epitel penciuman adalah jenis khusus dari jaringan yang sarat dengan sel pendeteksi bau.

3. Otak
Pola bau terdeteksi oleh epitel penciuman diantar melalui sub-seri sel dan saraf ke otak terdekat untuk diproses.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan