Mengetahui Suhu Atmosfer Bumi - Vidhian Jaya

Sabtu, 24 Januari 2015

Mengetahui Suhu Atmosfer Bumi

Kita pernah diajarkan bahwa udara panas naik dan kita dapat melihat hal ini dalam praktik ketika balon udara panas dapat naik ke langit. Jadi mengapa suhu udara menurun pada ketinggian yang lebih besar?

Ada sejumlah variabel yang mempengaruhi suhu atmosfer dan yang paling dikenal adalah radiasi matahari. Ini tidak memanaskan udara secara langsung sekalipun. Tingkat lapse menggambarkan penurunan umum dalam suhu atmosfer dengan ketinggian, yang terjadi karena atmosfer dipanaskan oleh konduksi dengan permukaan bumi.

Semakin jauh bergerak dari permukaan, kepadatan udara berkurang dan semakin berjuang untuk mempertahankan panas. Tapi suhu tidak mengikuti gradien searah. Sebagai contoh, saat pada ketinggian 80 kilometer (50 mil) dapat bersuhu 100 derajat Celsius (-148 derajat Fahrenheit), udara jauh lebih hangat pada ketinggian 115 kilometer (70 mil) akibat ionisasi radiasi.

Suhu Atmosfer Bumi Lapis demi Lapis

Kita akan melihat perbedaan suhu bumi pada beberapa tingkat atmosfer dan untuk melihat lokasi terpanas dan terdingin lapisan atmosfer bumi.
Gambar Grafik Suhu Atmosfer Bumi
Gambar Grafik Suhu Atmosfer Bumi

1. Troposfer
Lapisan ini meluas sampai sekitar 12 km (7 mi) dan di mana cuaca di bumi dapat terjadi. Suhu turun sekitar 6,5 °C per kilometer di sini.

2. Stratosfer
Sebagian besar lapisan ozon berada di sini dan peningkatan suhu hanya di bawah titik beku dekat stratopause tersebut.

3. Mesosfer
Berada di ketinggian antara 50 km (31 mi) dan 100 km (62 mi) suhu anjlok karena pendinginan karbondioksida (CO2) dan pemanasan matahari yang rendah.

4. Termosfer
Membentang hingga 600 km (373 mi) dari permukaan bumi, udara di sini bisa mencapai 1.800 °C (3272 °F) tapi terlalu tipis bagi kita untuk merasakannya.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan