Supermasif Hitchhiker (Tumpangan) Ditemukan - Vidhian Jaya

Sabtu, 31 Januari 2015

Supermasif Hitchhiker (Tumpangan) Ditemukan

Baru-baru ini melihat lubang hitam raksasa diyakini telah 'menumpang' di galaksi terdekat yaitu 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Salah satu lubang hitam terbesar yang pernah tercatat mungkin telah dikeluarkan dari satu galaksi dan 'dijemput' oleh yang lain. Teori yang belum pernah terjadi sebelumnya ini diusulkan setelah para astronom menemukan lubang hitam itu menyumbang sebesar 14 persen dari total massa galaksi NGC 1277 itu, terlepas dari kepercayaan yang ada sebelumnya bahwa lubang hitam galaksi rata-rata hanya 0,1 persen dari total massa galaksi.
Gambar Foto Lenticular Galaksi 1277
Gambar Foto Lenticular Galaksi 1277

Ketidak cocokan pasangan dari sebuah galaksi normal di cluster Perseus dengan lubang hitam yang bermassa 17 miliar kali massa Matahari menyebabkan para ilmuwan untuk menjelajahi daerah sekitarnya dan menghitung interaksi gravitasi antara objek-objek astronomi setempat. Selama pencarian mereka, mereka menemukan sebuah galaksi raksasa NGC 1275 yang bisa mendukung lubang hitam sekitar 325.000 tahun cahaya dari NGC 1277.

Ini mendorong para astronom untuk menjalankan beberapa simulasi komputer untuk mempelajari cara-cara potensial lubang hitam 1277 itu mungkin telah 'melompat' dari 1275. Hasilnya adalah teori di mana 1275 dibentuk dari dua galaksi dengan lubang hitam 10 miliar massa matahari di dalamnya, di mana selama penggabungan, menyebabkan salah satu dari keduanya dikeluarkan pada kecepatan yang fenomenal. Lubang hitam yang dikeluarkan ini kemudian berasimilasi dengan NGC 1277.

Berbicara pada lubang hitam supermasif di jantung 1277, salah satu penulis koran Erin Bonning mengatakan itu adalah "lubang hitam luar biasa di galaksi biasa".

Meskipun teori tim ini telah didukung oleh sejumlah simulasi komputer, sejumlah hal rumit dari peristiwa ini telah dipertanyakan oleh sebagian komunitas astrofisika. Avi Loeb dari Pusat Smithsonian Harvard untuk Astrofisika, berkomentar: "Beberapa peristiwa langka (seperti yang disarankan oleh tim) bersama-sama itu tidak mungkin. Saya akan berpikir bahwa ada lebih kemungkinan cara untuk mencapai hasil yang sama."

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan