10 Lukisan Aneh Termahal yang Pernah Terjual - Vidhian Jaya

Minggu, 29 Januari 2017

10 Lukisan Aneh Termahal yang Pernah Terjual

Ketika karya Pablo Picasso, Les Femmes d’Alger, terjual sebesar $179 juta di New York pada Senin malam, itu memecahkan rekor untuk sebuah lukisan yang terjual di lelang. Tapi tetap saja masih jauh dari lukisan paling mahal sepanjang masa. Itu hanya menempati urutan keempat. Lainnya telah berpindah tangan hingga jutaan lebih dalam penjualan pribadi. Berikut ini lihatlah lukisan terkenal lain yang menjadi karya termahal di dunia seni:

Three Studies of Lucian Freud oleh Francis Bacon ($145.0 juta)

Three Studies of Lucian Freud
Three Studies of Lucian Freud

Memegang rekor lelang saat ini setelah menjualnya di New York Christie pada tahun 2013. Karya ini dengan mudah melampaui estimasi $85 juta sebagai hasil persaingan seru antara tujuh calon pembeli yang mampu mendorong harganya hingga begitu tinggi. Lukisan dengan tinggi enam kaki dan dilukis pada tahun 1969 ini menampilkan teman Bacon yaitu Lucian Freud, seorang pelukis Inggris.

Portrait of Dr Gachet oleh Vincent van Gogh ($ 152.0 juta)

Portrait of Dr Gachet
Portrait of Dr Gachet

Portrait Van Gogh dari petugas medis yang merawatnya di bulan-bulan terakhir hidupnya memecahkan rekor ketika dijual pada tahun 1990. Portrait itu dibeli oleh seorang pedagang seni Tokyo atas nama industrialis Jepang, Ryoei Saito. Namun ketika Saito meninggal dengan hutangnya, lukisan tersebut menghilang ke dalam pasar seni internasional dan keberadaannya tetap tidak diketahui.

Portrait of Adele Block-Bauer I oleh Gustav Klimt ($158.4 juta)

Portrait of  Adele Block-Bauer I
Portrait of  Adele Block-Bauer I

Ronald Lauder, tokoh kosmetik terkemuka, membeli portrait emas berbercak pada tahun 2006 untuk Neue Galerie. Pada saat itu, itu adalah rekor yang dibayar untuk sebuah lukisan. Cerita luar biasanya, itu pernah disita oleh Nazi selama perang dunia kedua dan diklaim lagi oleh keponakan pemilik yang sah hanya ketika dia berumur delapan belas tahun, diceritakan dalam film terbaru, Woman in Gold yang dibintangi oleh Helen Mirren.

Le Réve oleh Pablo Picasso ($158.5 juta)

Le Reve
Le Reve

Gambar lain tersentak pada tahun 2013 oleh Steven Cohen, pendiri SAC Capital dan salah satu kolektor seni terbesar di Wall Street. Kesepakatan semula disepakati pada tahun 2006, tapi pemiliknya Steve Wynn, tokoh kasino terkemuka, tidak sengaja menaruh sikunya pada kanvas karena penglihatannya bermasalah. Kesepakatan itu akhirnya tercapai setelah kerusakannya telah diperbaiki.

Woman III oleh Willem de Kooning ($162.4 juta)

Woman III
Woman III

Lukisan lain yang dijual oleh David Geffen pada tahun 2006, itu dibeli oleh Steven Cohen. Ini adalah karya ketiga dalam serangkaian enam lukisan karya de Kooning, seorang ekspresionis abstrak, yang dilakukan antara tahun 1951 dan 1953. Itu adalah bagian dari Museum Koleksi Seni Kontemporer Teheran, yang berarti itu menghilang dari pandangan setelah aturan ketat gambar perempuan diperkenalkan setelah revolusi tahun 1979. 

No 5, 1948 oleh Jackson Pollock ($ 165.4 juta)

No 5, 1948
No 5, 1948

Sebuah penjualan yang terselubung dalam kerahasiaan dan ditengahi oleh Sotheby pada tahun 2006. David Martinez dikabarkan membeli lukisan yang ditutupi tetesan cat coklat dan kuning dari David Geffen, seorang co-founder Dreamworks. Firma hukum Martinez kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan ia tidak memilikinya.

Les Femmes d'Alger (Version O) oleh Pablo Picasso ($ 179.3 juta)

Les Femmes d'Alger (Version O)
Les Femmes d'Alger (Version O)

Picasso menciptakan serangkaian 15 variasi Les femmes d'Alger yang terinspirasi oleh master Prancis, Eugene Delacroix yang pada tahun 1834 telah melukis “The Women of Algiers” di Apartemen mereka. Versi O menandai puncak dari seri tersebut dan telah lama dianggap sebagai karya tangan Picasso yang paling penting. 


No. 6 (Violet, Green, and Red) oleh Mark Rothko ($186 juta)

No. 6 (Violet, Green, and Red)
No. 6 (Violet, Green, and Red)

Dmitry Rybolovlev, seorang miliarder Rusia, membayar $186 juta, menetapkan rekor untuk sebuah karya dari pelukis Amerika. Namun, sekarang tunduk pada sengketa hukum dengan Rybolovlev yang menuduh Yves Bouvier, seorang pedagang seni telah menyesatkannya tentang harga yang dibayar. 

The Card Players oleh Paul Cézanne ($274 juta)

The Card Players
The Card Players

Qatar sebelumnya memegang rekor pada karya ini, dengan pembelian pada tahun 2011. Lukisan itu menampilkan dua pemain kartu yang saling berhadapan, model dipilih oleh Cézanne dari tempat tinggal keluarganya di luar Aix-en-Provence, yaitu tukang kebun dan peternaknya. 

When Will You Marry oleh Paul Gauguin ($300 juta)

When Will You Marry
When Will You Marry

Lukisan Gauguin tahun 1982 tentang dua gadis Tahitian memecahkan rekor sebagai karya tunggal yang paling mahal di dunia seni, ketika Qatar membeli kanvas dari seorang kolektor Swiss dengan harga $ 300 juta pada bulan Februari. Karya tersebut dicat selama perjalanan pertama Gauguin ke Tahiti, di mana dia mengatakan dia melakukan perjalanan untuk melarikan diri "segala sesuatu yang artifisial dan konvensional" di Eropa.

Diperbarui pada 28 Januari 2017.

  • Top 10 Most Ridiculously Expensive Paintings Ever Sold in History. Diakses dari http://orzzzz.com/top-10-most-ridiculously-expensive-paintings-ever-sold-in-history.html pada April 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan