10 Makanan Lezat yang Eksis di Jalanan Jepang - Vidhian Jaya

Sabtu, 28 Januari 2017

10 Makanan Lezat yang Eksis di Jalanan Jepang

Sebagaian besar makanan atau jajanan jalanan Jepang berdasarkan resep klasik (lampau) yang telah ada sejak abad ke 20 atau lebih. Dalam kebanyakan temuan, makanan-makanan tersebut jarang sekali dijual oleh restoran biasa. Berikut ini adalah beberapa makanan Jepang yang lezat yang bisa anda temui di jalanan Jepang:

1. Okonomiyaki

Okonomiyaki
Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah pancake gurih Jepang. Makanan ini secara tradisional biasanya dipersiapkan untuk makanan sisa di rumah. Pada versi untuk perayaan/pesta biasanya diisi dengan berbagai bahan, salah satunya seperti potongan daging tebal.

2. Imagawayaki

Imagawayaki
Imagawayaki

Imagawayaki menyerupai pancake tebal dengan isi pasta kacang merah, custard, keju, daging, kentang atau kari. Makanan ini dikenal dengan lebih dari 20 nama yang berbeda tergantung pada wilayah Jepang, jenis dan merek.

3. Nikuman

Nikuman
Nikuman

Nikuman adalah nama Jepang untuk kue baozi/bakpao Cina yang terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan daging, biasanya daging babi meski terkadang juga daging sapi dan bahan lainnya. Selama festival nikuman ini sering dijual dan dimakan. Selain itu saat musim dingin, nikuman juga sering dinikmati terlebih saat kondisinya masih hangat.


4. Ikayaki

Ikayaki
Ikayaki

Ikayaki adalah makanan cepat saji dari cumi-cumi yang dibakar. Ikayaki disajikan dengan satu cumi utuh terkecuali ini perut cumi. Ikayaki dapat dimasak dengan dipanggang atau bisa juga dibakar. Pada saat festival, Ikayaki ini sering dijual di jalanan dengan ditusuk.

5. Taiyaki

Taiyaki
Taiyaki

Taiyaki merupakan kue berbentuk ikan yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah yang terbuat dari kacang azuki manis, namun varian lain juga sering diisi dengan custard, coklat, keju atau uji jalar. Taiyaki diyakini berasal dari Tokyo di era Meiji, dan sekarang sudah populer di berbagai penjuru di Jepang termasuk toko kecil dan di acara festival-festival.

6. Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki

Takoyaki adalah makanan ringan di Jepang yang berbentuk bola, terbuat dari tepung gandum ditambah isian dan dimasak dalam cetakan khusus. Pancake gurih berbentuk bola ini sering diisi dengan daging cincang, atau potongan gurita di tengahnya, lalu di atasnya ditambahi dengan mayones, asinan jahe dan daun bawang. 

7. Kare Pan

Kare Pan
Kare Pan

Kare pan juga merupakan salah satu makanan populer di Jepang. Sejumlah kari jepang dibungkus dengan adonan sehingga menjadi sebuah roti dengan kari Jepang di tengahnya. Kemudian dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Kare pan bisa dibilang mirip dengan donat kari.

8. Dango

Dango
Dango

Dango adalah kue mochi Jepang yang ditusuk pada stik. Dango ini terbuat dari tepung beras (mochiko). Biasanya dango juga disajikan dengan saus shoyu dan gula, serta nikmat ditemani juga dengan secangkir teh. Dango dapat ditemukan sepanjang tahun, namun untuk dango dengan varietas tertentu mungkin hanya dapat ditemukan saat event dan musim tertentu.

9. Ichigo Ame

Ichigo Ame
Ichigo Ame

Ichigo ame adalah versi strawberry dari permen apel (ringo ame). Stroberi Jepang termasuk beberapa jenis yang besar dan ideal untuk dipasang pada stik. Ichigo ame mungkin agak langka dan yang paling mudah untuk menemukannya adalah saat puncak musim strawberry.

10. Kyuri

Kyuri
Kyuri

Kyuri ini merupakan timun khas Jepang, memiliki rasa yang agak manis dan renyah. Orang Jepang percaya bahwa kyuri (mentimun) dapat mendinginkan. Mentimun pada stik dengan sedikit pasta miso adalah makanan yang sempurna untuk malam musim panas. Kyuri ini mudah ditemukan di pasar tradisional dan juga toko-toko makanan tradisional.

Diperbarui 28 Januari 2017.

  • 10 Delicious Japanese Food Only Exist In The Japan Street. Diakses dari http://orzzzz.com/10-delicious-japanese-food-only-exist-in-the-japan-street.html pada Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan