Mengubah Kerataan Ringkasan Pos Blog - Vidhian Jaya

Kamis, 16 Februari 2017

Mengubah Kerataan Ringkasan Pos Blog

Beberapa template blog mungkin menyediakan tampilan pos terbaru dengan fitur "summary read more", di mana pada halaman utama blog menampilkan beberapa ringkasan pos terbaru. Namun terkadang ringkasan pos tersebut masih belum di atur kerataan paragrafnya yang biasanya masih rata kiri. Bagi orang yang terbiasa dengan rata kiri mungkin tidak merasa bermasalah, akan tetapi berbeda dengan orang yang perfeksionis, yang lebih menginginkan rata kiri kanan. Beberapa orang mungkin menginginkan tampilannya lebih rapi, seimbang, atau ideal dengan menggunakan rata kiri dan kanan atau justify.
Mengatur Kerataan Ringkasan Pos Blog
Mengatur Kerataan Ringkasan Pos Blog

Pada pos kali ini akan saya beritahu cara mengubah kerataan ringkasan pos blog, misalnya menjadi rata kiri kanan (justify). Dalam mengubah ringkasan pos blog ini kamu akan mengubah isi template kamu, jadi pastikan kamu memback-up atau mendownload template kamu terlebih dahulu.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1. Masuk ke akun blogger kamu.
2. Pilih "Template" pada menu bilah samping.
3. Pilih "Edit HTML" template blog kamu.
Edit HTML Template
Edit HTML Template

4. Cari kode di bawah ini, gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencariannmu.
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'>
Apabila tidak menemukan kode di atas, coba cari hanya dengan kode (expr:id='&quot;summary&quot;) atau kode (data:post.id).

Apabila kamu mencari dengan (data:post.id) maka kemungkinan kamu akan menemukan hasil lebih dari satu. Jika itu terjadi maka carilah (data:post.id) yang berada di dalam lingkup kode (<data:post.body/>)

5. Selanjutnya untuk mengatur kerataan paragraf, tambahkan style css di bawah ini ke dalam tag.
style='text-align:justify;'
Apabila kamu ingin mengganti dengan kerataan lainnya, kamu dapat mengganti kata "justify" dengan kata "left" untuk rata kiri, kata "right" untuk rata kanan, dan kata "center" untuk rata tengah.

6. Setelah di tambahkan maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
<div style='text-align:justify;' expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'>
atau
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id' style='text-align:justify;'>
Mengubah Kerataan Summary Post
Mengubah Kerataan Summary Post

7. Silahkan lakukan pratinjau terlebih dahulu, apabila sudah yakin dan sudah beres silahkan simpan template baru kamu.

Begitulah cara mudah dalam mengubah kerataan ringkasan pos blog menjadi rata kiri, rata kanan, rata tengah, maupun rata kiri kanan. Apabila kamu ingin mengganti dengan kerataan lainnya, kamu dapat menyesuaikannya sesuai dengan kondisi masing-masing blog kamu.

Diperbarui pada 16 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan