Buah Alpukat dan Kandungannya - Vidhian Jaya

Senin, 06 Maret 2017

Buah Alpukat dan Kandungannya

Alpukat (Persea americana) dalam bahasa Indonesia baku menurut KBBI disebut sebagai avokad. Buah alpukat sering kita jumpai, buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat di buah ini. Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya. Sebagian orang mungkin takut untuk mengkonsumsinya lantaran dianggap memiliki kandungan lemak tinggi, tapi apakah memang begitu? Apa saja manfaat dan khasiat dari alpukat?

Buah Alpukat (Avocad)

Hampir setiap bagian dari pohon alpukat memiliki manfaat. Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit. Dalam bidang kecantikan, buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah ini dianggap mampu membuat kulit lebih kencang. Buah alpukat juga bermanfaat untuk perawatan rambut seperti saat melakukan creambath. Selain itu, sebagai buah alpukat dapat dinikmati sebagai hidangan lezat dan menyehatkan.

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, roboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C.

Alpukat memang mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun jangan khawatir karena lemak pada alpukat mirip lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang dapat berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat dapat digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik. Berikut ini penjelasan detail dari zat dalam alpukat yang bermanfaat bagi tubuh manusia:

Vitamin E dan Vitamin A

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit lebih kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

Potasium atau Kalium

Potasium atau kalium yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

Lemak tak Jenuh

Dalam alpukat terdapat lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah, yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

Asam Oleat

Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

Vitamin B6

Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi yang umumnya diderita wanita setiap bulannya.

Mineral

Mineral zat besi dan tembaga, zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia. Ada juga mineral mangaan dan seng yang bermanfaat meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi sarag tetap terjaga.

Diperbarui pada 6 Maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan