Perlunya Dukungan Masyarakat Terhadap PLN Bersih - Vidhian Jaya

Minggu, 27 Oktober 2013

Perlunya Dukungan Masyarakat Terhadap PLN Bersih

Kali ini saya juga ingin berpartisipasi dalam memberikan pendapat dan dukungan saya terhadap PLN Bersih yakni melalui entri blog ini, yang berjudul "Perlunya Dukungan Masyarakat Terhadap PLN Bersih".

Pertama-tama, kita mulai dari sedikit penjelasan mengenai KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Korupsi adalah bentuk penyalahgunaan kekuasaan/jabatan publik dengan tujuan untuk memperkaya kebutuhan pribadi. Lalu, kolusi merupakan sikap dan perbuatan tidak jujur dengan membuat kesepakatan secara tersembunyi dalam melakukan perjanjian dimana disertai dengan pemberian pelicin/suap untuk memperlancar urusan. Sedangkan nepotisme artinya lebih memilih saudara atau teman akrab berdasarkan hubungannya bukan berdasarkan kemampuannya dalam menentukan kebijakan.

PT. PLN yang sebagai perusahaan penyedia dan pengelola kebutuhan listrik seluruh rakyat Indonesia tentunya selalu terjadi transaksi dengan masyarakat maupun lembaga yang menjadi pelanggan maupun mitra. Keterlibatan yang paling umum adalah dalam pembayaran listrik, semua pelanggan dari PLN diwajibkan untuk membayar listrik yang telah dipakai, maka dapat dibayangkan berapa banyak transaksi dan keuntungan yang terjadi dari pembayaran tersebut. Dikarenakan banyaknya proses pengadaan barang dan jasa serta pelayanan pelanggan yang terjadi maka menjadikan hal tersebut sulit untuk diawasi. Baik itu transaksi berukuran kecil maupun besar, semuanya dapat berpotensi terjadi pelanggaran yang tersembunyi.

Berlatarbelakang hal seperti di atas maka dibuatlah sistem yang mampu untuk mencegah terjadinya tindak korupsi, kolusi maupun nepotisme. Program yang pelaksanaannya melibatkan pihak PLN, pegawai, serta mitra kerja tersebut diharapkan mampu menghilangkan terjadinya tindakan penyelewengan / pelanggaran. Dari hal tersebut muncullah program PLN Bersih. Nah, Apa itu Program PLN Bersih?

PLN BersihProgram PLN Bersih merupakan sebuah komitmen tegas dari PT. PLN dalam menjalankan praktik penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan terbebas dari tindak korupsi, kolusi dan nepotisme. Di samping itu juga menegakkan Good Corporate Governance (GCG) serta anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.

Untuk menjalankan program tersebut PLN memiliki empat pilar yang menjadi penyangga berdiri tegaknya PLN Bersih. Empat pilar yang dimaksud adalah: 1) Partisipasi; 2) Integritas; 3) Transparansi; 4) Akuntabilitas.

Berdasarkan empat pilar tersebut PLN telah berhasil mengadakan berbagai langkah inisiatif dalam mewujudkan PLN Bersih, langkah-langkah tersebut diantaranya:
  1. Bekerja sama dengan TII (Transparency International Indonesia).
  2. Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka pelanggan dengan pegawai PLN.
  3. Melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.
  4. Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan.
  5. Membangun whistler blower system bagi karyawan PLN.
  6. Memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi.
  7. Melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi).
  8. Dll.
Masih banyak informasi penting berkaitan dengan PLN bersih. Namun, saya tidak mungkin untuk menuliskan itu semua.

Perlunya Dukungan Masyarakat Terhadap PLN Bersih

Sebuah program apapun tidak akan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya dukungan dari pihak yang terkait, begitu pula program PLN. Langkah nyata PLN tersebut perlu mendapatkan dukungan dan bantuan dari masyarakat. Masyarakat sebagai pelanggan terbesar dan terbanyak menjadi kunci keberhasilan, bila partisipasi aktif masyarakat banyak maka niscaya dapat menjadi sumber kekuatan untuk memberantas korupsi. Menurut saya, sejauh mana keberhasilan program ini salah satunya adalah sejauh mana masyarakat mampu berperan aktif turut serta dalam pengawasan program PLN Bersih tersebut. Program tersebut dapat terlaksana melalui fungsi masyarakat sebagai pengawas hingga pelaksana.

Saya rasa jika banyak yang sudah mengetahui program PLN bersih, akan banyak juga orang yang berkeinginan untuk turut berperan aktif, namun masalahnya mungkin masih bingung terhadap apa yang perlu dilakukan dalam mendukung PLN Bersih. Untuk itu saya ingin menyampaikan beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat, antara lain:


1. Perbanyaklah membaca dan memahami informasi.

Informasi begitu penting karena dengan keterbukaan kita terhadap informasi akan memperbanyak wawasan kita. Dalam hal ini carilah informasi sejelas-jelasnya mengenai informasi, hampir semua informasi itu wajib untuk diketahui. Tidak perlu bingung untuk mendapatkan banyak informasi, anda bisa mendatangi kantor PLN bagian humas, menghubungi call center 123, atau mengunjungi situs resmi www.pln.co.id. Dengan kita memahami informasi yang didapatkan diharapkan mengurangi kesalahan hingga pikiran negatif terhadap kerja PLN.

2. Laksanakan sesuai prosedur dan taati peraturan.

Setelah mengetahui informasi, diharapkan kita melakukan hal-hal pelaksanaan sesuai prosedur. Dengan begitu maka penyalahgunaaan dan pelanggaran akan berkurang, dan juga fungsi pengawasan akan lebih mudah untuk dilakukan.

3. Membayar pada tempat resmi yang ditentukan.

Banyak sekali tempat untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, namun tidak semuanya resmi. Untuk mengurangi tindak penyalahgunaan lebih baik membayar pada tempat-tempat yang telah direkomendasikan. Dengan begitu dalam mengawasi jalannya transaksi dengan PLN akan lebih mudah.

4. Teliti terhadap petugas-petugas PLN.

Perlunya ketelitian kita terhadap petugas-petugas PLN yang datang, apakah dia benar benar-benar petugas resmi atau sekedar penipu, untuk itu tanyakan tujuan dan surat tugas mereka. Berhati-hatilah jika dia mengajukan permintaan ataupun memberi promo aneh. Sekali lagi cari informasi-informasi yang lebih valid.

5. Hindari pembayaran lewat calo.

Di beberapa tempat ternyata masih dijumpai orang yang bertugas untuk menarik uang pembayaran listrik, meskipun pembayaran dapat disetor tanpa harus pergi ke tempat pembayaran namun praktik seperti itu dinilai sangat merugikan. Saya rasa hal seperti bayar lewat calo sudah tidak perlu dilakukan, karena sudah lebih mudahnya pembayaran listrik yang resmi, mungkin hal tersebut diakibatkan penduduk di tempat tersebut masih banyak yang belum mengetahui metode pembayaran.


6. Tolak pembayaran uang liar / uang tip

Petugas PLN tidak diperkenankan menarik uang tagihan listrik, apabila dijumpai petugas yang meminta bayaran tidak jelas maka anda diperkenankan untuk menolaknya. Dengan begitu anda akan mengurangi tindakan korupsi akibat penyelewengan jabatan.


7. Jangan lakukan kecurangan pribadi.

Tidak jarang pelanggan yang dengan sengaja memodifikasi listrik rumah tanpa ijin. Hal tersebut tentu sangat merugikan. Meskipun itu ulah pribadi, namun hal tersebut cukup mengacaukan pemasokan listrik daerah sekitar. Jangan juga melakukan suap terhadap petugas PLN, karena tindakan tersebut jelas melanggar hukum.

8. Berpikir cerdas terhadap kebijakan PLN.

Masyarakat juga diharapkan mampu untuk berpikir secara cerdas terutama dalam mengkaji setiap kebijikan PLN, tetapi perlu diingat dalam mengkaji perlu juga disertai pertimbangan mengenai teori, aturan yang berlaku, dan kondisi lapangan. Pengkajian bermanfaat dalam mengetahui baik buruknya kebijakan untuk kehidupan bersama.

9. Jangan takut melapor ke pihak berwajib.

Setiap laporan terhadap kinerja PLN, baik itu apresiasi maupun laporan pelanggaran akan sangat bermanfaat bagi perkembangan menuju lebih baik. Untuk melapor anda dapat mengunjungi kantor PLN, menghubungi call center, dll.

Tidak hanya kepada masyarakat saja, namun kepada pihak PLN saya ingin menyampaikan sejumlah saran. PLN juga saya rasa memerlukan beberapa perbaikan dan pengembangan, hal tersebut mengingat sntusiasme masyarakat yang tinggi juga perlu didukung peningkatan kerja serta pelayanan publik yang memadai. Oleh karena itu saran yang ingin saya sampaikan terkait dengan hubungan PT PLN dengan masyarakat. Saran-saran saya tersebut, antara lain:
1. Lakukan sosialisasi, publikasi kepada masyarakat terutama masyarakat pelosok.
2. Memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi.
3. Mengkaji ulang sistem yang berjalan, apakah pada tiap daerah dapat berjalan sesuai harapan.
4. Memberikan tindakan tegas terhadap tindak calo pembayaran listrik.
5. Lebih menindak tegas bagi pelanggan yang melakukan pelanggaran/pencurian listrik.

Sebagai penutup dengan turut mengajak seluruh masyarakat Indonesia mari ikut sukseskan PLN Bersih. Kepedulian kita terhadapnya juga dapat menggambarkan kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita di daerah kekurangan listrik, yang mungkin mereka masih mengalami ketertinggalan akibat kurangnya pasokan listrik untuk menjalankan kehidupan keseharian mereka akibat dari belum bersihnya kerja PLN, akibat dari terhambatnya pembangunan, akibat dari kita yang terlalu boros energi, akibat dari belum aktifnya kita memberantas korupsi. Alangkah lebih baik jika tidak hanya KPK yang berjuang keras, namun juga kita bersama langkah positif PLN Bersih turut berperan aktif memberantas korupsi. Dengan terwujudnya tujuan maka dapat meningkatkan pembangunan dan otomatis juga meningkatkan kesejahteraan beserta pemerataan di seluruh Indonesia.

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan. Mari bersama-sama kita buktikan dan awasi proses berjalannya PLN Bersih, apakah hasilnya benar-benar sesuai dengan yang diharapkan atau hanya sebuah publikasi belaka. Apakah nanti hasilnya dapat menjadi sebuah teladan atau justu menjadi hal yang memalukan atau dikecam. Satu lagi yang menjadi penutup: Selamat Hari Listrik Nasional, dan Terima Kasih Banyak PLN telah melayani kebutuhan listrik negara yang membuat Indonesia menjadi lebih terang. Semoga tetap bersih sehingga mampu menjadi contoh baik bagi lembaga lain dan juga semoga dapat lebih berkembang maju, terutama dalam mencukupi kebutuhan listrik di Indonesia.

Diperbarui pada 16 Januari 2017.

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan