Cara Burung Unta Berlari Dengan Cepat - Vidhian Jaya

Sabtu, 31 Januari 2015

Cara Burung Unta Berlari Dengan Cepat

Burung unta (Ostrich) merupakan salah satu anggota kelompok burung ratite yang memiliki otot sayap yang lemah sehingga tidak bisa terbang, burung unta adalah burung terbesar di bumi saat ini. Ditemukan terutama di daerah semi-kering di Afrika tengah dan selatan, di mana singa, macan tutul dan hyena terus-menerus mencari mangsa, burung unta telah belajar untuk berlari lebih cepat dari musuh-musuh mereka.
Gambar Burung Unta Berlari
Gambar Burung Unta Berlari

Burung unta memiliki kecepatan untuk menghindari sebagian besar predator Afrika, dan ketika ketakutan mereka dapat berlari menjauh dari bahaya sampai dengan 72,5 kilometer (45 mil) per jam. Mereka juga dapat berlari dalam jangka waktu yang lebih lama pada kecepatan yang lebih lambat, dapat dikatakan dapat berlari selama 20 menit pada kecepatan 48 kilometer (30 mil) per jam. Sementara kecepatan merupakan keuntungan utama yang jelas dimiliki burung unta, saat terjebak mereka tidak sepenuhnya kekurangan pertahanan karena mereka dapat menggunakan kaki mereka yang kuat untuk mendaratkan pukulan yang kuat pada calon penyerang. Dan tiap jari-jari kaki mereka memiliki cakar sepanjang sepuluh sentimeter (empat inci) yang cukup menjijikkan dan juga dapat menimbulkan banyak kerusakan.

Jadi apa yang memungkinkan burung sosial dan bernomaden ini untuk berlari dengan kecepatan yang mengesankan seperti itu? Jari-jari kaki mereka yang unik yang telah disebutkan juga sebagai kunci kelincahan makhluk ini, bersama-sama dengan otot-otot kaki yang kuat, mereka juga memaksimalkan kecepatan dengan memastikan kontak minimal yang dibuat dengan tanah. Burung unta adalah satu-satunya burung dengan dua jari kaki dan itu adalah bagian dari dua yang paling penting. Jari-jari ini lebih panjang, yang membantu burung saat mendorong dengan kakinya, dan juga memiliki kemampuan cakar yang berpotensi mematikan. Tata letak kaki seperti ini membantunya untuk menopang berat burung yang besar dan kuat ini. Kaki-kaki burung unta yang panjang, kuat, dan juga telanjang, memastikan mereka tetap seefisien mungkin - seperti atlet yang mencukur kaki mereka atau memakai pakaian ketat.

Anatomi Burung Unta

1. Kepala
Burung unta memiliki bola mata terbesar dari setiap burung saat ini, dan kepalanya yang kecil juga diselubungi oleh bulu-bulu halus.

2. Leher
Leher menyumbang hampir setengah dari tinggi burung unta, yang membuatnya menjadi pendukung yang baik untuk mengetahui potensi bahaya lebih awal.

3. Sayap
Meskipun sayap mereka sangat lemah, mereka masih cukup besar untuk burung ukuran ini. Memang, sayap dapat membentang sampai 2 m (6.5 ft). Mereka tidak benar-benar berguna ketika terentang, mereka membuatnya sebagai kemudi besar untuk mengemudi.

4. Batang Tubuh
Meskipun kecepatan yang mengesankan mereka di darat, burung unta adalah burung yang cukup berat. Laki-laki sedikit lebih besar dan memiliki bulu hitam dengan tepi putih, sementara bulu betina berwarna coklat.

5. Kaki
Kaki panjang, berotot, berbulu membuat burung unta menjadi pelari sempurna dengan langkah besar 4.6 m (15 kaki). Kaki dengan dua jari membantu untuk menjaga traksi di tanah dan membantu burung unta memulai berlari. Bagian dalam dari dua jari kaki dilengkapi dengan cakar untuk membela diri.
Gambar Foto Kaki Burung Unta
Gambar Foto Kaki Burung Unta

Meskipun tinggi dan berkaki panjang memungkinkan burung unta untuk berlari lebih cepat dari kebanyakan predator, namun juga membuat sulit untuk menjadi tidak mencolok. Hampir setengah dari total tinggi burung unta ini terdiri leher dan itu menjadi bagian tubuh yang paling jelas untuk menyembunyikan dari pandangan.

Namun, meskipun begitu burung unta muda akan sering berbaring dengan leher rata dengan tanah untuk menghindari deteksi, burung-burung juga merunduk di tanah untuk mengatur ulang telur mereka yang terkubur dalam debu pasir. Gagasan bahwa mereka bodoh mengubur kepala mereka di pasir saat muncul tanda pertama dari bahaya, bagaimanapun, sebenarnya hanya mitos belaka.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan