Kuesioner Survei Dorongan Karir - Vidhian Jaya

Senin, 19 Januari 2015

Kuesioner Survei Dorongan Karir

Kuesioner survei dorongan karir ini merupakan karya Dave Francis, yang diambil dalam bukunya “Managing Your Own Career” tahun 1994. Kuesioner ini akan menuntun kita dalam mengetahui dorongan utama atau hal yang memotivasi kita dalam karir. Setidaknya ada sembilan dorongan menurut Dave Francis, yang nantinya akan dijelaskan. Setelah menjawab kuesioner ini kita dapat mengetahui dorongan yang mampu membangunkan diri kita tentang apa yang mendorong kita. 

Penting untuk mengetahui sesuatu yang mendorong diri kita, contohnya apabila kita tidak sadar akan hal-hal yang mendorong karir kita, akan ada resiko besar yang bakal menghadang. Bisa saja kita mengambil pekerjaan baru/promosi jabatan karena hal tersebut kita anggap langkah berikutnya yang memang harus kita ambil atau karena orang lain mengharapkan kita melakukannya, meskipun kita tidak merasa tertarik dengan pekerjaan tersebut. Jika suatu pekerjaan tidak menyediakan dorongan utama kita, dalam bekerja kita mungkin akan patah semangat, apatis, bahkan depresi. Kita tidak akan termotivasi dan tidak dapat bekerja secara maksimal.
Dorongan Karir
Dorongan Karir

Sebelum anda mengisi kuesioner ini, ada sedikit hal yang perlu anda perhatikan. Mungkin terkadang anda akan merasa bingung dalam memilih dan membandingkan dua hal yang tampaknya sama-sama relevan atau bahkan tidak relevan. Ketika menjawab kuesioner ini memang akan sedikit memaksa anda mengambil pilihan yang sulit.

Namun demikian tetap berusahalah untuk meluangkan waktu anda sejenak guna mempertimbangkan pilihan tersebut dan dengan disiplin maka akan terbukti membuahkan hasil. Setidaknya dengan mengetahui dorongan utama anda akan membuat anda berubah menjadi lebih baik dalam menggapai sukses. Perlu anda ketahui bahwa tidak ada jawaban yang benar atau salah, semua tergantung pada preferensi pribadi, jadi berusahalah jujur dan obyektif sesuai yang ada pada diri anda. Kerjakan kuesioner ini dengan cepat, sekitar 10 menit saja sudah cukup.

Berikut adalah Kuesioner Survei Dorongan Karir:


Ada sedikit penjelasan singkat mengenai dorongan-dorongan karir tersebut. Sembilan dorongan karir menurut D. Francis antara lain:
  1. Imbalan Materiil, mengharapkan kepemilikan, kemakmuran, dan standar hidup yang tinggi.
  2. Kekuasaan/Pengaruh, mengharapkan kontrol atas orang lain dan sumber daya.
  3. Pencarian Makna, mengharapkan dapat melakukan hal-hal yang diyakini berharga bagi dirinya sendiri.
  4. Keahlian, mengharapkan tingkat pencapaian yang tinggi dalam bidang tertentu.
  5. Kreativitas, mengharapkan dapat berinovasi dan dikenal melalui karya yang orisinal.
  6. Afiliasi, mengharapkan hubungan yang baik dengan rekan kerja.
  7. Otonomi, mengharapkan kemandirian dan kemampuan untuk mengambil keputusan kunci bagi diri sendiri.
  8. Jaminan, mengharapkan masa depan yang bisa diprediksi dan mantap.
  9. Status, mengharapkan penghargaan dan kekaguman.

Setelah mengetahui dorongan utama yang mendukung anda dalam berkarir. Langkah selanjutnya adalah mengkaitkan dorongan tersebut dengan kondisi karir anda sekarang ini dan merencanakan strategi karir anda di kedepannya. Anda sebaiknya perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Pertanyaan yang paling penting untuk diajukan kepada diri anda sendiri adalah: Apakah kedudukan anda pada saat ini memenuhi tuntutan seluruh dorongan utama anda? Jika tidak anda perlu mengubah peran anda sesegera mungkin, sehingga anda dapat fokus pada hal yang anda inginkan.
  2. Dorongan utama anda tidak mutlak tetap, melainkan dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu, datangnya hal-hal baru dan penyesuaian diri.
  3. Carilah konflik atau perbedaan yang bertentangan di antara nilai dorongan utama anda. Tujuannya untuk memilih dorongan yang dapat membuat anda berada di pekerjaan yang tepat dan berkompromi dengan dorongan yang lain.
  4. Bila kita adalah seorang pemimpin, kita harus memahami motivasi orang lain dan juga motivasi diri sendiri jika ingin memberikan pengaruh dan inspirasi kepada orang lain.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

  • Francis, Dave. 1994. Managing Your Own Career. HarpenCollins.
  • Taylor, Ros. 2007. The Complete Mind Makeover – Ubahlah Hidup Anda untuk Mencapai Sukses Penerjemah Lusiana Rumintang. Jakarta: Esensi Erlangga Grup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan