Mengenal Pesawat Kargo - Vidhian Jaya

Minggu, 08 Februari 2015

Mengenal Pesawat Kargo

Pesawat kargo, baik yang digunakan sebagai pesawat pribadi, militer maupun komersial merupakan kendaraan bersayap tetap yang biasanya telah dirancang dengan pemikiran untuk tujuan pengangkutan atau telah dikonversi dari pesawat standar. Pesawat penumpang umumnya memiliki suatu pegangan khusus yang dapat menyimpan sekitar 150 meter kubik barang/angkutan, yang ditemukan di sisi bawah pesawat. Pesawat khusus angkutan tidak perlu kursi atau fasilitas lain layaknya di pesawat komersial, pesawat tersebut dirancang untuk membawa muatan lebih banyak daripada sebuah pesawat penumpang.
C5 Super Galaxy
C5 Super Galaxy
(Sumber: en.wikipedia.org)

Untuk membuat penggunaan yang paling efisien atas ruang yang tersedia, lantai pesawat dilapisi dengan tempat berjalan dan rol elektronik yang memungkinkan kemasan palet untuk digulirkan sejauh mungkin tanpa memerlukan forklift. Pintu kargo yang besar dipasangkan agar benda yang besar dapat muat saat masuk, sebagai contoh, seperti Boeing 747-400 yang moncongnya dapat terangkat untuk memungkinkan benda yang sangat besar untuk masuk melewati badan pesawat. Dengan tuntutan muatan udara yang terus meningkat, pesawat dengan kapasitas kargo besar seperti Airbus A300-600 Super Transporter (juga dikenal sebagai pesawat Beluga) dapat menjadi suatu keharusan.
Airbus A300-600ST Beluga
Airbus A300-600ST Beluga
(Sumber: www.aviationexplorer.com)

Tidak cukup hanya dengan meningkatkan ukuran dari pesawat, agar pesawat kargo dapat secara efisien dan aman mengangkut beban yang besar, sejumlah adaptasi perlu dilakukan terhadap desain keseluruhan pesawat. Misalnya, sayap dan ekor dibuat lebih tinggi yang memungkinkan muatan untuk ditempatkan di dekat dasar pesawat dan juga untuk memfasilitasi pemuatan. Pesawat kargo yang jauh lebih besar (mirip dengan kendaraan bermuatan berat), pesawat kargo biasanya memiliki jumlah roda yang lebih banyak untuk menopang beban pesawat saat mendarat.

Tergantung pada jenis kargo yang dibawa (benda yang sangat besar atau kendaraan militer mungkin pengecualian) banyak pesawat kargo akan menggunakan ULD (Unit Load Device). Perangkat ini memungkinkan kru pesawat untuk mengemas kargo menjadi unit tunggal yang dapat lebih mudah dimuat ke dalam penerbangan, menghemat lebih banyak waktu. Ini merupakan sistem yang sama dengan yang digunakan dalam pengiriman, memaksimalkan ruang yang digunakan pada saat yang sama dan dengan demikian meningkatkan efisiensi (dan juga keuntungan). ULD sendiri baik berupa palet aluminium yang kuat dan ringan maupun kontainer/wadah beralaskan aluminium dengan dinding plastik yang tebal. Kontainer kadang-kadang diubah menjadi unit dengan pendinginan mandiri untuk menyimpan barang-barang agar tahan lama.

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan