5 Penemuan yang Akan Membentuk Masa Depan - Vidhian Jaya

Kamis, 06 Agustus 2015

5 Penemuan yang Akan Membentuk Masa Depan

Sekarang ini perkembangan teknologi menjadi semakin maju, banyak hal-hal baru yang akhirnya berhasil ditemukan dan hal-hal lama juga semakin berkembang. Penemuan baru tersebut tentu akan berdampak sesuatu yang baru, namun tidak semua penemuan akan berdampak besar di masa depan. Jika dahulu penemuan seperti hukum-hukum, lampu, listrik, mesin, pesawat dan sebagainya dampaknya terlihat pada masa sekarang ini, sedangkan sekarang ada beberapa penemuan lagi yang diperkirakan dapat membentuk masa depan di dunia. Berikut ini adalah beberapa penemuan tersebut:


1. Melihat Melalui Sensor

Melihat Melalui Sensor
Melihat Melalui Sensor

Ketika anda berpikir mungkin mustahil untuk mengemas semua fitur lebih ke smartphone, bersamaan itu datang sensor transparan yang dapat mengukur kadar gula darah, mengukur suhu badan dan bahkan menganalisis DNA. Para peneliti di Montreal telah mengembangkan teknik menulis-laser yang dapat digunakan untuk menanamkan lapisan sensor ke dalam kaca. Teknik ini dapat digunakan untuk menempatkan sensor biomedis ke layar smartphone atau bahkan untuk membuat layar sentuh dari meja besar seperti yang terlihat dalam film Iron man. Tim saat ini sedang mencari mitra industri dan mengatakan bahwa teknologi ini bisa di pasarkan dalam kurun waktu satu tahun.


2. Menumbuhkan Anggota Badan Anda Sendiri

Regenerasi Salamander
Regenerasi Salamander

Salamander memiliki keuntungan lebih dibandingkan sebagian besar spesies lain: mereka dapat menumbuhkan kembali organ dan anggota badan yang hilang atau rusak. Sekarang, sebuah tim di University College London telah menemukan salamander yang hanya dapat melakukan ini ketika jalur ERK, mekanisme yang memungkinkan protein untuk mengirim sinyal dari permukaan sel untuk intinya, menjadi aktif. Jalur ini tidak pernah aktif sepenuhnya pada mamalia, namun pemahaman yang lebih dalam pada sistem penyembuhan salamander dapat mengarahkan ke terapi dan pengobatan baru.


3. NaNose, Pendeteki Kanker Paru-Paru

Pendeteksi Kanker Paru-Paru
Pendeteksi Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru memiliki salah satu tingkat kematian tertinggi dari semua kanker karena begitu sulit untuk dideteksi. Memasukkan NaNose, sebuah breathalyser yang dapat mendeteksi kanker paru-paru. Tumor menghasilkan 'senyawa organik yang mudah menguap' (VOC) dan NaNose menggunakan nanoteknologi untuk mendeteksi VOC dalam napas. Dalam tes, itu dibedakan antara lesi ganas dan lesi jinak empat kali lebih dari lima.


4. Mengubah Bentuk Permukaan

Aerodynamic Skin
Aerodynamic Skin

Anda pernah berharap mobil Anda akan melaju lebih cepat? Bagaimana bila melapisinya dalam pengubah bentuk, kulit aerodinamis? Ilmuwan AS telah menemukan bahan dengan kulit kaku dan interior lunak yang memungkinkan bentuknya akan berubah secara waktu nyata. Permukaan dapat dibuat untuk lesung/lekukan seperti bola golf untuk mengurangi drag/hambatan. Ini bisa digunakan dalam segala hal dari pakaian olahraga dan eksterior mobil hingga antena radio.

5. Generasi Baru Kamera Kecil

Chemical Iris
Chemical Iris

Sistem tradisional menggunakan pisau tumpang tindih untuk mengontrol jumlah cahaya yang mencapai sensor kamera telah mencapai batas fisik: tidak bisa lagi mendapatkan yang lebih kecil. Tapi sekarang, tim di Universitas Kaiserslautern telah menciptakan mikro-iris yang bisa menghasilkan generasi baru kamera kecil untuk digunakan dalam smartphone dan tablet. Perangkat ini hanya bertebal 55 mikrometer dan dilengkapi cincin dari bahan kimia yang menjadi buram ketika tegangan kecil diterapkan

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

1 komentar:

  1. wih itu regenerasi penumbuh anggota badan klo bisa di terapkan pada manusia keren kayanya...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan