Cari Tahu Karakter Seseorang dari Game Kesukaannya - Vidhian Jaya

Kamis, 10 Desember 2015

Cari Tahu Karakter Seseorang dari Game Kesukaannya

Kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kepribadian seseorang dan juga game (permainan). Berbagai genre game kini telah tersedia untuk menghibur kita, antara lain ada FPS, RPG, RTS, adventure, puzzle, strategi, olahraga dan sebagainya. Sedangkan bila kalian tahu, ternyata dari berbagai genre tersebut dapat mencerminkan karakteristik sifat seseorang. Ya, karakter seseorang pasti akan terbawa dalam kehidupannya, salah satunya pada game yang sering dimainkannya.

Berikut di bawah ini akan dibahas beberapa genre game dan juga karakteristik pemainnya. Namun perlu dipahami bahwa ini mungkin hanya gambaran secara umum saja. Bisa saja sesuai dengan kepribadian pemainnya namun bisa juga tidak sesuai. Apabila anda bukan sebagai pecinta game sejati dan bukan hanya bermain game karena ingin mengisi waktu luang atau bermain lebih suka memakai cara curang maka penjelasan berikut mungkin tidak berlaku untuk anda.

Game Puzzle

Game puzzle adalah game yang sederhana, baik itu dalam tampilannya maupun aturan mainnya. Penyelesaian game hanya perlu mengikuti aturan main dan juga ketepatan dalam bermainnya. Meskipun begitu scenario tiap kali bermain tidaklah sama, sehingga game ini cocok untuk mengisi waktu luang agar kita tidak kebosanan.
Game Puzzle Pharaoh
Game Puzzle Pharaoh

Karakteristik Pemain:
Biasanya kaum perempuan menyukai game jenis ini, mereka bermain untuk sebatas mengisi waktu luang dan bukan juga tipe maniak. Pemain jenis ini memiliki hobi lainnya selain bermain game, sehingga ketepatan untuk menerka karakternya juga menjadi sulit. Namun pada umumnya pemain berjenis ini cenderung tidak mau ambil pusing terhadap masalah yang ada.

Game Berbasis Web (Web Based Game)

Game berbasis web merupakan game hanya dapat dimainkan dengan mengakses internet dan membuka web tertentu. Game berbasis web ini banyak sekali dan di dalamnya juga masih ada genre-genre tertentu lain. Umumnya game ini memiliki putaran waktu tertentu yang mengharuskan pemain mengecek kembali karakternya dalam rentang waktu tertentu. Dalam game ini memungkinkan karakter anda dapat berkembang secara otomatis tanpa harus menjalankan game terus-menerus, selain itu juga memiliki fitur dan item yang terus berkembang. Game bergenre ini dapat banyak anda jumpai dalam sosial media seperti facebook.
Game Ninja Saga
Game Ninja Saga

Karakteristik Pemain:
Untuk pemain game tipe ini sangat susah untuk ditebak sifatnya, karena game jenis ini masih umum dan hanya digunakan orang untuk mengisi waktu luang. Bukan untuk menjalankan hobinya, tapi yang dapat disimpulkan adalah pemain game jenis ini merupakan orang yang aktif dalam sosial media dan berinternet ria.


Game Petualangan (Adventure Game)

Game petualangan merupakan genre game yang akan menuntuk pemain untuk menelusuri fitur game secara bebas terbatas, dimana semuanya akan terjadi secara langsung. Karakter yang disediakan dapat digerakkan secara bebas sesuai yang diinginkan. Pemain dapat berjalan, berlari kesana-kemari, mencari petunjuk, mencari informasi, mencari barang, mencari bekal, dan sebagainya, bahkan pemain juga dapat melewati tantangan tertentu hingga mengalahkan boss.
Game Assassins Creed
Game Assassins Creed

Karakteristik Pemain:
Untuk orang yang gemar bermain di genre ini, cenderung merupakan anak muda yang suka kebebasan, namun memiliki daya intelektual yang tinggi. Dirinya juga suka berpikir dan penuh kehati-hatian dalam bertindak, segala tindakannya akan dipikirkan kembali atas segala konsekuensi akan tindakannya itu.

Game RPG (Role Playing Game)

Game RPG merupakan genre game yang memiliki jalan cerita yang sangat mendalam dan konsep yang teratur. Bila genre petualangan yang dapat membebaskan karakter/avatar untuk melakukan apa saja, game RPG lebih dengan peraturan-peraturan tertentu yang mengharuskan pemain untuk mengikutinya. Apabila dengan sembarangan bergerak saja, pemain akan berhadapan dengan musuh yang dapat muncul tiba-tiba. Game RPG juga dilengkapi dengan misteri dan alur cerita yang harus diikuti oleh pemainnya, dengan mencari informasi dari suatu tempat ke tempat lain dan menjalankan tugas maka dengan begitu alur permainan akan berjalan dengan baik.
Game Dragon Age
Game Dragon Age

Karakteristik Pemain:
Sudah pasti pemain jenis ini merupakan orang yang berintelektual tertinggi, dan memiliki kemampuan bahasa yang baik, karena dia dituntut harus mengerti alur cerita game ini agar bisa melanjutkan permainan. Dia juga merupakan orang yang sabar, karena melanjutkan cerita game RPG tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, informasi yang harus diraih terkadang tersembunyi dan membuat pemain kebingungan. Pemain jenis ini juga merupakan orang yang sangat sensitif dan mengerti perasaan orang lain, hal ini disebabkan pemain berjumpa dengan begitu banyaknya karakter di dalam game tersebut.

Game Olahraga (Sport Game)

Game olahraga merupakan game yang jalan permainannya disesuaikan dengan olahraga yang sebenarnya, seperti sepakbola, tenis lapangan, baseball, dsb. Alur game akan persis sama dengan ketentuan aslinya, seperti pada peraturan olahraga, tempat pertandingan, bahkan hingga karakter pemainnya. Beberapa game bergenre olahraga memberikan efek-efek menarik yang akan membuat pemain tidak bosan dan juga kesan realistik yang akan membuat pemain merasa masuk ke permainannya. Contoh game olahraga, antara lain: FIFA, PES, Virtua Tennis, dsb.
Game FIFA
Game FIFA

Karakteristik Pemain:
Biasanya bila pemain yang gemar bermain game olahraga maka dia juga akan gemar berolahraga, dan menonton pertandingan olahraga tersebut. Tipe pemain jenis ini biasanya memiliki komunitas tertentu, dia cenderung lebih senang bila berkumpul dengan teman-temannya. Dia merupakan sosok yang cocok bekerja sama dalam tim, tapi dia bukanlah tipe seorang pemimpin yang baik.


Game Balap (Racing Game)

Game balap menyajikan pertarungan kebut-kebutan atau balapan, bisa itu berupa mobil, truk, motor, sepeda, go kart, dan lain-lain. Hal yang membuat menarik yaitu di dalam balapan sering kali ditambahkan fitur-fitur menarik, seperti penggunaan NOS, dikejar polisi, menggunakan senjata, dan sebagainya. Ada juga fitur game yang memungkinkan anda mengkostumisasi kendaraan dan pemain anda sehingga menambahkan kesan yang lebih kaya dan menarik. Contoh game balap yaitu Need for Speed, Burnout, MotoGP, F1, Crash Bandicot Race, dsb.
Game Grand Turismo
Game Grand Turismo

Karakteristik Pemain:
Pemain game balap merupakan pemain yang cukup jarang dijumpai. Tipe pemain ini cenderung menyukai hal-hal yang sederhana dan tidak rumit. Dia cenderung cepat dalam bekerja, mengambil keputusan dan konsekuen dengan arah tujuannya. Namun sesekali dia tidak akan malu dan ragu untuk berputar arah apabila dia merasa salah di tengah pengambilan keputusannya.

Game FPS (First Person Shooting)

Game FPS apabila dilihat dari tampilannya maka merupakan genre game yang tampilan layarnya dibuat sama dengan pandangan mata kita. Tampilan tersebut akan membuat seakan-akan kita berada disuatu tempat dengan memegang senjata, dan kita diperintahkan untuk menumbangkan pemain lain. Game umumnya lebih menyajikan permainan berupa tembak-tembakan, menggunakan berbagai macam senjata ala militer. Namun terkadang juga menyajikan pengalaman lain, seperti mengendarai kendaraan, menyelam, terjun payung, dsb. Contoh game ini antara lain: Counter Strike, Battlefield, Call of Duty, ArmA, Point Blank, Ghost Recon dan masih banyak lagi.
Game ArmA 3
Game ArmA 3

Karakteristik Pemain:
Biasanya pemain game berjenis ini merupakan orang yang gampang marah dan susah untuk memutuskan suatu hal. Memiliki teman yang sama-sama hobi, gemar bercerita dan sangat setia kawan. Untuk urusan dalam memilih tujuan hidup, dia akan mencari peluang dimana banyak teman-temannya yang terlibat di bidang itu.

Game RTS (Real Time Strategy)

Game RTS umumnya memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding genre game lain. Pemain dapat menjalankan game baik itu secara mandiri atau bersama pemain lain dalam tim, namun lebih umum orang bermain sebagai tim. Dalam game RTS akan disediakan suatu area untuk beberapa orang bermain secara bersama, menentukan strategi, menggerakkan karakter/avatar sebaik-baiknya, bertindak penuh perhatian dan perhitungan. Selain itu pemain dituntut untuk mampu bekerja sama dengan tim dan juga memperhatikan keadaan tim, membantu anggota tim yang kesulitan, dsb. Kesalahan bergerak dalam menentukan strategi dapat menyebabkan kekalahan secara langsung, namun sebaliknya apabila pertarungan strategi yang seimbang maka akan membuat game terasa lama diakhiri. Contoh game RTS, antara lain: DotA, Company of Heroes, dsb.
Game Company of Heroes
Game Company of Heroes

Karakteristik Pemain:
Hanya orang berintelektual tinggi yang mampu bermain game ini dengan benar. Orang yang berintelektual tinggi yang dimaksud ini bukanlah dia yang hanya ranking atas dalam akademinya, karena tidak semua orang pintar mau belajar di sekolah mempelajari hal - hal yang tidak mereka butuhkan. Pemain game tipe ini akan pandai mencari peluang dalam hidupnya. Dia siap dengan resiko yang ada, dia tipe orang yang sabar dan tidak gampang terpancing emosi, dia juga seorang yang idealis, penyayang dan yang jelas berwawasan luas.

Game Berbasis Strategi (Turn Based Strategy Game)

Game ini merupakan game taktik yang mengharuskan pemain untuk berpikir keras dalam merencanakan dan menjalankan strategi. Sama halnya dengan permainan catur dimana pemainnya saling berganti bergerak menjalankan karakter. Namun dalam game ini lebih dibuat kompleks, unik dan tampilan yang lebih menarik dengan efek-efeknya. Fitur-fitur yang disediakan dapat membuat setiap unit yang digerakkan memiliki kemampuan berbeda-beda dan juga kelemahan yang berbeda pula. Hal tersebutlah yang harus mampu dikombinasikan oleh pemain untuk dapat memenangkan permainan. Berbeda dengan game RTS, setiap pemain akan mendapatkan giliran tersendiri untuk bermain, sehingga pemain yang belum mendapat giliran hanya dapat menyaksikan pertandingan sambil merencanakan strategi.
Game Mechwarrior Tactics
Game Mechwarrior Tactics

Karakteristik Pemain:
Dia merupakan tipe orang yang sabar, kalau dia bukan orang yang sabar, tidak mungkin dia mau untuk menunggu giliran main setelah giliran musuh. Lalu dia hidup dengan penuh strategi dan penuh perhitungan, tingkat obeservasi dan melihat peluang juga sangat tidak diragukan lagi dari pemain berjenis ini. Sadar akan kemampuan diri dan mengamati kelemahan orang lain juga cenderung menunjang karirnya.

Game Pertarungan (Fighting Game)

Game ini umumnya menyajikan pertarungan antarkarakter, dapat satu lawan satu maupun bermain secara tag team. Karakter di dalam game ini akan memiliki berbagai jenis jurus dan kemampuan yang mampu dikeluarkan dengan menekan kombinasi tombol tertentu. Karakter juga dapat digerakkan di dalam arena pertarungan untuk dapat mencari momen yang tepat, saat-saat dimana musuh lengah sehingga dapat memenangkan permainan. Contoh game ini, antara lain: Tekken, Virtua Fighter, dsb.
Game Tekken 6
Game Tekken 6

Karakteristik Pemain:
Pemain berjenis ini bukanlah tipe orang yang sabar dan mau mendengarkan pendapat orang lain. Dia tidak terlalu berfokus pada perencanaan yang matang, dia lebih cenderung untuk langsung bertindak di lapangan dan langsung memecahkan masalah yang ada. Ketika terjebak dalam masalah yang ada, dia pun hanya bertahan dan tidak berniat untuk melarikan diri dari masalah itu. Dia hanya duduk diam dan ketika kesempatan tiba, dia akan langsung menuntaskan segala masalah itu.

Game Simulator

Game bergenre simulator merupakan game yang dibuat semirip mungkin dengan kehidupan asli. Dalam game ini kita dapat mencoba-coba sesuatu yang disediakan dalam game lalu dapat melihat dampak positif dan negatifnya, tanpa harus mencobanya di kehidupan nyata. Contohnya kita dalam membangun kota, kebun binatang, sekolah, bengkel, rumah sakit, dsb maka kita juga diharuskan untuk mengelolanya sehingga kita akan dapat melihat dampaknya seperti kepuasan pelanggan maupun kekecewaan pelanggan. Game bergenre ini mungkin merupakan game dengan alur cerita yang terluas dimana mungkin tidak ada kata tamat dalam memainkan game ini.
Game Sim City
Game Sim City

Karakteristik Pemain:
Tipe perancang, pemikir dan penuh perhitungan. Dia akan mampu menganalisis segala hal, mencoba untuk berhati-hati dan berpikir secara teratur. Bertindak langkah demi langkah dan mengikuti segala peraturan yang ada merupakan karakter pemain game ini. Kebanyakan pemain yang menyukai genre ini merupakan orang yang bergolongan darah A. Perkerjaannya tidak jauh dari arsitek, design interior, design grafis dan perancang busana.

...................................................................................................................

Bagaimana penjelasan diatas? Apakah benar sesuai atau tidak dengan kepribadian anda? Walaupun penjelasan diatas masih belum dilengkapi dengan survei dan penelitian mungkin saja hasilnya dapat tepat. Kalau saya sendiri menyukai beberapa genre game jadi karakternya sedikit campuran dari beberapa penjelasan game diatas. Sesuai atau tidak, kita buat informasi yang menghibur saja.

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan