5 Keuntungan Jogging - Vidhian Jaya

Sabtu, 27 Mei 2017

5 Keuntungan Jogging

Jogging atau lari ringan merupakan olahraga favorit banyak orang. Olahraga ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Beberapa penelitian modern telah mengkategorikan jogging sebagai olahraga yang cocok dilakukan semua kalangan. Tidak perlu peralatan dan persyaratan khusus untuk melakukannya. Ada lima alasan yang membuat orang perlu berolahraga lari.

jogging

Olahraga Murah

Olahraga lari tidak membuat seseorang harus bergabung menjadi anggota pusat kebugaran tertentu atau membeli peralatan olahraga yang mahal. Peralatan yang dibutuhkan cukup sepatu yang masih layak pakai, kaos kaki, baju dan celana. Selain itu tempatnya bisa diberbagai termpat seperti di taman, di halaman rumah, di jalan, di lapangan, maupun di lingkungan sekitar rumah.

Baik untuk Kesehatan

Jogging juga dapat membantu menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis, khususnya bagi kaum perempuan. Selain itu berlari juga termasuk latihan aerobik yang dapat memperbaiki sistem kardiovaskular, menurunkan tekanan darah serta menjaga arteri tetap bersih dari plak-plak.

Kardio Efisien

Jogging termasuk cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membakar lemak di dalam tubuh dalam waktu singkat. Jika seseorang berlari dengan kecepatan enam mil per jam selama satu jam maka dia dapat membakar sebanyak 700 kalori.

Menghilangkan Stress

Setelah berlari stabil selama 20 menit, maka tekanan hidup atau stress sehari-hari akan berkurang. Hal ini karena berlari juga melepaskan endorphin, yaitu zat kimia alami yang diproduksi oleh tubuh untuk meringankan rasa sakit dan meningkatkan suasana hati.

Memperpanjang Usia

Berdasarkan hasil studi yang dilaporkan British Medical Journal, orang yang jogging secara teratur punya kesempatan lebih besar untuk hidup lebih lama. Kondisi ini karena organ di dalam tubuhnya terutama jantung dan paru-paru bekerja lebih baik, sehingga aliran darah ke organ lain menjadi lebih lancar.

Begitulah cara mudah untuk mendapatkan tubuh sehat. Tidak selalu olahraga yang membutuhkan biaya yang mahal karena berbagai kebutuhan alat olahraga dan tempat olahraga. Dengan melakukan jogging secara teratur seseorang dapat mendapatkan tubuh yang sehat dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Diperbarui pada 27 Mei 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan