Perawatan dan Pembersihan Spray Gun Pengecatan - Vidhian Jaya

Kamis, 09 April 2015

Perawatan dan Pembersihan Spray Gun Pengecatan

Kegiatan pengecatan memerlukan sebuah alat untuk menyemprotkan cat menjadi butiran-butiran kecil halus, alat tersebut adalah spray paint gun. Konstruksi dari spray gun salah satunya terdapat saluran maupun lubang kecil dan halus sebagai jalan masuk dan keluarnya cat dan udara. Saluran maupun lubang tersebut haruslah selalu dalam keadaan bersih sehingga saat digunakan dapat mengalirkan udara maupun cat dengan lancar dan menghasilkan semprotan yang baik.
Spray Gun Pengecatan
Spray Gun Pengecatan

Sebuah hal yang sangat penting untuk diingat adalah bahwa penyempot cat (spray paint gun) perlu secara konsisten dibersihkan dan dipelihara setiap kali digunakan, sehingga tetap dapat bekerja dengan baik. Adalah salah satu dosa besar dalam pengecatan bagi tukang cat apabila sampai mengabaikan perawatan yang baik terhadap peralatan cat, salah satunya spray gun. Hal ini karena saluran udara dan bahan cat yang sangat kecil dapat sangat mudah tersumbat hanya dengan sejumlah kecil cat kering dan debris dan itu bisa sangat sulit ketika harus membersihkan penyumbatan tersebut, selain itu juga dapat berpengaruh terhadap hasil pengecatan.

Terkait dengan masalah tersebut maka perlu untuk membentuk kebiasaan selalu membersihkan spray gun setelah setiap kali penggunaan spray gun. Selain itu perlu juga untuk mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pembersihan dan juga perawatan terhadap spray gun cat dengan benar. Pembersihan dan juga perawatan dari spray gun dapat tetap menjaga kondisi spray gun tetap optimal saat digunakan dan juga memiliki umur pakai yang panjang.

Perawatan dan Pembersihan Spray Gun Pengecatan

Hasil pengecatan yang buruk sering dihasilkan dari perawatan atau penggunaan yang buruk dari spray gun. Seperti halnya setiap alat, penting untuk meluangkan waktu guna melakukan perawatan peralatan kerja. Sebuah spray gun sebenarnya adalah bagian dari perlengkapan yang sangat halus, kecil dan peka sehingga setiap goresan, penyok, kotoran di tutup atau ujung dapat membuat masalah. Dimana bila spray gun cat tidak terawat dan terabaikan, mudah untuk membayangkan bilamana alat yang buruk akan menghasilkan pekerjaan cat yang buruk pula, seperti halnya bentuk semprotan yang terganggu sumbatan.
Bentuk Semprotan Apabila Terjadi Penyumbatan
Bentuk Semprotan Apabila Terjadi Penyumbatan

Kegiatan perawatan dari spray gun salah satunya adalah pembersihan spray gun setelah digunakan untuk kegiatan pengecatan. Dalam melakukan pembersihan spray gun diperlukan cairan yang dapat melarutkan cat di dalam spray gun. Oleh karena itu untuk membersihkan spray gun anda dapat menggunakan apa pun yang biasanya digunakan untuk membersihkan cat secara normal sesuai dengan jenis cat yang digunakan, contohnya thinner lacquer, air, maupun cairan mineral. Biasanya setiap paket cat semprot akan memiliki pelarut pembersih khusus yang diberikan sebagai bagian dari seluruh paket cat. Pastikan hanya menggunakan cairan yang disetujui atau direkomendasikan oleh pemasok cat untuk material cat anda.

Hindari pelarut hidrokarbon diklorinasi, misalnya 1,1,1-trikloro etana, metilen klorida, dll karena dapat menyebabkan reaksi kimia dan korosi pada aluminium atau bagian galvanis dari spray gun. (Perhatian: 1,1,1-trikloro etana dapat tergabung dengan bahkan sejumlah kecil air untuk membentuk asam klorida kaustik). Selain itu, cat berbasis solvent dan cat berbasis air tidak boleh digunakan pada satu spray gun: zat pembersih untuk cat yang mengandung pelarut umumnya tidak sesuai dengan cat berbasis air. Kerja dengan penggabungan yang disengaja dapat menyebabkan cacat pada permukaan cat (seperti: kawah, noda, miskin adhesi, dll).

Ketika akan memulai proses pembersihan spray paint gun, dianjurkan untuk mengenakan sarung tangan karet dan respirator. Pekerja harus selalu memakai sarung tangan karet dan respirator setiap kali menangani pengencer (thinner), reducer, pengeras (hardener) atau produk cat lain yang mengandung bahan kimia. Bagaimanapun keselamatan pribadi harus selalu menjadi bagian perhatian penting.

Untuk memastikan umur panjang dan alat tetap mempertahankan fungsinya, spray gun perlu diberikan perawatan dasar tertentu dan dibersihkan secara teratur dan dilumasi. Berikut "interval perawatan" yang telah terbukti berhasil.

Untuk Profesional dan Sering Mengecat:
Setelah setiap pekerjaan cat atau sebelum setiap mengubah warna atau bahan. Pembersihan rutin, biasanya beberapa kali seminggu, tergantung pada bahan yang digunakan dan tingkat kekotoran. Pembersihan menyeluruh, setidaknya sekali seminggu.

Untuk yang Jarang Mengecat:
Yang paling penting adalah sebelum menyimpan peralatan untuk istirahat atau jeda waktu yang panjang. Masing-masing sejauh pemeliharaan tergantung pada kondisi operasi.

Cara Melakukan Pembersihan Spray Gun

Pertama cukup dengan mengisi cup spray gun sebagian penuh dengan pelarut (solvent/thinner) yang sesuai. Selanjutnya, gunakan spray gun tanpa tekanan dan juga dikibas-kibas sehingga memungkinkan solvent untuk masuk di dalamnya. Hal ini akan menghapus sebagian besar produk cat yang tersisa di dalamnya. Selanjutnya kosongkan thinner dari spray gun, dan jangan gunakan kembali. Kemudian, mengisi cup spray gun lagi menggunakan pelarut bersih dan kali ini semprot melalui unit (kompresor). Ini akan membersihkan saluran-saluran di dalamnya.

Selanjutnya isi kembali cup spray gun sekitar 1/4 penuh dengan pelarut bersih dan semprotkan melalui unit lagi. Pastikan telah membersihkan spray gun cup secara menyeluruh. Setelah itu semprotkan pelarut lebih bersih melalui kepala spray gun dan pastikan tidak ada yang keluar kecuali pelarut yang sangat bersih keluar, ini akan memberitahu bahwa telah membersihkan semuanya.

Setelah yakin port interior dan saluran telah bersih dengan pelarut, selanjutnya adalah bersihkan kembali dengan udara kering. Semprotkan udara kering bertekanan melalui unit (kompresor) untuk menghilangkan endapan pelarut. Bersihkan bagian luar spray gun menggunakan kain yang direndam dalam pelarut.

Membersihkan menyeluruh secara mendetail (setelah pembersihan rutin dasar):
1. Membersihkan bagian luar: mencuci bagian luar spray gun, termasuk air cap, dengan menggunakan kuas dan thinner.

2. Membongkar: lepas air cap, nozzle cat dan jarum, bersihkan semua bagian dengan thinner dan sikat. Pastikan selalu menggunakan alat yang tepat untuk membongkar, jangan menerapkan gaya (dipukul dengan palu, tang dan kunci pas adalah tidak baik). Pembersihan bagian dapat menggunakan sikat khusus dan pin khusus pembersih nozzle. Sikat yang tersedia tersebut yang dirancang khusus untuk membersihkan spray paint gun, terutama untuk lubang bor, housing, air caps dan bagian lainnya. Selain itu ada juga jarum khusus pembersih yang tersedia untuk membersihkan lubang kecil.
Letak Lube Spray Gun
Letak Lube Spray Gun

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memasukkan sikat kawat, klip kertas, kunci atau yang serupa, karena ini dapat merusak bagian-bagian halus dalam spray gun dan mengubah pola semprot menjadi buruk – penggantian bagian mungkin menjadi perlu. Hindari pula penggunaan benda tajam untuk membersihkan saluran atau air cap. Apabila tidak mengikuti aturan ini, maka dapat menempatkan goresan kecil di bagian spray gun yang akan mengganggu kinerja dari penyemprotan.

Perhatikan juga lingkungan kerja sekitar, saat membersihkan dengan tangan, pastikan bahwa tidak ada partikel debu masuk ke dalam spray gun melalui intake (saluran masuk) udara atau lubang nozzle cat.

3. Pemasangan: sikat pin cat, pegas jarum, jarum, nozzle, air cap thread dan semua bagian geser serta bantalan perlu diberi lapisan tipis silikon dan bebas asam, atau oli khusus atau minyak non-resining. Pasang kembagi bagian dalam dengan urutan terbalik dari pembongkaran.

Apabila terpaksa mengganti atau mengubah set nozzle maka harus selalu menginstal set lengkap yang terdiri dari air cap, nosel cat dan pin cat. Di sini harus mengikuti peraturan pemasangan spray gun atau produsen nozzle.

Beberapa orang terkadang sering "merendam" spray gun di thinner, hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Rendaman thinner yang kotor justru akan menyebarkan residu cat ke berbagai bagian dari spray gun. Selain itu dapat menyebabkan banyak lubang yang paling terpencil dan saluran tersumbat oleh cat sisa yang masih tertinggal. Pengaruh akumulasi kotoran mungkin tidak segera muncul, tetapi dengan berjalannya waktu maka akan benar-benar memblokir saluran udara.

Bengkel body profesional biasanya telah menggunakan cabinet tertutup khusus untuk membersihkan spray gun. Cabinet yang dimaksud adalah lemari/alat pembersih atau mesin cuci spray gun atau solvent saver. Solvent dipaksa melalui rakitan spray gun di bawah tekanan sementara unit pemicu dipertahankan dalam posisi terbuka. Penggunaan alat tersebut dapat menghemat waktu dan uang dalam jangka waktu yang panjang. Waktu dan pelarut lebih hemat, kira-kira. 0,1l thinner untuk membersihkan dengan mekanik dibandingkan dengan sekitar 1l bila mencuci dengan tangan.

Penggunaan alat pembersih spray gun memberikan jaminan bahwa peralatan pengecatan selalu pada fungsi yang optimal. Selain itu juga ramah lingkungan dan merupakan hal wajib di beberapa daerah untuk bengkel cat di negara maju sesuai dengan Ordonansi VOC (Regulasi Volatile Organic Compounds) di beberapa lokasi.

Selain membersihkan spray gun, perlu juga untuk membersihkan saluran dan pipa. Minyak dan kotoran dapat juga muncul di jalur udara. Jika menggunakan pipa keras, sebaiknya menyiramkannya dengan pelarut/solvent sesekali. Setelah minyak telah keluar melalui seluruh jaringan pipa udara, anda harus benar-benar membasuh dengan solvent dan ditiup dengan udara kering. Pemeliharaan yang diabaikan dapat berakibat fatal pada jaringan pipa yang sangat panjang dan memutar: jika semua kontaminasi tidak dapat dihilangkan dari jaringan udara bertekanan maka harus diperbaharui, dan ini cukup mahal.

Terakhir adalah penyimpanan spray gun. Dalam penyimpanan spray gun sebaiknya dilumasi dengan minyak pelumas khusus seperti yang telah dijelaskan di atas. Selanjutnya untuk penyimpanan usahakan spray gun selalu disimpan dalam posisi tergantung atau ditempatkan pada posisi vertikal untuk penyimpanan yang tepat setelah mengeringkannya dengan kain bersih. Tempat penyimpanannya juga haruslah pada ruangan bersih tertutup untuk menghindari debu atau kotoran yang masuk ke spray gun.

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan