Istilah-Istilah Lanjut yang Terkait Anime dan Manga Jepang - Vidhian Jaya

Kamis, 02 Februari 2017

Istilah-Istilah Lanjut yang Terkait Anime dan Manga Jepang

Anime dan manga merupakan salah satu yang menjadi favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Selain sebagai hiburan, anime dan manga juga membawa banyak pelajaran, baik itu bahasa Jepang, budaya Jepang, dan sebagainya. Nah, terkait dengan bahasa Jepang, dalam anime maupun manga terkadang muncul istilah-istilah yang baru atau khas yang mungkin jarang digunakan pada kehidupan sehari-hari. Atau mungkin istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia anime maupun manga.

Setelah sebelumnya telah dipos istilah-istilah umum yang terkaitu anime dan manga jepang, sekarang kita berlanjut ke istilah-istilah lanjut yang kadang muncul. Berikut ini adalah beberapa daftar istilah-istilah yang terkait dengan anime dan manga Jepang:

Istilah-Istilah Lanjut

Ahoge

Ahoge
Ahoge

Ahoge secara harfiah adalah rambut bodoh. Lebih lanjutnya ahoge merupakan sebutan bagi sehelai, sedikit, atau seikat rambut yang mencuat ke atas kepala melawan gravitasi bumi. Penggunaan ahoge sering digunakan pada karakter yang bodoh, kikuk, atau periang.

All Hail 

All Hail merupakan semacam penghormatan, dan dapat diartikan “Long life!” atau “Hidup!” Pertama kali dipopulerkan di anime Code Geass, dari kata All Hail Britannia.

Bishoujo

Secara harfiah yaitu gadis cantik. Bishoujo merujuk pada karakter gadis-gadis muda yang cantik, bahkan yang tercantik atau cantiknya di luar kewajaran.

Bishounen

Juga dikenal dengan Bishie, secara harfiah berarti bi (beauty/cantik) dan shounen (pemuda) atau pemuda cantik. Bishounen merujuk pada karakter yang memiliki ketampanan di luar kewajawan, dengan menunjukkan sisi mewah, dan terkenal.

Bunkobon

Bunkobon atau bunko dikenal sebagai buku saku berseri. Satu seri bunkobon dari satu penerbit biasanya memiliki desain cover dan ukuran fisik yang sama. Bunkobon sering digunakan untuk menerbitkan karya yang sebelumnya sudah diterbitkan dalam bentuk tankoubon. Karya baru yang sudah diterbitkan dalam bentuk tankoubon perlu waktu beberapa lama antara 1 sampai 3 tahun sebelum diterbitkan dalam bentuk bunkobon. Bila tidak ingin segera membaca karya yang baru diterbitkan, pembaca bisa menunggu hingga terbitnya edisi bunkobon.

Buruma

Buruma dari kata bloomers (pakaian), merujuk pada celana bawahan yang dikenakan karakter perempuan saat berolahraga.

Comiket

Comiket merupakan akronim dari Comic Market. Comic Market berarti pameran buku komik yang diadakan di Jepang setahun dua kali. Comiket selalu dipenuhi penggemar komik yang memburu karya-karya doujin menarik, figure, merchandise, dsb. Comiket kadang menggunakan kode seperti C77, C78 yang berarti C itu Comiket, dan 77 atau 78 artinya adalah ke-77 atau ke-78.

Dandere

Dandere berasal dari kata "danmari" yang artinya diam dan "dere" dari kata dere-dere. Dandere adalah istilah yang digunakan untuk menyebut karakter yang sangat pemalu atau pendiam dan tidak banyak tingkah. Karakter dandere biasanya menyukai sesuatu hal, baik itu karakter lain atau benda namun tidak banyak orang yang tahu karena sifat mereka yang pemalu atau pendiam.

Dere-dere

Dere-dere merupakan kata Jepang untuk dimabuk asmara/cinta. Dere-dere dapat juga diartikan sebagai hubungan sayang, kemesraan, kekompakan, kebahagiaan antara sebuah pasangan. Kata dere-dere sering disingkat dengan dere saja dan biasa menempel di belakang kata lain seperti tsun, yan sehingga membentuk arti lain. Oleh karena itu dere-dere berkaitan dengan istilah dandere, kuudere, tsundere, dan yandere.


Doujin

Secara umum istilah doujin merupakan grup dari orang atau teman yang saling berbagi ketertarikan, hobi, aktivitas, dan penghargaan. Lebih khususnya doujin sering merujuk pada satu atau sekumpulan orang yang membuat karya-karya yang dipublikasikan sendiri, seperti doujinsi manga, novel, fan art, fan guide, dsb. Para doujin biasa memamerkan dan menjual karya mereka saat Comiket. Doujin dalam literatur Inggris, dapat disebut dengan circle, clique, coterie, fandom, dan society.

Ecchi

Ecchi adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan tindakan yang terkait seksualitas. Sebagai kata sifat, kata ecchi dimaksudkan pada artian seksi, kotor atau nakal. Sebagai kata kerja, kata ecchi bermakna hubungan seks. Sedangkan sebagai kata benda, kata ecchi menggambarkan perilaku mesum. Ecchi mungkin lebih lembut daripada ero, dan tidak menyiratkan makna menyimpang sebagaimana kata hentai.

Ero Game

Ero game adalah kependekan dari Erotic Game, yang merupakan permainan (video game) yang mengandung unsur erotis, baik dalam alur cerita, gambar hingga adegan.

Fanart

Fanart berasal dari kata fan yang artinya penggemar dan art yang artinya seni. Fanart biasanya merujuk pada seni gambar yang dibuat oleh fans yang terinspirasi dari tokoh dan adegan di anime, manga atau video game tertentu.

Fanfic

Fanfic berasal dari kata fan yang artinya penggemar dan fic yang merujuk ke fiksi. Fanfic juga dikenal dengan sebutan fanfiction, yang merujuk pada cerita yang dibuat oleh fans atas ide mereka sendiri. Fanfic bisa berhubungan atau sejalan dengan alur cerita asli namun bisa juga berbeda dengan cerita asli seperti cerita tambahan, jalan akhir yang lain, penambahan tokoh, dsb.

Ada istilah lain dalam fanfic, yaitu Canon dan Fanon. Canon merujuk pada cerita yang mengikuti alur buku resmi, jadi semacam filler/tambahan. Dalam canon biasanya tempat, tokoh, alur dan lain-lainnya bersumber pada karya aslinya. Sedangkan fanon merujuk pada cerita yang tidak mengikuti alur resminya, dapat dikatakan cerita alternatifnya.

Fetish

Fetish adalah istilah untuk menggambarkan ketertarikan atau kesukaan yang mendalam terhadap sesuatu hal yang spesifik, baik itu objek mati, sifat, keadaan, beberapa anggota tubuh, dll.

Figurin

Action Figures
Action Figures

Figurin sering dikenal juga dengan action figure. Figurin merupakan patung atau cetakan yang mewakili tokoh, karakter, manusia, atau hewan yang dibuat dengan pose tertentu. Figurin dapat dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, logam, kaca, gerabah, namun bahan plastik atau resinlah yang paling banyak digunakan dalam figurin.

Fujoshi

Fujoshi secara harfiah berarti wanita/gadis busuk. Fujoshi merupakan sebutan untuk mengejak/merendahkan para wanita yang menyukai manga, anime, dan novel yang menampilkan hubungan romantis antara laki-laki. Fujoshi suka menikmati dan membayangkan apa yang akan terjadi jika karakter laki-laki dari manga, anime, dan terkadang dunia nyata saling mencintai.

Fudanshi

Apabila fujoshi sebutan bagi wanita maka fudanshi adalah sebutan bagi pria. Fudanshi secara harfiah adalah pria/lelaki busuk. Fudanshi merupakan istilah untuk mengejek/merendahkan para pria yang menggemari manga, anime, dan novel yang menampilkan hubungan romantis antara laki-laki (yaoi).

Futanari/Futa

Futanari adalah bahasa Jepang dari hemaprodit (makhluk hidup yang memiliki dua kelamin). Futanari adalah sebutan bagi karakter yang memiliki dua kelamin.

GAR

GAR berasal dari poster demotivator yang bertuliskan I’m GAR for Archer (merujuk pada Archer dari VN/anime Fate/Stay night). Pada awalnya GAR tidak memiliki arti karena hanya sekedar salah ketik dari I’m GAY for Archer. Namun pada akhirnya GAR merujuk pada karakter yang memiliki sifat pahlawan, kuat, dan rela berkorban sampai mati demi melindungi orang lain.

Gunpla

Gunpla merupakan akronim dari "Gundam Plastic Model". Gunpla dalam bahasa Jepang dibaca dengan ganpura. Gunpla adalah istilah untuk menyebut model Gundam, dan juga hobi untuk merangkai dan memberi warna model gundam. Gundam sendiri adalah robot raksasa atau mecha yang disebut juga mobile suit.

Guro

Guro adalah istilah Jepang untuk gore. Guro merujuk pada tampilan atau adegan yang mempertontonkan organ atau tubuh makhluk yang tercerai-berai, hancur, tercabik-cabik, terpotong-potong, penuh darah, dsb. Guro sering bergabung pada cerita horror ekstrim dan mungkin terlihat keji, namun di luar sana ada yang menyukainya.

Harem

Harem Anime
Harem Anime

Harem atau haremumono, dalam anime atau manga adalah penekanan pada hubungan cinta bersegi, biasanya ditandai dengan tokoh protagonis (tokoh utama) dikelilingi oleh tiga atau lebih tokoh yang memiliki kepentingan cinta atau seks terhadap tokoh protagonis.


Hikikomori 

Secara harfiah artinya menarik diri atau mengurung diri. Hikikomori adalah istilah bagi seseorang yang memilih untuk mengisolasi diri dari kehidupan sosial (kehidupan luar) dan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk diam di rumah, kalaupun ke luar rumah hanya seperlunya saja, misalnya membeli makanan atau mengambil koran.

Josei

Josei secara harfiah berarti wanita, perempuan, feminim, dan sebenarnya tidak berkonotasi dengan manga. Namun istilah manga josei digunakan untuk menggambarkan cerita cinta yang realistis, dan biasanya bertentangan dengan cerita asmara di manga shoujo, meskipun tidak harus.

Kuudere

Kuudere berasal dari kata kuuru (cool) dan dere-dere. Kuudere merujuk pada karakter yang memiliki ciri-ciri keren, memiliki sorot mata tajam, kesan yang dingin, gaya bicaranya formal dan kaku. Karakter kuudere dalam cerita percintaan di anime atau manga biasanya sulit didekati, namun sekalinya dapat bercinta mereka akan menunjukkan rasa sayang dan manis.

MAD

MAD adalah video remix kreatif yang dibuat oleh fans, biasanya berupa parodi dari suatu anime. MAD bisa dari opening atau ending suatu anime, opening atau ending anime yang digabung-gabungkan, video musik lain atau tanpa musik dan hanya berupa gambar-gambar saja. Kata MAD diambil dari judul kaset "Kichigai Tape" (Tape of Madness) yang dibuat anggota Osaka University of Arts and Music di tahun 1980-an. Kata MAD dipopulerkan oleh Nico Nico Douga yang merupakan suatu komunitas berbagi video.

Manhua

Apabila komik di Jepang disebut dengan Manga, maka Manhua adalah komik Cina dan biasanya diproduksi di daratan China, Hongkong, dan Taiwan.

Mecha

Mecha sebenarnya berasal dari kata bahasa Inggris yaitu mechanical yang berarti mekanik atau mesin. Mecha dikenal sebagai salah satu genre manga. Mecha biasanya sering menampilkan robot dan atau armor mekanik.

Meganeko

Meganeko istilah bagi karakter perempuan yang mengenakan kacamata. Meganeko terdiri dari dua kata yaitu megane yang artinya kacamata dan ko sebagai perempuan. Meganeko kadang hanya disebut dengan megane saja, panggilan untuk orang yang menggunakan kacamata.

Meronko

Meronko adalah kebalikan dari pettanko. Meronko adalah sebutan bagi karakter perempuan yang memiliki ukuran dada yang besar.

Nekomimi - Kemonomimi

Nekomimi dalam bahasa Inggris disebut dengan Catgirl. Nekomimi adalah karakter perempuan dengan ciri-ciri kucing, seperti menggunakan telinga kucing, ekor kucing atau perangkat lainnya yang berciri kucing.

Selain nekomimi, kemonomimi/kemomimi juga populer. Jika nekomimi berhubungan dengan kucing, maka kemonomimi lebih kepada apapun jenis hewannya. Biasanya yang populer adalah hewan rubah, serigala, rusa kutub, musang, kelinci, dan anjing.

Nijikon 

Nijikon merupakan singkatan dari nijigen konpurekkusu yang artinya kompleks dua dimensi. Nijikon digunakan untuk menyebut orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video yang notabene merupakan depiksi dua dimensi di atas kertas atau layar, serta figur boneka dari karakter tersebut.

Omake

Omake berarti tambahan atau ekstra dalam bahasa Jepang, makna utamanya adalah umum dan luas. Omake dalam manga yaitu coretan-coretan gambar atau kata-kata dari pengarang di akhir tankoubon (buku manga yang tamat dalam satu buku), biasanya tidak berhubungan langsung dengan alur cerita.

One shot

Dalam industri penerbitan buku manga, one shot adalah buku komik yang diterbitkan secara tunggal dan mandiri, dengan cerita sendiri dan bukan sebagai bagian dari seri yang berkelanjutan atau miniseri.

Otome Game

Otome game adalah video game yang ditujukan bagi kalangan perempuan. Tujuan dari game ini adalah membina hubungan percintaan antara karakter/pemain (perempuan) dengan satu atau lebih karakter pria.

Pettanko

Pettanko adalah sebutan bagi karakter perempuan dengan dada yang cenderung rata atau perempuan dengan ukuran dada yang kecil. Pettanko terkadang juga digunakan untuk menyebut karakter dengan bentuk tubuh loli.

Saimoe

Saimoe secara harfiah artinya paling moe. Saimoe merupakan sebuah kontes fantasi online voting di mana peserta dari seluruh dunia memberi suara untuk karakter paling "moe" di antara daftar karakter dari serial anime yang berbeda. Awalnya saimoe sebagai jajak pendapat popularitas sederhana, tapi akhirnya berkembang menjadi sebuah kontes di seluruh dunia. Kontes popularitas ini di adakan tiap tahunnya.

Seinen

Seinen secara harfiah berarti pemuda. Istilah seinen dalam industri komik Jepang digunakan untuk menyebut genre manga yang dipasarkan khusus untuk khalayak remaja laki-laki dan terkadang laki-laki yang belum cukup tua. Seinen berbeda dengan shounen, dengan lebih menekankan sisi realisme dan juga mengandung alur cerita yang lebih rumit.

Seme dan Uke

Seme dan uke ini adalah istilah yang muncul dalam cerita bergenre yaoi atau shounen ai. Seme merujuk pada karakter yang menyerang atau lebih agresif, bisa diibaratkan perannya sebagai pihak pria. Sedangkan uke adalah karakter yang diserang atau penerima, bisa diibaratkan perannya sebagai pihak perempuan.

Sukumizu

Sukumizu adalah sebutan bagi baju renang klasik yang biasanya dikenakan karakter perempuan saat berenang di kolam renang sekolah. Sukumizu berasal dari kata sukuru mizugi yang artinya baju renang sekolah

Tankoubon

Istilah tankoubon digunakan untuk manga yang diterbitkan tiap volume atau jilid. Di Jepang beberapa judul manga diterbitkan tiap chapter dalam suatu majalah atau surat kabar tertentu, apabila sudah populer maka dapat dibuat versi tankoubon-nya. Sebagian besar tankoubon biasanya dijilid dengan sampul keras sehingga tahan lama saat disimpan.

Tokusatsu 

Tokusatsu secara harfiah artinya sebagai film khusus, sebenarnya tokusatsu merupakan kepanjangan dari tokushu satsuei, yang artinya efek spesial. Istilah tokusatsu digunakan untuk menyebut setiap film live-action Jepang atau drama televisi yang di dalamnya lebih banyak menampilkan penggunaan efek khusus dalam perfilman. Tokusatsu sering berkaitan dengan cerita fiksi ilmiah (sci-fi), fantasi, dan horor, contohnya seperti kamen rider, ultraman, power ranger, dll.

Touhou

Touhou atau "The Touhou Project" adalah seri game tembak-tembakan seperti halnya game pesawat tempur dengan peluru yang memenuhi layar yang awalnya dikembangkan oleh Team Shanghai Alice.
Game seperti ini sukses dan memiliki banyak penggemar dikarenakan bentuk-bentuk peluru yang unik dan bermacam-macam, fokus pengembangan karakter yang tidak dimiliki game-game sejenis, dan merupakan one man project. Doujinshi dari game ini banyak bertebaran dimana-mana.

Trap

Trap Characters
Trap Characters

Trap secara harfiah artinya adalah jebakan. Istilah trap ini digunakan pada karakter yang menipu orang yang melihatnya, biasanya berkaitan dengan gendernya. Trap contohnya seperti karakter laki-laki namun wajahnya cantik seperti perempuan dan terkang menggunakan perlengkapan agar terlihat seperti perempuan, seperti baju, wig, alat make-up, dsb. Dalam trap ada juga istilah lain yaitu "reverse trap" yang artinya kebalikan trap, biasanya digunakan pada karakter perempuan yang berpenampilan seperti laki-laki.

Tsundere

Tsundere adalah gabungan dari kata "tsun-tsun" dan kata "dere-dere". Istilah tsundere digunakan untuk menyebut pengembangan karakter yang menggambarkan seseorang yang memiliki sifat keras, dingin, agresif dan bahkan memusuhi orang lain, namun secara bertahap pada saat yang tepat dia akan menunjukkan sisi sayang dari waktu ke waktu. Biasanya karakter perempuan tsundere sangat sulit mengakui perasaannya kepada orang lain atau bahkan dia tidak tahu kalau dia sebenarnya suka kepada orang lain.

Tsurupetta

Tsurupetta terdiri dari kata "Tsuru-tsuru" yang artinya halus, terpoles, apalagi tak berbulu, dan juga kata "Pettan" yang artinya perataan. Jadi istilah tsurupetta mengacu pada penampilan tubuh wanita yang ramping dan halus.

Vocaloid

Hatsune Mikku
Hatsune Mikku

Vocaloid sebenarnya adalah "singing synthesizer application software" yang dikembangkan oleh Yamaha Corporation, di mana dengan software tersebut seseorang dapat membuat lagu sintesis hanya dengan menuliskan lirik dan melodinya. Vocaloid kadang juga dibuat karakter virtualnya yang seakan-akan dialah yang menyanyi, contohnya adalah karakter Hatsune Mikku, karakter vocaloid dengan suara gadis remaja dan bertemakan biru muda.


Yandere


Yandere adalah gabungan dari kata yanderu/yangire dan dere-dere. Yandere mengacu pada karakter yang terlihat baik, lembut, manis dan penuh kasih sayang namun saat karakter yang disukainya didekati orang lain, seorang yandere mudah mengalami cemburu. Karakter yandere dapat dikategorikan posesif ekstrim yang sangat mencintai pujaan hatinya, dia tidak segan melakukan apapun untuk mendapatkannya termasuk dengan kekerasan.

Yaoi

Yaoi adalah istilah Jepang untuk boys love (BL) atau percintaan para pria. Yaoi merupakan genre untuk media fiksi yang berfokus pada hal romantisme atau hubungan seksual antara karakter laki-laki. Yaoi biasanya ditujukan untuk penonton wanita dan biasanya juga dibuat oleh penulis perempuan. Yaoi biasanya ditujukan untuk kalangan perempuan, dan terkadang juga menarik pembaca laki-laki, namun manga yang ditujukan untuk penonton gay biasanya bergenre terpisah yaitu bara.

Yuri

Yuri secara harfiah berarti lili. Istilah yuri digunakan untuk menyebut konten atau genre yang melibatkan cinta antara perempuan dalam manga, anime dan media Jepang lainnya. Yuri berfokus pada orientasi seksual dan atau aspek orientasi hubungan romantis.

Itu dia beberapa istilah lanjutan yang terkait dengan anime dan manga Jepang. Beberapa istilah mungkin terkait genre dalam manga, dan masih banyak istilah juga yang perlu dijelaskan, maka mungkin akan dibahas pada pos selanjutnya.

Diperbarui pada 2 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan