Cara Membuat Posting atau Entri Tulisan Blog di Blogger - Vidhian Jaya

Minggu, 12 Februari 2017

Cara Membuat Posting atau Entri Tulisan Blog di Blogger

Blogging pada dasarnya adalah aktivitas menulis. Jadi membuat tulisan di blog adalah hal mendasar dalam kegiatan blogging, atau dapat dikatakan langkah kedua setelah membuat blog. Apabila kamu membuat blog dengan platform blogger, maka kamu dapat dengan mudah memulai aktivitas menulis sesuai dengan topik yang kamu inginkan. Kamu dapat menulis tulisan dengan topik cerita fiksi, kehidupan pribadi, lingkungan, makanan, politik, teknologi, travel, sosial, dan sebagainya.
Membuat Posting atau Entri Tulisan Blog di Blogger
Membuat Posting atau Entri Tulisan Blog di Blogger

Pada pos ini akan saya beritahu tentang bagaimana cara membuat posting atau tulisan blog, khusus pada platform blogger. Berikut ini adalah cara membuat tulisan di blog:

Memulai Tulisan Baru

Memulai Entri Baru
Memulai Entri Baru

Di blogger jika kamu ingin membuat tulisan maka kamu perlu masuk terlebih dahulu ke akun blogger kamu. Selanjutnya masuk ke menu "Pos" dan klik tombol "Entri baru" maka pada browser akan membuka halaman pengeditan entri tulisan.
Halaman Entri Baru
Halaman Entri Baru

Pertama kamu dapat menuliskan judul tulisan kamu, selanjutnya kamu dapat langsung menulis tulisan kamu pada bagian yang telah disediakan. Jika kamu familiar dengan program office word, saya rasa kamu dapat memahami toolbar pembuatan entri blog. Namun jika kamu ada kebingungan maka berikut ini ada sedikit penjelasan tentang bagian-bagian tool dalam halaman pengeditan tulisan.
Fungsi Tools dalam Pengeditan Entri
Fungsi-Fungsi Tool dalam Pengeditan Entri

Bagi kamu pemula dalam hal blogging dan belum mengetahui bahasa pemrograman web HTML, kamu dapat memilih mode penulisan Compose karena lebih mudah digunakan dan lebih familiar. Jika saya lebih sering menggunakan mode Compose, namun dalam mengeditnya juga melibatkan mode HTML. Jarang orang yang mengedit tulisan menggunakan sepenuhnya HTML, kebanyakan orang menggunakan mode Compose untuk menulis bagian pokoknya dan mode HTML untuk mengedit dan menambahkan fitur-fitur HTML. Jika kamu ingin menggunakan mode HTML maka lebih baik kamu belajar terlebih dahulu tentang bahasa pemrograman web HTML, paling tidak dasar-dasarnya dulu.

Selanjutnya pada tool untuk memformat teks, di sana ada pilihan yaitu heading, subheading, minor heading, dan normal. Format tersebut digunakan untuk memperjelas bagian dalam tulisan yang dipublikasikan. Misalnya heading digunakan pada judul pos, subheading digunakan pada subjudul pos, minor heading digunakan pada kata-kata penting, dan normal digunakan pada teks yang normal. Tentu penggunaan format tersebut menyesuaikan kebutuhan tulisan kamu. Jika pada HTML format tersebut terbagi menjadi enam yaitu meliputi h1, h2, h3, h4, h5, dan h6 dengan h1 adalah yang paling besar dan h6 adalah yang terkecil. Penggunaan format tersebut penting dalam praktik SEO agar memudahkan mesin pencari dalam menerjemahkan struktur data pada pos.

Catatan: Untuk format teks heading, subheading, minor heading, dan normal dapat menyesuaikan setelan pada template blog kamu, jadi mungkin ada perbedaan antara blog satu dengan blog lain.

Apabila kamu ingin tulisan kamu lebih variatif maka kamu dapat menambahkan beberapa media lain selain tulisan, seperti tautan, gambar, video, karakter spesial, maupun break (jeda). Informasi tentang menambah gambar, video, tautan, dan karakter spesial mungkin secara lebih detail akan dibahas pada pos selanjutnya.

Setelan Entri

Setelah tulisan kamu jadi maka jangan buru-buru untuk mempublikasikan, kamu sebaiknya menyetel entri tulisan kamu melalui setelan entri. Mengapa harus disetel? Penyetelan dapat digunakan untuk tujuan pengaturan lanjut dan menyempurnakan pos yang dibuat. Ada beberapa penyetelan yang tersedia pada setelan entri, yaitu label, jadwal, link, lokasi, deskripsi penelusuran, dan pilihan.

Label

Label oleh beberapa blogger juga sering dikenal dengan istilah tag, dan sering digunakan untuk mengatur kategori tulisan yang dibuat. Misalnya pada tulisan ini memiliki label Tutorial, dan Blogging. Kamu dapat memberi label pada tulisan kamu sesuai topik yang kamu bahas. Dalam penulisan label sebaiknya ditulis dengan satu sampai dua kata saja, misal Teknologi, Tips-Trik, Tutorial-Blog, dan sebagainya. Hindari label dengan penggunaan tiga kata atau lebih karena tidak efektif.

Jadwal

Jadwal digunakan untuk mengatur kapan tulisan kamu akan dipublikasikan. Kamu dapat memilih secara otomatis atau setel tanggal dan waktu secara manual. Apabila memilih otomatis berarti ketika kamu mempublikasikan tulisan maka pada tanggal itulah tulisanmu dipublikasikan. Sedangkan dengan memilih setel tanggal dan waktu maka kamu dapat memilih kapan waktu tulisanmu dipublikasikan, apakah tanggal yang lalu, tanggal sekarang, maupun tanggal yang akan datang.

Link

Link digunakan untuk mengatur tautan permanen (permalink). Tautan permanen yaitu tautan tetap yang akan menuju ke pos kamu setelah tulisanmu dipublikasikan, misalnya http://nama-blog.blogspot.com/tahun/bulan/tautan-permanen.html. Setelah kamu mempublikasikan tulisan maka kamu tidak dapat mengubah tautan permanen tulisanmu, jadi perlu disetel sebelum mempublikasikan. Kamu dapat memilih tautan permanen otomatis atau tautan permanen khusus. Tautan otomatis akan mengambil secara otomatis dari judul tulisan/entri, ini tidak efektif jika judul entri kamu panjang. Sedangkan pada tautan permanen khusus dapat kamu sesuaikan sendiri secara manual. Selanjutnya tautan judul dan tautan lampiran, dapat kamu kosongi jika tidak ingin ditautkan ke alamat lain.

Lokasi

Lokasi dapat digunakan untuk memberikan informasi di mana kamu mempublikasikan tulisan kamu atau lokasi mana yang terkait dengan tulisanmu. Lokasi ini berguna bagi blog yang tulisannya membahas tentang makanan, perjalanan, lingkungan, dan kegiatan pribadi. Kamu bisa mengisi atau mengosonginya.

Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran adalah deskripsi singkat tulisan yang kamu publikasikan, deskripsi ini nantinya akan tampil pada halaman penelusuran. Jika tidak diisi maka biasanya deskripsi penelusuran akan mengambil beberapa kata/kalimat awal dalam tulisan tersebut, atau bisa juga mengambil deskripsi blog. Pada praktik SEO, deskripsi penelusuran ini perlu diisi agar dapat memaksimalkan pencarian.

Pilihan

Pilihan digunakan untuk pengaturan-pengaturan lain dalam tulisan, dalam pilihan kamu dapat mengatur komentar pembaca, mode tulis, dan baris baru. Dalam pengaturan komentar pembaca, kamu dapat memilih apakah memperbolehkan komentar pada tulisanmu atau tidak. Dalam pengaturan mode tulis, kamu dapat memilih menunjukkan HTML apa adanya atau menafsirkan HTML yang diketik secara otomatis. Lalu pada pilihan baris baru, kamu dapat mengatur bagaimana cara kamu dalam membuat baris baru, khususnya pada mode HTML. Jika memilih menggunakan "Tag" maka kamu perlu menambahkan tag baris baru pada HTML, namun jika memilih "Enter" maka kamu cukup menekan enter untuk membuat baris baru.

.........................................................................................................................


Itulah beberapa setelan yang dapat kamu atur dalam entri tulisan blog. Jika kamu belum selesai membuat tulisan maka kamu bisa menyimpan tulisanmu sebagai draft dan menyelesaikannya di waktu yang lain. Jika tulisanmu sudah selesai dan kamu sudah menyetel tulisanmu maka selanjutnya kamu dapat melakukan pratinjau bagaimana tulisan kamu akan tampil nantinya, dan dapat mempublikasikan tulisan jika kamu sudah yakin dengan tulisanmu.

Setelah kamu selesai membuat tulisan kamu maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara menulis yang baik, memaksimalkan tulisanmu agar dapat memuaskan pembaca, dan ramah dengan mesin pencari. Bagi yang orang yang jarang menulis bisa jadi menulis adalah hal yang sulit dan membingungkan, maka mereka perlu banyak latihan dan mengembangkan cara menulis yang baik bagi diri mereka.

Diperbarui pada 12 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan