Berbagi dan Berkolaborasi Praktik Baik Pemanfaatan Rumah Belajar - PembaTIK Level 4 (2022) - Vidhian Jaya

Senin, 31 Oktober 2022

Berbagi dan Berkolaborasi Praktik Baik Pemanfaatan Rumah Belajar - PembaTIK Level 4 (2022)

Salam Rumah Belajar
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Teknologi pendidikan semakin berkembang pesat dan semakin maju. Hal tersebut mengikuti jalannya perkembangan teknologi secara umum. Seperti saat ini berkembangnya teknologi digitalisasi, cloud, internet dan komunikasi. Pendidikan mengalami fase perkembangan dan adaptasi teknologi yang cepat semasa pandemi. Guna mendukung hal tersebut pemanfaatan teknologi dalam pendidikan perlu ditingkatkan, salah satunya yaitu pemanfaatan portal rumah belajar.


Apa Itu Rumah Belajar?

Rumah belajar merupakan platform pendidikan yang disediakan Kemdikbud Republik Indonesia dalam rangka menyediakan kebutuhan pembelajaran, seperti media pembelajaran, bahan pembelajaran dan sarana komunikasi untuk belajar. Rumah belajar memiliki fitur utama antara lain: kelas maya, laboratorium maya, sumber belajar, dan bank soal. Selain itu rumah belajar juga memiliki fitur tambahan seperti: edugame, buku sekolah elektronik, peta budaya, karya bahasa dan sastra, wahana jelajah angkasa, blog pena, augmented reality, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Rumah Belajar dapat diakses oleh sahabat dengan mengunjungi laman: https://belajar.kemdikbud.go.id


Bagaimana Pemanfaatan Rumah Belajar?

Rumah belajar dapat dimanfaatkan sebagai pendukung guru dan siswa melaksanakan pembelajaran. Dalam menggunakan rumah belajar, sahabat bisa menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan jenis media pembelajaran yang ada di portal rumah belajar. Misalnya menggunakan dengan media edugame untuk model pembelajaran Game Based Learning. Model-model pembelajaran interaktif lainnya dapat dilihat di sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif seperti Flipped Classroom, SOLE, Project Based Learning, Discovery Inquiry, dll.

Portal rumah belajar juga dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai media belajar. Siswa bisa mengakses video edukasi, belajar di sumber belajar, mengerjakan tugas di kelas maya, latihan soal di bank soal, dll. Fitur lainnya sahabat bisa menggunakan fitur rumah belajar seperti wajana jelajah angkasa, peta budaya, karya bahasa dan sastra, hingga augmented reality.

Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi Praktik Baik Pemanfaatan Rumah Belajar

Salah satu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi, Kemdikbud menyelenggarakan pelatihan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu pembaTIK. pembaTIK terdiri dari 4 level, dan di level 4 ini peserta ditugaskan untuk melaksanakan praktik berbagi dan berkolaborasi.

Berikut ini kegiatan berbagi dan berkolaborasi yang sudah saya laksanakan:



1. Melaporkan, Berkonsultasi, serta meminta dukungan dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah


Pada kegiatan ini, kami berkesempatan menjelaskan tentang rumah belajar, turut memparkan portal rumah belajar dan platform merdeka mengajar. Kehadiran kami disambut dengan baik dan diberikan dukungan untuk pelaksanaan berbagi praktik baik pemanfaatan portal rumah belajar di sekolah.

2. Mengkoordinasikan kegiatan sosialisasi dan berbagi praktik baik


Setelah mendapatkan dukungan pelaksanaan dari kepala sekolah, kami melakukan konsultasi dengan wakil kepala kurikumum untuk menentukan rundown acara, waktu dan tempat pelaksanaan serta koordinasi lain kaitannya dengan penyelenggaraan.

3. Melaksanakan berbagi praktik baik di sekolah dengan target siswa



Siswa kami berikan sosialisasi agar dapat mengenal dan dapat menggunakan media serta sumber belajar yang di sediakan di portal rumah belajar. Guru mendampingi siswa dalam praktik penggunaan media-media yang ada.

4. Melaksanakan kegiatan berbagi praktik baik bersama guru di satu instansi



Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari kepala sekolah, pengawas, dan perwakilan dari Cabang Dinas Wilayah VIII prov Jateng. Dalam sambutan diberikan materi singkat kaitannya dengan latar belakang kebijakan, implementasi kurikulum merdeka, dan progres satuan pendidikan. Selanjutnya giliran kami menyampaikan materi yang meliputi portal rumah belajar, platform merdeka mengajar, akun pembelajaran, serta model pembelajaran inovatif.

5. Melaksanakan kegiatan berbagi praktik baik bersama guru-guru secara daring


Selain memfasilitasi kegiatan secara luring atau tatap muka langsung, kami juga menyediakan sesi untuk webinar daring. Tujuan dilaksanakannya yaitu untuk memfasilitasi guru-guru yang belum bisa melaksanakan atau belum hadir saat tatap muka. Dengan cara daring maka guru bisa mengikuti webinar dengan waktu yang lebih leluasa dan penyampaian yang tidak terbatas pada lokasi tertentu.


Seperti itulah beberapa kegiatan berbagi dan berkolaborasi praktik baik pemanfaatan portal rumah belajar yang sudah kami laksanakan. Dari beberapa guru menyatakan antusiasmenya dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Sedangkan dari Pengawas menganjurkan sekolah untuk bisa memfasilitasi guru yang ahli untuk bisa mengajarkan dan melaksanakan pelatihan kepada guru-guru yang lain. Kembali lagi ke pemanfaatan rumah belajar, akan menjadi semakin bermanfaat apabila banyak guru yang menggunakannya dalam pembelajaran, siswa juga mengetahui dan mencari informasi belajar dari sana. Hal yang akan lebih memajukan lagi adalah guru-guru termotivasi dan mau berkarya, serta saling berbagi media pembelajaran dalam portal rumah belajar.

Tindak lanjut di kedepannya, portal rumah belajar perlu dikembangkan lebih lanjut, terutama dalam sisi kontennya sehingga lebih menarik guru dan siswa dalam pemanfaatannya. Selain itu perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan berkelanjutan sehingga guru-guru semakin terampil mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK.

Salam Rumah Belajar
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

2 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan