Honda CB150R Streetfire 2013 - Vidhian Jaya

Sabtu, 28 Desember 2013

Honda CB150R Streetfire 2013

Kita tentu telah mengetahui bahwa sudah sejak lama Honda membersamai kemajuan transportasi di Indonesia, tak ayal jika sekarang Honda menjadi salah satu pemasok terbesar dalam pemenuhan sarana transportasi di Indonesia. Begitu besar kontribusi Honda hingga membuat Indonesia menjadi seperti sekarang ini. Tiap tahun Honda selalu melakukan kreasi dan inovasi, bahkan hingga penghujung tahun 2013 ini Honda telah melakukan banyak sekali kreasi dan inovasi pada produknya, adalah satunya yakni Honda CB150R Streetfire. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas mengenai salah satu produk terbaru Honda yang merupakan Motor Canggih, Irit dan Advance, yakni tentu saja Honda CB150R Streetfire. Berikut tampang keren dari motor yang akan dibahas:
Berbagai Varian Honda CB150R Streetfire
Berbagai Varian Honda CB150R Streetfire

Sebelumnya masuk ke bahasan saya ingin berbagi cerita kesalahkaprahan terlebih dahulu tentang yang terjadi di masyarakat Indonesia, khususnya yang dialami di sekeliling saya. Di jawa tepatnya, masyarakat awam terkadang salah mengartikan arti kata motor, mereka mengartikan bahwa motor itu adalah Honda. Meskipun produk lain tapi terkadang mereka memanggilnya Honda. Sebenarnya itu tidak seratus persen salah, mengingat Honda juga merupakan merk dari sepeda motor. Kejadian unik tersebut tidak lepas dari sejarah di mana produk Hondalah yang pertama kali booming di Indonesia. Dahulu banyak produk Honda yang digunakan untuk mode transportasi di Indonesia. Begitu pula yang terjadi di keluarga saya, mulai dari era kakek saya telah memilih produk Honda bahkan hingga sekarang kami selalu setia memakai produk Honda, sampai-sampai nenek saya takut jika membeli produk selain Honda dan seperti tidak merestui jika ada salah satu dari keluarga kami memilih produk selain Honda. Begitulah nampaknya gambaran cerita unik kesalah kaprahan dan juga gambaran kecil kepercayaan kami terhadap Honda selama bertahun-tahun.

Yah, Sudah sejak dahulu keluarga kami selalu menggunakan produk Honda, mulai dari ayah yang menggunakan GL Pro, Ibu yang menggunakan Honda Supra, Adik yang menggunakan Honda Vario dan kakak yang menggunakan Honda Revo, sedangkan saya inginnya menggunakan motor sport Honda CBR, hhe. Alasan kenapa kami memilih produk Honda sejak awal adalah karena kepercayaan kami terhadap kualitas produk Honda. Kualitas produk Honda memang dapat diacungi jempol, mulai dari performa, tenaga, kenyamanan, dan yang terpenting keamanan motor, itu semua menurut kami sangat baik untuk dijadikan kendaraan sehari-hari. Disamping itu tentu harganya yang terjangkau, konsumsi bahan bakar yang hemat (irit) dan juga ramah lingkungan, makin membuat kami mencintai produk Honda. 

Sekarang kembali lagi ke topik bahasan utama yakni memperkenalkan lebih tentang produk Honda yang Canggih, Irit, dan Advance yaitu Motor Honda CB150R Streetfire yang merupakan bintang naked sport bike. Apa saja keunggulan produk Honda terbaru ini, Bagaimana tinjauan saya terhadap produk Honda CB150R Streetfire? Melalui artikel ini saya akan mencoba menjawabnya.

Honda CB150R Streetfire

Pertama kita mulai dari penampilan dahulu, seperti yang kita tahu, biasanya orang sering menilai sesuatu dari pandangan pertama yakni melalui tampilan body dan desainnya. Tampilan dapat menggambarkan karakter atau isi dari sesuatu, sama seperti pada motor ini, nampak dari tampilannya terlihat bahwa motor ini begitu gagah, modern, dan berperforma. Dari desainnya yang stylist dan ergonomis tersebut membuat Honda CB150R Streetfire cocok sekali untuk para jiwa muda dan jiwa lelaki yang menyukai tantangan. Motor terbaru keluaran Honda ini diproduksi dengan cukup banyak varian warna yang tersedia antara lain: Astro Black, Furious Red, Lightning White, dan Speedy White. Eh, ada satu lagi varian warna, yang ini spesial three colours (tiga warna) yang akan hadir bagaikan kado di awal tahun 2014.

Untuk informasi selengkapnya kita dapat melihatnya pada spesifikasi kendaraan sebagai berikut:

Tabel Spesifikasi Honda CB150R

Tabel Spesifikasi Honda CB150R

Honda CB150R Streetfire ini nampaknya tidak main-main terhadap mesinnya. Bagaimana tidak? Ternyata turut mengusung mesin dari Honda CBR150R 4-langkah, dengan mekanisme katup DOHC (Double Overhead Camshaft) dan pada silinder menggunakan 4-katup (2 Masuk, 2 Buang). Dengan mesin yang seperti itu maka mesin mampu menghasilkan tenaga besar, dan efisiensi yang tinggi, bisa kita lihat dengan mesin mampu menghasilkan Daya sebesar 17,0 PS pada putaran 10.000 rpm dan Torsi 13,1 Nm pada putaran 8000 rpm. Selain itu juga menggunakan tipe transmisi yang memiliki variasi 6-kecepatan sama dengan legenda Honda CBR150R.

Motor ini disebut-sebut irit dan ramah lingkungan. Bagaimana bisa? Ramah terhadap lingkungan dapat diketahui dari seberapa rendah gas buang yang dihasilkan. Sekarang ini semua produk kendaraan berlomba-lomba untuk menciptakan motor ramah lingkungan, yakni dengan meningkatkan pembakaran yang sempurna sehingga gas buang yang dihasilkan lebih minimal dan tidak berbahaya. Sekedar ingin memberitahu bahwa pembakaran yang sempurna pada dasarnya menghasilkan gas CO2 dan H2O sedangkan pembakaran yang kurang sempurna menghasilkan gas CO2, CO, NOx, HC dan gas-gas polutan berbahaya lain.

Untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna dan tenaga motor yang berperforma tinggi, maka disini Honda memakai teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection: Injeksi Bahan Bakar Terprogram). Dengan sistem injeksi ini pula konsumsi bahan bakar dapat lebih efisien sehingga dapat menjadikan irit bahan bakar. Sistem injeksi bahan bakar yang terprogram secara komputerisasi mampu untuk mengatur seberapa banyak bahan-bakar yang diperlukan untuk dicampur dengan udara sehingga dapat mencapai campuran yang tepat sesuai kondisi tertentu. Bahan bakar yang diinjeksikan dapat menyesuaikan pada kondisi tertentu berdasarkan banyak udara yang masuk (posisi katup gas), kecepatan kendaraan, daerah dataran tinggi atau rendah, dsb. Dengan hal tersebut maka otomatis konsumsi bahan bakar akan jauh lebih efisien dan lebih hemat pemakaian tentunya.

Dengan hadirnya teknologi PGM-FI juga mampu untuk membuat pembakaran lebih sempurna karena waktu pembakaran yang tepat, campuran bahan bakar yang tepat dan kompresi yang tinggi (Perbandingan Kompresi cukup tinggi yakni 11 : 1), sehingga emisi gas yang dihasilkan lebih ramah terhadap lingkungan dan hemat pemakaian bahan bakar dan tentu juga mampu memberikan lebih tenaga dan mesin lebih responsif terhadap berbagai kondisi. Keramahan terhadap lingkungan Honda CB150R Streetfire telah terbukti dengan telah memenuhi standar EURO-2 yang ditetapkan pemerintah.

Guna mendukung kinerja mesin yang bertenaga maka juga diperlukan sistem pendinginan yang baik agar menjaga mesin tetap konsisten beroperasi dalam suhu kerja normal. Oleh karena itu mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan cairan, dengan dilengkapi dengan kipas pendingin elektrik otomatis. Dengan sistem pendinginan yang baik seperti ini maka mesin dapat lebih bertenaga dan juga lebih awet.

Tabel Spesifikasi Honda CB150R

Ini dia wujud dari rangka kendaraan yang kokoh dan kuat dalam menopang mesin dan komponen-komponennya. Dengan memakai tipe rangka Diamond Steel (Truss Frame/Trellis Type), tidak hanya membuat tampilan lebih gagah, namun juga meningkatkan kestabilan, kelincahan, keamanan, dan kenyamanan dalam berkendara.

Motor Honda CB150 ini disebut-sebut advance, salah satunya dengan pemakaian ban tubeless yang mampu untuk menambah keamanan kendaraan, terutama ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Ban tubeless mampu mengurangi bahaya kecelakaan akibat ban bocor secara tiba-tiba, ban tubeless apabila terkena paku maka akan cenderung merapat dan secara perlahan ban akan kempes sehingga ketika melaju pada kecepatan tinggi kecelakaan akibat ban bocor dan tidak dapat dikendalikan dapat dikurangi. Selain itu dengan pemakaian rem cakram lebih menambah daya keamanan. Terlebih rem depan yang memakai piston rem ganda membuat gaya pengereman lebih pakem dan jarak pengereman lebih pendek.

Sedangkan untuk suspensi, khususnya suspensi belakang memakai tipe tunggal dengan sistem pro-link sama seperti yang digunakan pada Honda CB250R. Dengan suspensi seperti ini mampu untuk meredam getaran dari berbagai kondisi jalan sehingga kenyamanan saat berkendara akan begitu terasa. Berikut adalah gambarnya:

Tabel Spesifikasi Honda CB150R

Tabel Spesifikasi Honda CB150R

Dengan konsumsi bahan bakar 36 km/L dan kapasitas tangki bahan bakar 12 L maka dengan tangki terisi penuh kita dapat menempuh jarak 432 km, sebuah jarak yang sangat jauh. Ini menggambarkan seberapa irit motor Honda ini. Selain itu, kecepatan maksimum motor ini dapat mencapai 122 km/jam dengan akselerasi 10.5 detik saja untuk menempuh jarak 0 - 200 m.

Begitu banyak fitur-fitur dan juga teknologi-teknologi yang dipersembahkan dalam satu motor ini, maka tidak heran jika saya dan mungkin para konsumen tertarik dengan produk terbaru Honda CB150R Streetfire. Kabarnya sejak pertama kali dirilis, telah menyumbangkan sekitar lebih kurang 45,3% terhadap total penjualan motor sport Honda. Itu menandakan bahwa CB150R StreetFire telah memikat hati banyak penggemarnya karena berbagai fitur, teknologi dan keunggulan motor yang canggih, irit dan advance.

Hal terakhir dan hal yang selalu dinanti, tidak lain tidak bukan mungkin soal Harga, hhe. Jangan khawatir soal biaya, karena Motor Honda ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Harga resmi untuk membeli Honda CB150R Streetfire yakni cukup dengan Rp 22.750.000, - saja (harga di tempat anda mungkin dapat berbeda). Tentu untuk menikmati kenyamanan, keamanan, fitur-fitur, teknologi-teknologi yang tersedia, dan tentunya tantangan nyali, harga tersebut sudah sebanding untuk mendapatkannya. Jadi, tunggu apalagi? Selagi masih mampu tidak ada salahnya mencoba teknologi terbarukan untuk mendukung transportasi keseharian anda. Terlebih untuk penggemar tantangan, layak untuk dijadikan pilihan bagi anda.

Semoga informasi yang saya sediakan di atas dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi atau pun pertimbangan dalam memilih produk sepeda motor untuk hari-hari anda. Salam Otomotif!!

Diperbarui pada 16 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan