9 Alasan Mengapa Lelaki Jepang Ragu-Ragu Untuk Berkata Aishiteru - Vidhian Jaya

Kamis, 14 Agustus 2014

9 Alasan Mengapa Lelaki Jepang Ragu-Ragu Untuk Berkata Aishiteru

Apakah anda tahu bagaimana cara mengatakan "Aku Mencintaimu" dalam bahasa Jepang? Jika kalian melihat buku teks, kamus atau literatur lainnya maka kebanyakan dari mereka akan memberi tahumu cara mengatakannya yaitu dengan "Ai Shiteru". Akan tetapi pada kenyataannya, kalimat tersebut sangat jarang digunakan karena perbedaan budaya dan bahasa.

Apabila bercakap dengan orang Jepang, kamu sebaiknya jangan menggunakan kalimat "Ai Shiteru" secara sembarangan untuk menyatakan bahwa kamu mencintainya, baik itu kepada teman maupun keluarga. Berbeda dengan bahasa Inggris, kata seperti "I Love You" dapat digunakan kepada semua orang baik untuk menyatakan cinta, sayang, dan terkadang rasa suka. Orang Jepang akan lebih sering untuk menggunakan frasa "Suki da", yang apabila diterjemahkan secara kasar dapat berarti "Aku Suka Kamu" untuk mengatakan rasa sayang kepada pacar, teman, atau keluarga mereka. Apa yang disampaikan dalam terjemahan ternyata tidak sepenuhnya menyampaikan tata penggunaan dan konotasi khusus kalimat-kalimat tersebut.
Say Aishiteru
Say Aishiteru

Sebuah situs saran perkencanan di Jepang, Sugoren. Awal tahun 2014 mereka melakukan survei online yang meminta sebanyak 165 responden pria berumur remaja dan dua-puluhan untuk memberikan alasan mengapa mereka tidak mengatakan "ai shiteru" kepada pacar mereka. Berdasarkan hasil tersebut, mereka mampu mengkompilasi sebuah daftar dari sembilan pola umum yang membuat orang Jepang enggan mengatakan "ai shiteru". Penasaran dengan alasannya? Berikut adalah 9 alasan umum mereka:

1) "Saya tidak ingin mengucapkannya dengan mudah."

Pria yang memberikan alasan ini dalam survei menyebutkan bahwa mereka hanya ingin menggunakan kata ini dalam kasus formal yang sangat spesifik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada pembuka, kalimat itu memuat makna yang lebih berat dan lebih formal ketimbang kata "Suki da" dan tidak sama dengan penggunaan kata "I Love You" dalam bahasa Inggris, sehingga bukan sesuatu yang dapat dikatakan sembarangan. Oleh karena itu, para lelaki akan menunggu waktu dan tempat yang tepat sebelum mengatakannya, sehingga akan memiliki lebih banyak makna untuk itu. Misalnya makna untuk hubungan yang lebih serius seperti pertunangan hingga pernikahan.


2) "Saya terlalu malu untuk mengatakan itu."

Pria Jepang lebih cenderung pemalu dibandingkan dengan laki-laki di negara-negala lain saat berdekatan dengan wanita. Ini berarti bahwa mereka mungkin menjumpai waktu yang lebih sulit dalam mengekspresikan perasaan mereka secara langsung, terutama saat waktu menyatakan cinta tiba. Seseorang yang mengikuti survei menulis: "Ini hanya, baiklah, saya terlalu malu untuk mengatakan itu!" Rasa malu mereka dapat muncul karena kurangnya percaya diri dan takut untuk ditolak, sehingga mereka akan memerlukan waktu lebih banyak sebelum siap untuk mengatakannya.

3) "Itu terlalu cepat."

Meskipun semuanya berjalan dengan lancar, beberapa laki-laki Jepang mungkin ragu untuk mengatakan pernyataan seperti yang dimaksud, terlebih jika hanya dalam waktu beberapa minggu atau kurang sejak mereka mulai berkencan. Saat mereka masih belajar mengenal beberapa hal tentang satu sama lain, bisa saja pengungkapan cinta tersebut dapat menyebabkan hubungan selanjutnya menjadi lebih canggung. Jadi mereka berpikir untuk tidak perlu terburu-buru, menunggu sampai mereka lebih mengenal satu sama lain lebih dalam sebelum bertindak ke tingkat berikutnya.

4) "Kata (Suki da) terasa lebih natural."

Alasan ini menarik karena menyoroti bagaimana media dapat mempengaruhi perilaku masyarakat. Beberapa lelaki berkomentar pada kenyataannya bahwa perempuan sering melihat karakter dalam buku atau di TV sambil mengatakan "ai shiteru," dan akibatnya mungkin memegang harapan yang tidak realistis bahwa pria di dunia nyata akan melakukan hal yang sama. Bagaimanapun, pria sejati bukanlah karakter buku komik, mereka juga tidak cukup nyaman untuk mengeluarkan kata-kata di dalam dunia nyata seperti yang mereka lakukan dalam sebuah drama. Kata "Suki da" lebih sesuai bagi mereka untuk menyatakan perasaan mereka.

5) "Laki-laki keren tidak jatuh cinta."

Beberapa jenis laki-laki, seperti 3B (The Three Bs) yaitu band members, bartender, dan biyoshi (penata rambut), mungkin tidak ingin untuk menjatuhkan kesan cowok keren mereka dengan jatuh cinta tak berdaya dan menyatakan perasaan mereka kepada dunia. Lalu apakah pria tangguh laih yang mengatakan "ai shiteru" telah kehilangan beberapa maskulinitas mereka?

6) "Apakah ini benar-benar cinta?"

Beberapa laki-laki yang mengikuti survei, terutama yang muda, merasa terlalu kurang berpengalaman dalam mengetahui apakah apa yang mereka rasakan adalah benar-benar cinta atau tidak. Oleh karena itu, mereka tidak ingin membuang kata "ai shiteru" sampai mereka memiliki gagasan dan pendapat yang lebih baik tentang apa sebenarnya cinta itu. Mungkin mereka membutuhkan waktu dan pengalaman untuk dapat menyelesaikan masalah mereka ini.

7) "Saya tidak ingin menyanjung dia terlalu banyak."

Yap, seperti halnya yang dikatakan sebelumnya, banyak pria tidak ingin mengatakan itu karena mereka berpikir bahwa gadis akan mendapatkan egonya. Ditambah, mengatakan itu berulang-ulang dapat menyebabkan dia kehilangan beberapa daya tarik awal. Lainnya menunjukkan bahwa mereka akan merasa seolah-olah mereka menurunkan penjagaan mereka dengan menjadi orang pertama yang mengatakan itu. Jadi mungkin bila semua perempuan bersedia untuk melangkah ke piring pertama, laki-laki mereka akan membalas.


8) "Itu akan menjadi kebohongan."

Alasan ini mungkin tampak agak kasar, tapi tidak ada gunanya berbohong kalau pria yang jujur tidak melabuhkan perasaan cinta. Hal ini juga berlaku jika pria yang sudah siap untuk mengatakannya tetapi sekarang tidak lagi karena perasaan cintanya yang telah memudar atau mungkin menjadi ragu kembali.

9) "Tidak ada alasan bagi saya untuk mengatakannya keras-keras."

Banyak pria di survei ini menanggapi dengan mengatakan bahwa mereka merasa tidak ada tekanan untuk mengatakan "ai shiteru" karena mereka percaya gadis mereka sudah tahu itu di dalam hatinya. Akan tetapi mungkin akan lebih bagus jika perasaan itu disampaikan secara verbal sesekali.

Diperbarui pada 28 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan