Ternyata Ada Beberapa Laba-laba Memakan Ikan - Vidhian Jaya

Jumat, 07 Agustus 2015

Ternyata Ada Beberapa Laba-laba Memakan Ikan

Ini mungkin berita yang aneh dan mengejutkan. Spesies laba-laba tertentu telah diketahui memakan ikan. Tidak perlu khawatir, mereka tidak sedang berjalan ke puncak rantai makanan. Meskipun laba-laba biasanya dianggap sebagai predator serangga, sebuah tim di Universitas Basel, Swiss dan Universitas Australia Barat telah mengkatalogkan lima famili laba-laba yang berburu ikan di alam liar.
Laba-Laba Memakan Ikan Kecil
Laba-Laba Memakan Ikan Kecil

"Temuan seperti keragaman besar laba-laba yang terlibat dalam predasi ikan hanyalah novel. Bukti kami menunjukkan bahwa ikan mungkin menjadi item mangsa sesekali untuk pemenuhan gizi yang cukup besar, "kata rekan penulis studi Martin Nyffeler.

"Daging Ikan memiliki kualitas tinggi dalam hal kandungan protein dan nilai kalori," tambah Nyffeler. "Memakan ikan mungkin sangat menguntungkan selama periode kawin, terlebih ketika kebutuhan energi dan protein pada laba-laba betina yang hamil meningkat sehingga mereka membutuhkan peningkatan asupan makanan, atau pada saat-saat terbatasnya ketersediaan mangsa invertebrata."

Laba-laba pemakan ikan semi akuatik ini biasanya tinggal di sekitar tepi dangkal sungai air tawar, kolam atau rawa. Sejumlah dari mereka juga mampu berenang, menyelam atau berjalan di permukaan air itu sendiri. Mereka menggunakan potensi neurotoksin untuk melemahkan ikan dan memiliki enzim kuat yang memungkinkan mereka untuk mencerna ikan yang hingga dua kali ukuran mereka sendiri. Sedangkan proses menyusui mereka biasanya berlangsung beberapa jam, kata para peneliti. Meskipun laba-laba pemakan ikan dapat ditemukan di semua benua kecuali Antartika, mereka yang paling lazim berada di Amerika Utara, terutama di lahan basah Florida.

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan