Bacalah Ini! Jika Anda Bingung pada Hidup Anda - Vidhian Jaya

Jumat, 22 Agustus 2014

Bacalah Ini! Jika Anda Bingung pada Hidup Anda

Dalam hidup terkadang kita menemukan jalan buntu, persimpangan jalan, atau mungkin jalan yang tampaknya tidak ke mana-mana. Tak peduli sekarang anda berada pada tahap mana, bila anda tidak puas dengan hal tersebut, atau tidak yakin untuk melanjutkannya, maka ada baiknya anda mengevaluasi hidup anda kembali.
Ilustrasi Pilihan Jalan Hidup
Ilustrasi Pilihan Jalan Hidup

Sedikit bercerita sejenak, ketika saya masih duduk di bangku SMP, saya sempat berpikir bahwa saya harus memilih jalan karir di mana saya akan senang di tahun-tahun kemudian dalam hidup saya. Menurut anda apakah itu bayangan yang memberatkan? Bagaimana untuk mengetahui apa yang akan membuat kita bahagia, terlebih bila kita masih berumur muda dan masih menikmati sensasi bermain dan berteman. Kita mungkin tidak tahu apa yang nanti akan membuat kita bahagia bahkan lima tahun dari sekarang, itu karena bagian dari rahasia takdir. Akan tetapi kita bisa tahu apa yang dapat membuat kita bahagia sekarang, atau pada kondisi saat ini.

Kita menyadari bahwa hidup kita ini bagian dari sebuah misteri. Hidup ini sering kali tentang membuat pilihan, mencoba hal-hal baru dan menyadari tentang hal yang tidak anda inginkan. Bersamaan dengan kegiatan dan waktu yang terus berjalan maju kita turut mendapatkan berbagai pelajaran, pengalaman, masalah, dll, hingga nantinya jawaban dari kehidupan yang kita alami. Terkadang memang sulit untuk mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan, dalam hal ini apakah itu salah atau benar, apakah itu sesuai keinginan atau sesuai dengan hal lain, dan sebagainya. Banyak hal yang membuat kita bingung dalam menjalani hidup. Mungkin bacaan berikut dapat membantu anda dalam menjawab kebingungan dalam menjalani hidup anda:

Anda Tidak Tahu Masa Depan Secara Keseluruhan

Ingatlah, anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan sepenuhnya. Anda mungkin dapat membuat harapan, cita-cita, prediksi yang dapat tercapai, namun mungkin saja tidak. Hidup ini penuh lika-liku menarik, terlebih jika kita terus-menerus mengejar hal-hal yang kita nikmati baik itu pekerjaan atau hobi. Hal itu akan membuat perjalanan menarik dan lebih menyenangkan. Mungkin sekarang anda sedang menikmati membuat desain, dan mungkin anda bisa menjualnya. Maka dalam beberapa tahun ke depan, anda mungkin menjadi seorang desainer yang sukses atau justru mungkin telah pindah ke kerajinan lain. Itu tidak menjadi masalah. Anda memiliki pengalaman mendesain untuk terlibat kembali dan membantu anda dengan proyek-proyek lain di masa depan. 

Cobalah Untuk Nyaman Dengan Ketidaknyamanan

Terkadang hidup tidak nyaman. Kadang-kadang kita tidak memiliki cukup uang untuk melakukan semua hal yang ingin kita lakukan. Jika anda memiliki sesuatu yang benar-benar ingin dikejar, maka anda harus dapat hidup dengan beberapa jumlah ketidaknyamanan untuk melakukan hal itu. Sebagai gambaran, saya ingin menjadi petani di daerah pelosok. Untuk melakukan itu, saya harus meninggalkan keteraturan hidup, rumah di kota yang sederhana dan memindahkan keluarga saya ke daerah yang subur. Kami tidak memiliki air atau listrik dan rumah kami jauh lebih kecil dari rumah tua sebelumnya. Tetapi kami tidak keberatan atas ketidaknyamanan tersebut karena kita hidup di tempat yang indah dan saya bisa mengejar mimpi saya. 

Hidup Ini Tidak Pasti, Jalani Saja Itu

Bayangkanlah jika hal ini terjadi pada anda:
Saya berpikir saya memiliki semuanya. Saya punya pekerjaan yang besar dan sebuah rumah besar. Kemudian saya dipecat, kehilangan rumah saya dan berbalik semuanya hanya dalam minggu yang sama. Lalu saya mengetahui istri saya hamil, sehingga mencoba menenangkan diri selama seminggu. Saya berbaring di sofa selama beberapa hari, merasa tertekan, akan tetapi kemudian kami mendapatkan jawabnya bersama-sama. Kami membuat rencana dan pindah ke desa, mengambil ketidakpastian dan menjalankannya dengan lapang dada.
Kita perlu menyadari bahwa setiap hal yang buruk adalah kesempatan untuk membuat sesuatu lainnya yang baik. 

Atasilah Gangguan, Berhenti Menunda-nunda

Anda tidak semakin muda. Jika anda tidak mulai mengambil waktu untuk mengejar impian, anda mungkin menemukan diri anda sendiri di akhir hidup dengan tanpa apa-apa untuk ditunjukkan melainkan lebih banyak posting di sosial media dan mungkin dengan beberapa acara TV yang harus ditonton. Jika anda serius tentang mengejar mimpi - apakah itu menjadi perancang desain, menjadi seorang teknisi profesional, menjadi pengajar, menjadi pengusaha kaya dan terkenal, anda lebih baik menyegerakannya. Mengambil langkah-langkah pertama, mengurangi membuang waktu dan mulai bekerja. Anda tidak akan ke mana-mana jika hanya berpikir tentang betapa hebatnya anda. 

Tanyakan Pada Diri Anda Beberapa Pertanyaan

Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tanyakan pada diri anda pertanyaan besar dan beberapa pertanyaan ringan seputar diri anda. Pelajari tentang diri anda sendiri lalu renungkanlah. Tuliskan hal-hal yang menarik dan hal-hal di mana anda dapat melihat diri sendiri melakukannya tanpa khawatir masalah waktu dan uang. Bermimpilah besar, tenangkan pikiran dan benar-benar bayangkan diri anda melakukan hal-hal tersebut. 

Bantu atau Ikuti Seseorang

Jika ada pekerjaan atau hobi yang menarik bagi anda, misalnya dari perawat hewan hingga menjadi penjaga kebun binatang, jadilah relawan atau pengikut kerja dan lihat apakah itu sebuah pekerjaan yang benar-benar ingin anda lakukan. Semua mimpi di dunia ini tidak akan membantu jika anda tidak pergi bertindak dan bekerja. Kadang-kadang, kita berpikir kita ingin melakukan sesuatu dan kemudian setelah mencobanya, kita menyadari itu mungkin bukan jenis pekerjaan yang kita sukai setelah semua yang kita lakukan. Atau mungkin akan lebih terlibat daripada kita menyadarinya. Sangat penting untuk mendapatkan pengalaman langsung dan banyak belajar dengan mereka yang memiliki pengalaman teknis sebelum kita menyerahkan hidup kita saat ini untuk mengejar mimpi. 

Simpan Inventaris / Menabunglah

Jika anda perlu pindah atau pergi ke sekolah untuk mengejar mimpi baru, itu mungkin dapat tercapai bila mendapatkan pekerjaan untuk melakukan sesuatu apa pun dan menyimpan uang yang memungkinkan anda untuk melakukannya. Saya bekerja selama bertahun-tahun menulis dan mengedit portofolio dan saya sekarang bisa menulis dan mengedit artikel dari tempat sederhana saya, dibayar, dan menggunakan uang itu untuk membayar peralatan dan makanan yang saya perlukan untuk menjalankan tim saya. Apakah saya senang jika dapat menghasilkan uang hanya dari pekerjaan lain? Tentu. Tapi itu tidak mungkin sekarang sementara aku sedang membangun dan melatih tim saya. Saya tidak memiliki reputasi di bidang lain tersebut, tapi saya punya reputasi lebih baik secara tertulis. Jadi saya melakukan satu pekerjaan yang saya suka untuk membayar yang lain. 

Tanggapi Suatu Peluang

Peluang dapat mengejutkan secara tiba-tiba tetapi jika anda tidak menjawabnya, bagaimana anda bisa mengambil keuntungan dari itu? Anda harus mengambil peluang ketika mereka disajikan kepada anda. Kadang-kadang itu bukan waktu yang tepat, tapi itu tidak masalah. Peluang terjadi ketika mereka terjadi. Tanggapi peluang tersebut atau peluang yang mungkin ada malah justru diambil oleh orang lain. 

........................................................................................................................

Hal paling penting untuk diingat ketika mencoba untuk mencari tahu apa yang anda lakukan dengan hidup anda adalah bahwa tidak ada tindakan merupakan tindakan dalam dan dari diri sendiri. anda harus membuat keputusan dan mencoba hal-hal baru - bahkan jika nanti anda menjadi membenci mereka atau ingin melakukan sesuatu yang lain. Pada akhir hidup anda, anda tidak akan begitu menyesal mencoba hal-hal dan gagal, tetapi anda akan sangat menyesal jika tidak pernah mencoba sama sekali. 

Jalani Hidup Anda Semaksimal Mungkin dan dengan Hati yang Lapang

Diperbarui pada 19 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan