Aplikasi Password Manager KeePass - Membantu Mengelola Password - Vidhian Jaya

Sabtu, 04 Februari 2017

Aplikasi Password Manager KeePass - Membantu Mengelola Password

Kamu pasti memerlukan password untuk dapat login/sign in pada beberapa jaringan, seperti windows, akun email, forum, ftp, dan banyak situs online lannya. Selain itu kamu harus menggunakan password yang berbeda untuk setiap akses/akun sebagai perlindungan efektif, karena bila hanya menggunakan satu password saja dan bila seseorang mendapatkan password, kamu bakal punya masalah besar. Seseorang tersebut akan dapat memiliki akses ke akunmu yang lain, bisa email, situs online, atau bahkan mungkin bank. Lalu apakah kamu perlu mengingat banyak password atau kata sandi?
KeePass Logo
KeePass Logo

Jika harus mengingat password yang jumlahnya sangat banyak pasti akan menyusahkan, apalagi jika password tersebut cukup sulit dan kamu rutin menggantinya. Ada solusi untuk membantumu mengelola password yang begitu banyak, salah satunya yaitu menggunakan aplikasi/software password manager. Kami melalui artikel ini akan mengenalkan tentang aplikasi password manager yaitu KeePass Password Manager.
KeePass Password Database
KeePass Password Database

KeePass adalah salah satu aplikasi open source pengelola password, yang akan membantumu mengelola password dengan cara yang mudah, praktis dan aman. Kamu bisa menyimpan semua kata sandi atau password yang kamu punya hanya dalam satu database, yang dapat dikunci dengan satu master password dan atau file kunci. Jadi benar-benar praktis dan mudah karena kamu hanya perlu menghafal satu master password dan atau hanya memilih file kunci untuk membuka seluruh database.
Selain itu juga aman karena database dienkripsi menggunakan algoritma enkripsi yang terbaik dan paling aman saat ini.
Penggunaan Master Password KeePass
Penggunaan Master Password KeePass

Selain keuntungan di atas ada beberapa keuntungan lain yang kamu dapat bila menggunakan KeePass, antara lain tertera pada fitur-fitur di bawah ini:
  • Memiliki keamanan yang kuat
  • Mampu menampung beberapa user key
  • Aplikasi portabel dan mudah diakses
  • Dapat diinstall di berbagai perangkat
  • Tidak memerlukan instalasi tambahan
  • Berbagai macam cara untuk transfer data
  • Dapat diekspor ke file txt, html, xml, dan csv
  • Mudah dalam transfer database
Menambahkan Password di KeePass
Menambahkan Password di KeePass

  • Mendukung grup password dengan ikon
  • Menyertakan informasi waktu dan komentar
  • Penanganan clipboard yang aman dan intuitif
  • Memungkinkan auto type, hotkey dan drag & drop
  • Dapat mencari dan mengurutkan password
  • Memiliki password generator yang baik
  • Memiliki dukungan plugin dan multi bahasa
  • Merupakan aplikasi open source
KeePass Password Generator
KeePass Password Generator

Keuntungan yang kamu dapat dari penggunaan KeePass dapat kamu peroleh secara gratis, dan lebih dari itu KeePass adalah aplikasi open source (bersertifikat OSI). Kamu dapat melihat-lihat pada situs resminya dan memeriksa apakah algoritma enkripsi bekerja dengan benar atau tidak. Aplikasi ini tidak akan menyimpan databasemu di cloud/internet, terkecuali kamu menguploadnya atau ada malware yang menguploadnya tanpa ijin.

Kekurangan dari KeePass juga ada yaitu membutuhkan waktu untuk memulai, dengan antarmuka awal yang mungkin membingungkan bagi beberapa pemula. Akan tetapi jika dipelajari lebih lanjut KeePass adalah aplikasi yang praktis, dan bila kamu butuh bantuan di sana tersedia pusat bantuan tersedia untuk membantu ketika kamu menjumpai kesulitan.

KeePass ini tersedia di berbagai perangkat seperti PC (Windows, Linux, dan Mac) dan juga tersedia di Smartphone (Android, Ipad, Iphone). Ukuran satu aplikasi ini cukup kecil karena tidak membutuhkan memori yang banyak. Untuk informasi lebih lanjut dan jika kamu ingin mendownloadnya kamu dapat mengunjungi situs resminya, yaitu di http://www.keepass.info/ atau https://sourceforge.net/projects/keepass/

Diperbarui pada 5 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan