Cara Membuat Blog Baru di Blogger - Vidhian Jaya

Sabtu, 11 Februari 2017

Cara Membuat Blog Baru di Blogger

Jika kamu suka menulis dan berbagi tulisan maka blog akan menjadi salah satu sarana yang tepat bagimu. Tulisan kamu yang mungkin berisi ide, cerita, bahasan, review dan sebagainya bakal punya kesempatan dibaca oleh orang banyak. Hal itu tentu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi penulis, jika tulisannya mampu dihargai dan bermanfaat bagi sesama. Sebelum memulai aktivitas blogging, sudahkan kamu tahu tentang blog dan aktivitas blogging? Jika belum tahu mari kita bahas sejenak.

Dimulai terlebih dahulu dari aktivitas blogging, yang merupakan aktivitas terpopuler yang dilakukan oleh para penulis bebas. Sekarang ini bahkan diperkirakan jutaan blog telah berhasil terbuat dan eksis di internet. Aktivitas blogging sebenarnya termasuk dalam aktivitas menulis, karena sebagian besar aktivitasnya yaitu membuat tulisan lalu mempublikasikan hingga membagikannya. Hal yang membuat aktivitas blogging berbeda dengan kegiatan menulis lainnya yaitu tempat menulisnya, jenis tulisannya, dan gaya menulisnya. Blogging menggunakan media blog sebagai tempat mempublikasikan tulisan-tulisan bertopik tertentu dengan gaya tulisan yang cenderung bebas, tidak formal dan interaktif.

Selanjutnya istilah blog, asal muasal istilah blog dulu sebenarnya berasal dari istilah web log, yaitu aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan yang dimuat sebagai pos pada sebuah halaman web. Ciri blog yang umum adalah tulisan-tulisannya dimuat dengan urutan seperti halnya log (catatan yang terikat waktu contohnya catatan perjalanan), biasanya dari yang terbaru terlebih dahulu dan diikuti yang lebih lawas. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan web, atau situs jika dilihat. Blog dapat dikatakan sebagai bagian dari web, namun web belum tentu sebuah blog.

Blog yang berada di internet sangat bermacam-macam, jika dilihat dari topik tulisan yang dimuat atau dibahas dalam blog maka blog dapat berisi topik-topik tentang: agama, bisnis, direktori (daftar), hukum, kesehatan, lingkungan, media, mode, pendidikan, perjalanan, politik, pribadi, riset, sastra, sosial, teknologi, tutorial dan topik-topik tertentu lainnya. Ada juga blog yang tujuannya digunakan untuk hal yang tidak baik, seperti halnya blog dewasa, blog malware, blog spam, blog virus, dll. Blog tidak harus memfokuskan pada topik tertentu tapi boleh juga membahas tentang berbagai topik, biasanya adalah topik-topik yang disukai oleh penulis blog tersebut.
Blogger
Blogger

Apabila kamu tertarik dalam aktivitas blogging maka kamu dapat mulai membuat blog. Banyak platform web yang menyediakan layanan blog, seperti blogger, wordpress, tumblr, dsb. Salah satu yang terpopuler adalah blogger milik google, platform ini banyak digunakan oleh blogger pemula hingga profesional. Blogger menjadi populer karena merupakan salah satu pelopor berkembangnya aktivitas blogging, selain itu dalam penggunaannya gratis, mudah digunakan, dan dapat dikustomisasi.

Nah kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara membuat blog pada blogger. Untuk membuat blog di blogger kamu harus memiliki akun google terlebih dahulu. Jika kamu sudah punya akun google maka kamu bisa langsung membuat blog baru di blogger. Namun jika kamu belum memiliki akun google kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat blog baru di blogger:

1. Buka alamat https://blogger.com di browser.
2. Klik tombol "Buat Blog" atau tombol "Masuk".
Halaman Utama Blogger
Halaman Utama Blogger

3. Masuk ke akun google kamu, masukkan email dan kata sandi.
Masuk Akun Google
Masuk Akun Google

4. Lalu klik tombol "Buat Blog Baru" dan akan muncul form pembuatan blog baru.
Buat Blog Baru
Buat Blog Baru

Catatan: Sebaiknya sebelum membuat blog kamu memikirkan terlebih dahulu blog dengan topik apa yang ingin kamu buat.
Form Pembuatan Blog Baru
Form Pembuatan Blog Baru

5. Isi judul blog kamu, tidak perlu bingung karena judul dapat diganti kemudian.
6. Tentukan alamat blog kamu, dan muncul kalimat bahwa alamat blog kamu tersedia. Tipsnya gunakan nama yang unik, mudah dihafal, dan sesuai dengan topik blog kamu. Alamat blog dapat diganti dikemudian hari.
7. Pilih template awal blog kamu, apakah sederhana, tampilan dinamis, jendela gambar, keren sekali, tanda air, kelembutan atau perjalanan. Kamu dapat mengunggah atau mengedit template blog kamu secara lebih lanjut kemudian.
8. Klik tombol "Buat Blog!"
9. Blog kamu telah berhasil dibuat.

Setelah blog kamu berhasil dibuat, selamat karena kamu telah mengambil tindakan pertama, namun blog kamu masih kosongan. Selanjutnya kamu dapat melakukan berbagai hal dengan blogmu, seperti: membuat tulisan, mengatur blog, mendesain template blog, mempromosikan blog hingga memperoleh penghasilan dalam blog. Namun bagi kamu blogger pemula maka kamu perlu belajar dasar-dasar blogging terlebih dahulu.

Diperbarui pada 11 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan