Cara Membuat Laman Statis Blog di Blogger - Vidhian Jaya

Kamis, 16 Februari 2017

Cara Membuat Laman Statis Blog di Blogger

Laman di blog dapat juga disebut sebagai laman statis atau halaman statis. Terdapat kata statis yang berarti diam, tetap atau konsisten. Hal tersebut sesuai dengan kondisi pada laman blog, dimana tidak terikat dengan waktu atau jadwal publikasinya. Laman dengan pos di blogger adalah hal yang berbeda, meski memiliki cara pengisian dan format konten yang sama. Hal yang membedakan keduanya adalah fleksibilitasnya, jika pada pos maka akan terikat dengan waktu publikasi seperti tahun dan bulan dan akan tercantum dalam arsip blog, sedangkan pada laman tidak terikat waktu dan seakan-akan berdiri sendiri di bawah domain. Selain itu perbedaan juga terlihat pada URL masing-masing, postingan akan memiliki URL (http://nama.blogspot.com/tahun/bulan/judul.html) sedangkan pada laman akan memiliki URL (http://nama.blogspot.com/p/judul.html).

Perbedaan laman dengan postingan selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk halaman-halaman tertentu yang berdiri sendiri, bukan merupakan pos yang harus diupdate atau sebagainya. Misalnya penggunaan laman untuk halaman about (tentang), kontak, kebijakan privasi, disclaimer, bantuan, peta situs, syarat ketentuan, promosi, halaman pembayaran, dan sebagainya. Contoh-contoh halaman tersebut nantinya tidak akan muncul pada arsip pos blog, dan juga tidak muncul pada feed rss. Tautan laman dapat ditambahkan pada tempat yang diinginkan, misalnya pada menu navigasi blog, pada tombol, pada footer, dsb.
Membuat Laman Blog di Blogger
Membuat Laman Blog di Blogger

Selanjutnya jika kamu ingin membuat laman statis pada blog kamu seperti halaman kebijakan privasi, kamu dapat membaca petunjuk cara membuat laman statis blog di blogger berikut ini:
  1. Kunjungi blogger.com dan masuk menggunakan akun googlemu.
  2. Pilih "Laman" pada menu bilah samping kiri blogger.
  3. Setelah halaman pembuatan laman terbuka, lalu tuliskan "Judul" untuk laman kamu.
  4. Setel lamanmu dengan "Setelan laman" seperti "Deskripsi Penelususan" atau "Pilihan".
  5. Silahkan isi laman dengan konten yang kamu inginkan, boleh dengan mode "Compose" atau "HTML". Cara mengisi laman dengan konten sama dengan cara mengisi konten pada pos.
  6. Apabila konten kamu sudah jadi dan siap dipublikasikan, maka kamu dapat meninjau dengan "Pratinjau" terlebih dahulu atau dapat langsung mempublikasikan dengan "Publikasikan". Namun jika kamu belum selesai kamu dapat menyimpan dengan "Simpan" laman kamu.
Halaman Pembuatan Laman Blog
Halaman Pembuatan Laman Blog

Sebenarnya untuk membuat laman mirip dengan pembuatan pos di blog, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya yaitu:

1. Menentukan Judul
Menentukan judul laman sama dengan menentukan alamat laman, artinya judul laman pertama kali secara otomatis akan menentukan alamat laman kamu. Misalnya kamu memberi judul "Halaman Kebijakan Privasi Situs" maka apabila laman tersimpan atau dipublikasikan, alamat laman menjadi "http://judulblog.blogspot.com/p/halaman-kebijakan-privasi-situs.html". Selanjutnya kamu tidak dapat mengubah alamat laman tersebut, untuk menggantinya kamu perlu buat laman baru. Kamu perlu menentukan judul sebelum masuk ke pembuatan laman, silahkan tentukan judul yang singkat, padat dan jelas.

2. Setelan laman
Setelan laman hanya ada dua yaitu deskripsi penelusuran dan pilihan, tidak ada setelan laman untuk label, jadwal publikasi, link (tautan permanen/permalink), dan lokasi. Kamu tidak perlu repot menentukan label, jadwal dan lokasi, namun kamu hanya perlu memperhatikan judul karena tidak adanya setelan link. Sedangkan setelan laman yang tersedia tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Deskripsi Penelusuran
Deskripsi penelusuran adalah deskripsi singkat tulisan yang kamu publikasikan, deskripsi ini nantinya akan tampil pada halaman penelusuran. Jika tidak diisi maka biasanya deskripsi penelusuran akan mengambil beberapa kata/kalimat awal dalam tulisan tersebut, atau bisa juga mengambil deskripsi blog. Pada praktik SEO, deskripsi penelusuran ini perlu diisi agar dapat memaksimalkan pencarian.

Pilihan
Pilihan digunakan untuk pengaturan-pengaturan lain dalam tulisan, dalam pilihan kamu dapat mengatur komentar pembaca, mode tulis, dan baris baru. Dalam pengaturan komentar pembaca, kamu dapat memilih apakah memperbolehkan komentar pada laman atau tidak. Dalam pengaturan mode tulis, kamu dapat memilih menunjukkan HTML apa adanya atau menafsirkan HTML yang diketik secara otomatis. Lalu pada pilihan baris baru, kamu dapat mengatur bagaimana cara kamu dalam membuat baris baru, khususnya pada mode HTML. Jika memilih menggunakan "Tag" maka kamu perlu menambahkan tag baris baru pada HTML, namun jika memilih "Enter" maka kamu cukup menekan enter untuk membuat baris baru.

Kiranya seperti itu cara membuat laman statis blog di blogger. Tidak banyak perbedaan dengan pembuatan pos di blogger, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.


Diperbarui pada 16 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan