Istilah-Istilah Lainnya yang Terkait Anime dan Manga Jepang - Vidhian Jaya

Jumat, 03 Februari 2017

Istilah-Istilah Lainnya yang Terkait Anime dan Manga Jepang

Dalam anime maupun manga terkadang muncul istilah-istilah yang baru atau khas yang mungkin jarang digunakan pada kehidupan sehari-hari. Atau mungkin istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia anime maupun manga. Pada pos sebelumnya telah membahas tentang sebagian istilah-istilah yang sering muncul di anime, manga atau kehidupan di Jepang. Nah, ternyata istilah-istilah yang ada masih banyak, maka melalui pos ini akan dilanjutkan pembahasan istilah-istilah yang terkait anime, manga di Jepang. Berikut adalah istilah-istilah lainnya:

Ago-kui

Ago-kui
Ago-kui

Istilah ini berasal dari kata "ago" yang berarti dagu, dan "kui" yang merupakan onomatopoeia untuk suara mengangkat dagu. Ago-kui adalah istilah yang merujuk pada kegiatan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk dan dengan pelan mengangkat dagu seseorang, biasanya dilakukan laki-laki kepada perempuan. Gerakan kecil ini dianggap langkah romantis sebelum kabe-don, dan dapat memberikan kesan bahwa ciuman dapat terjadi beberapa saat kemudian.

Animelo

Animelo atau Animelo Summer Live adalah konser anime terbesar di Jepang yang dilakukan tiap tahunnya. Konser ini pertama kali diadakan saat musim panas di tahun 2005. Dalam kegiatan animelo, ada istilah anisama yang digunakan untuk menyebut pelaku dari animelo.

Buchinuki

Dalam manga, buchinuki mengacu ke halaman di mana karakter digambar dengan mengabaikan atau menindih panel komik sebagai penekanan.

Byojaku

Dalam dunia anime, manga, dan novel Jepang, karakter byojaku adalah karakter yang sering mengalami sakit, atau memiliki riwayat penyakit. Karakter byojaku biasanya memiliki wajah yang pucat, lemah, lemas dan sering terlihat di rumah sakit.

Chuunibyou

Chuunibyou berdasarkan literatur artinya penyakit tahun kedua siswa sekolah menengah atau sindrom kelas delapan. Chuunibyou adalah istilah untuk menyebut kecenderungan karakter saat berpura-pura menjadi karakter yang dibuat-buat dari fantasi, seperti vampir, hantu, malaikan, penyihir, alien, prajurit, pahlawan, atau orang berkemampuan khusus. Karakter chuunibyou sering membayangkan dirinya memiliki kekuatan magis, kekuatan super, atau item tertentu. Seorang chuunibyou cenderung memiliki gaya bicara unik, berpakaian ala gothic, dan terkadang memakai aksesoris untuk mewakili fantasi mereka, seperti perban, penutup satu mata, gelang, kalung, dsb.
Chuunibyou
Chuunibyou

Istilah chuunibyou ini mengacu pada anak-anak berusia 12-14 tahun, tetapi juga dapat digunakan untuk menggambarkan karakter yang menunjukkan sifat-sifat ini tanpa memandang usia mereka yang sebenarnya. Istilah ini diyakini telah diciptakan oleh Hikaru Ijuin pada tahun 1999, dan pada awalnya ditujukan untuk menggambarkan orang-orang yang berpura-pura menjadi dewasa di tahun kedua mereka saat sekolah menengah.

Cours

Cours adalah istilah untuk menyebut beberapa episode yang tergabung, biasanya identik dengan sebutan season. Satu cour di Jepang umumnya terdiri dari 12-14 episode yang tayang selama sekitar 3 bulan.

Dojikko

Dojikko
Dojikko

Sebuah dojikko dalam budaya otaku, mengacu pada perempuan yang sangat kikuk. Doji dalam bahasa Jepang berarti "blunder". Dojikko sering digunakan untuk menyebut karakter yang melakukan kesalahan bodoh, contohnya seperti menumpahkan minuman, jatuh tersandung, jatuh terpleset, dsb.

Drama CD

Drama CD merupakan CD berisi dialog-dialog yang dilakukan oleh seiyuu, biasanya berupa kumpulan percakapan para seiyuu dari internet radio CD, pemeranan yang didasarkan pada alur novel ringan yang dilengkapi dengan efek suara, atau bisa juga sebagai tambahan obrolan ringan karakter tersebut.

Eyecatch

Eyecatch adalah tampilan-tampilan yang sering muncul di pertengahan anime, biasanya berupa gambar atau video pendek dengan diiringi musik. Eyecatch biasa berisi karakter anime, adegan tertentu atau hanya logo anime dengan disertai gambar latar belakang. Aslinya sebenarnya eyecatch muncul sebelum dan sesudah penayangan iklan TV, namun dalam video iklan-iklan sering sekali dipotong atau dihilangkan.

Fandub

Fan dub atau fans dubbing menggambarkan sebuah film pendek atau video yang mana oleh penggemar sudah diterjemahkan dan diisi suara menggunakan bahasa mereka sendiri, bukannya bahasa asli video tersebut berasal.

Fansub

Fansub atau fans-subtitle menggambarkan sebuah film atau video yang mana oleh penggemar sudah ditambahkan subtitle dialog menggunakan bahasa lain atau bahasa mereka sendiri, berbeda dengan bahasa asli video tersebut berasal. Kebanyakan video-video anime yang beredar di Indonesia adalah video fansub.

Flag

Istilah flag sendiri sebenarnya memiliki artian secara bebas. Istilah flag dapat berarti suatu tanda akan munculnya suatu peristiwa yang berhubungan dengan sesuatu di mana tanda tersebut merupakan peristiwa penting yang menuju ke suatu alur akhir cerita. Permainan permainan seperti eroge kadang-kadang membutuhkan suatu persyaratan agar dapat memunculkan alur akhir dari karakter tententu, dan munculnya peristiwa-peristiwa penting yang menandai keberhasilan syarat tersebut disebut flag.

Gaiden

Gaiden adalah kata bahasa Jepang yang berarti "sisi cerita" atau "dongeng", yang digunakan untuk merujuk ke sebuah anekdot atau biografi tambahan dari seseorang. Penggunaan Gaiden umumnya digunakan dalam fiksi populer Jepang untuk menyebutkan tambahan dari karya yang sudah diterbitkan sebelumnya, yang mungkin secara tidak resmi dianggap sebagai sekuel atau prekuel. Tambahan yang dimaksud biasanya terfokus pada hal khusus, atau membahas secara lebih rinci terhadap suatu aspek dari karya aslinya, misalnya topik, karakter, acara, atau sudut pandang tertentu. Terkadang beberapa Gaiden menceritakan kembali cerita dalam perspektif karakter yang berbeda, hampir mirip dengan kilas balik.

Galge

Galge adalah sebuah permainan simulator berkencan yang menggunakan grafis anime atau dua dimensi. Galge sebagaimana cerita yang memiliki alur yang perlu dibaca dan dipilih. Pada dasarnya game ini berbasis fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar statis dan dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi setiap karakter. Terkadang game galge juga dilengkapi dengan efek-efek seperti sedikit gerakan maupun suara sehingga karakter seolah-olah adalah karakter hidup dan dapat berbicara.

Gyaku-gire

Gyaku-gire merupakan peristiwa di mana orang yang seharusnya terkena marah karena perbuatan/kelalaiannya, namun yang terjadi adalah sebaliknya di mana orang tersebut malah berbalik marah dan bukannya meminta maaf.

Ikemen

Kata ikemen ini berasal dari bahasa Jepang yaitu ikeru, iketeru yang artinya keren, baik, menarik, dan juga dari bahasa Inggris yaitu men yang berarti laki-laki. Seorang ikeman adalah laki-laki yang tampan, keren, baik dan menarik perhatian perempuan. Kata ikemen adalah kata baru yang muncul sekitar tahun 2000.

Itasha dan Itansha

Itasha secara harfiah artinya mobil penuh warna. Dalam dunia otaku, itasha digunakan untuk menyebut dekorasi bodi mobil dengan tampilan karakter fiksi dari manga, anime atau video game. Umumnya karakter yang ditampilkan adalah karakter-karakter perempuan cantik atau manis. Sedangkan Itansha merupakan istilah yang digunakan pada sepeda motor, sering juga disebut itachari.


Kabe-don

Kabe-don
Kabe-don

Dalam bahasa Jepang, kabe adalah dinding, dan don adalah suara saat menampar dinding. Secara harfiah kabe-don menggambarkan tindakan menampar/memukul dinding dengan keras. Salah satu makna menampar dinding yaitu sebagai protes yang terjadi di perumahan bersama seperti kondominium ketika kamar sebelah membuat kebisingan.
Kabe-don
Kabe-don


Arti lain adalah ketika seorang pria memojokkan seorang perempuan di dinding dengan satu tangan atau membuatnya bersandar di dinding dan membuat suara menampar dinding, sehingga memaksa perempuan untuk tidak pergi kemana-mana. Hal ini telah menjadi populer saat ini sebagai langkah cerdik pengakuan.


Kemono

Kemono berdasarkan literatur artinya bintang. Kemono merupakan genre seni Jepang dan desain karakter yang menonjolkan fitur antropomorfisme atau karakter fiksi seperti halnya hewan atau makhluk lain dalam pengaturan dan situasi seperti halnya manusia.

Loli

Loli
Loli

Loli merujuk pada karakter perempuan yang memiliki badan anak kecil atau anak di bawah umur. Perlu diketahui bahwa karakter loli tidak harus benar-benar di bawah umur, namun lebih kepada ukuran badannya yang kecil, tidak bertambah tua dan pertimbangan lainnya. Loli lebih sebagai sebutan bagi perempuan berbadan kecil.


Lolicon


Lolicon adalah wacana Jepang atau fokus media pada daya tarik kepada gadis-gadis muda atau praremaja. Istilah lolicon merupakan kependekan dari "lolita complex", yang menggambarkan daya tarik terhadap gadis-gadis muda atau praremaja.

MAD Film

MAD Film adalah video buatan fans, seperti anime music video (AMV) yang umumnya berasal dari situs Jepang NicoNico. MAD juga dapat merujuk pada komunitas AMV Jepang, meskipun mereka bisa apa saja mulai dari klip audio, gambar editan, hingga karya asli. MAD sebenarnya tidak harus selalu berhubungan dengan anime, meskipun kenyataannya populer bersama anime.

Manzai, Boke dan Tsukkomi

Manzai
Manzai

Manzai adalah seni melawak yang berasal dari daerah Kansai, Jepang. Pertunjukan Manzai biasa dilakukan oleh dua orang yang bercakap-cakap di depan penonton untuk menceritakan cerita yang lucu, janggal, aneh, atau tidak masuk akal dengan irama bicara seperti bersahut-sahutan. Dua orang yang bercakap-cakap tersebut disebut Tsukkomi dan Boke. Tsukkomi adalah pemegang peran si pintar, dan berfungsi sebagai pengumpan. Sedangkan Boke adalah pemegang peran si bodoh yang terus menerus berbicara agar penonton dapat tertawa.

Mihiraki

Mihiraki adalah istilah untuk menyebut sebuah adegan manga, yang biasanya berupa satu gambar tunggal, tersebar atau terbentang untuk menutupi dua halaman yang berlawanan.

Netorare (NTR)

Netorare secara harfiah berarti mengkhianati. Netorare merupakan semacam genre hentai di manga atau game di mana seorang tokoh utama perempuan yang disukai oleh tokoh utama telah diambil, dicuri atau dijamah oleh tokoh lain.

Odagiri Effect


Efek odagiri adalah sebuah fenomena televisi di mana program menarik yang lebih besar daripada jumlah yang diharapkan pada pemirsa perempuan karena bintang-bintang program merupakan aktor laki-laki atau karakter menarik. Nama hal tersebut diambil dari nama aktor Jepang, Joe Odagiri yang mana membintangi acara tokusatsu Kamen Rider Kuuga. Efeknya dengan sengaja disebutkan di beberapa acara, dan yang paling sering adalah pada anime bertema olahraga dan bertema idola.

Otomen

Otomen terdiri dari dua kata yaitu "otome" yang berarti gadis muda dan juga "men" yang berarti pria. Otomen digunakan untuk menyebut seorang pemuda dengan fisik laki-laki namun memiliki hati yang seperti perempuan, contohnya kalem, lembut, baik hati, pemalu, dsb.

One True Pairing (OTP)

One true pairing adalah sebutan untuk pasangan romantis terfavorit. Istilah ini biasa digunakan oleh fans.


One True Threesome (OT3)

One true threesome adalah sebutan untuk pasangan tiga orang yang favorit. Istilah ini biasa digunakan oleh fans. Dalam beberapa konteks OT3 sering disamakan dengan trio atau trinity favorit.
Note: Selain OTP dan OT3, terkadang ada juga OT4, OT5, OT6 hingga OTE (One True Everyone), tergantung berapa banyak pasangan favorit.

Scanlation

Scanlation adalah pemindaian, penerjemahan dan editing komik dari satu bahasa ke bahasa lain. Scanlation biasanya dilakukan secara amatir dan sering dilakukan tanpa perijinan dari pemegang lisensi resmi.

Seifuku

Seifuku adalah seragam sekolah di Jepang yang dimodelkan mirip dengan seragam angkatan laut gaya Eropa. Model ini pertama kali digunakan di Jepang pada akhir abad ke-19. Secara umum, seifuku diartikan sebagai jenis seragam sekolah.

Sekaikei

Sekaiker adalah anime dengan plot dari sudut pandang orang pertama dan kedua. Umumnya karakternya terdiri dari hero (saya), heroine (kamu), dan dunia tempat mereka tinggal. Biasanya menceritakan heroine yang tindakannya dapat mempertahankan atau mengubah dunia, dan karakter utamanya biasa mendukung sang heroine.

Weabo (Wibu)

Weabo adalah perilaku yang tergila-gila dengan negeri Jepang, sering kali terhadap budayanya. Weabo sering disamakan dengan wapanese yang artinya "Want to be Japanese - Ingin menjadi orang Jepang" atau "Japanese Wannabe - Orang Jepang jadi-jadian". Weabo beberapa diantaranya dapat dianggap sebagai otaku ekstrim. Istilah weabo di Indonesia mungkin lebih dikenal sebagai wibu, dan kalau di meme Indonesia sering diplesetkan menjadi vvibu.

Zettai Ryouiki

Zettai Ryouiki
Zettai Ryouiki

Zettai ryouiki adalah gaya berpakaian dengan mengenakan kaos kaki tinggi dan hanya menyisakan sedikit kulit pada paha yang terlihat.

...................................................................................................................

Terkait istilah yang muncul pasti akan selalu bertambah karena budaya yang ada akan selalu berkembang. Mungkin dikedepannya akan banyak istilah tambahan yang akan muncul, jadi ikuti saja.

Diperbarui pada 5 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan