Istilah-Istilah Umum yang Terkait Anime dan Manga Jepang - Vidhian Jaya

Rabu, 01 Februari 2017

Istilah-Istilah Umum yang Terkait Anime dan Manga Jepang

Anime dan manga merupakan salah satu yang menjadi favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Selain sebagai hiburan, anime dan manga juga membawa banyak pelajaran, baik itu bahasa Jepang, budaya Jepang, dan sebagainya. Nah, terkait dengan bahasa Jepang, dalam anime maupun manga terkadang muncul istilah-istilah yang baru atau khas yang mungkin jarang digunakan pada kehidupan sehari-hari. Atau mungkin istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia anime maupun manga. Berikut ini adalah beberapa daftar istilah-istilah yang terkait dengan anime dan manga Jepang:

Istilah-Istilah Umum

4 koma/Yon koma

4 dalam bahasa Jepang dibaca dengan Yon. Yon koma adalah komik (manga) yang terdiri dari 4 panel yang besarnya sama. Empat panel tersebut dapat tersusun secara vertikal urut dari atas ke bawah, dan dapat juga secara 2 baris horisontal dari kanan ke kiri. Yon koma sering digunakan pada manga-manga tradisional dan manga-manga singkat.

Baka

Kata baka apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dapat berarti bodoh, idiot, konyol. Kalimat contohnya digunakan untuk mengungkapkan kekesalan karena seseorang tidak dapat memahami maksud sesuatu, terkadang juga digunakan untuk mengejek orang yang bertingkah aneh.

Chibi

Karakter chibi K-ON
Karakter chibi K-ON

Chibi merupakan sebutan bagi versi kecil dari suatu tokoh atau karakter. Chibi berbeda dengan kondisi tokoh atau karakter semasa kanak-kanak, tetapi dari versi besarnya diubah menjadi versi kecilnya. Karakter chibi biasanya memiliki ciri kepala yang besar dengan tubuh yang kecil dan detail yang tidak begitu banyak.

Cosplay

Cosplay merupakan singkatan dari Costume Play, yang secara harfiah berarti permainan kostum. Cosplay adalah kegiatan meniru tokoh atau karakter tertentu dari anime atau manga, biasanya seperti meniru kostum, perlengkapan, tata rias, gaya, gerakan dan bahkan sampai dengan beberapa adegan seperti dalam anime atau manga. Orang yang melakukan kegiatan cosplay disebut dengan cosplayer.

Doujinshi

Doujinshi merupakan karya yang dibuat oleh fans atau orang selain pengarang resminya. Karya doujinshi terinspirasi oleh anime atau manga tertentu, jadi penampilan karakter maupun jalan ceritanya mungkin berbeda dengan anime atau manga yang original.

Crossover

Crossover Toriko, Goku, Luffy
Crossover Toriko, Goku, Luffy

Crossover adalah sebutan bagi persilangan dua serial atau lebih, biasanya banyak dijumpai dalam doujinshi, meskipun ada pula yang sengaja dibuat oleh mangaka untuk memperingati peristiwa tertentu. Crossover dapat pula berarti suatu peran yang dilakukan oleh karakter dari seri yang berbeda.

Fanservice

Fanservice adalah materi-materi atau gambar yang muncul dalam anime atau manga yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jalan cerita, namun sengaja ditampilkan agar dapat menarik dan memuaskan pembaca.

Kawaii

Kata kawaii apabila diterjemahkan artinya bisa cantik, imut, lucu, dan menggemaskan. Kata kawaii sering ditujukan kepada perempuan, meski terkadang juga pada suatu benda yang dianggap lucu, imut atau menggemaskan.

Manga dan Mangaka

Manga adalah sebutan komik dalam versi Jepang, menggunakan bahasa dan gaya Jepang. Manga biasa dibaca dengan Man-ga. Sedangkan Mangaka adalah orang yang mengarang suatu manga.

Maid

Maid adalah sebutan bagi pelayan atau pembantu rumah tangga yang biasanya dipekerjakan di rumah-rumah bangsawan Inggris. Maid sebenarnya diambil dari bahasa Inggris namun seiring banyaknya anime atau manga yang menggunakan istilah ini, maka maid menjadi sangat populer di Jepang.

Maid Cafe

Maid Cafe in Anime
Maid Cafe in Anime

Sebagai imbas dari populernya karakter maid di Jepang. Maid dimanfaatkan untuk mengisi suatu kafe, sehingga muncullah maid cafe. Maid cafe adalah kafe atau restoran yang pelayannya menggunakan kostum ala maid dan melayani pelanggannya seakan-akan melayani tuannya di rumah.

Moe

Moe adalah istilah Jepang yang mengacu pada perasaan sayang utamanya terhadap karakter di anime, manga, video game, dan terkadang juga pada suatu benda. Moe juga dapat mengacu pada rasa gairah atau minat yang kuat terhadap karakter tertentu, seperti halnya dipakai untuk mengungkapkan kata manis dan imut.

Miko

Karakter Miko
Karakter Miko

Dalam ajaran Shinto, miko merujuk pada wanita kuil atau dalam artian pendeta wanita pendamping. Dulu miko pernah dipandang sebagai dukun, namun dalam budaya Jepang modern mereka dikenal berperan menjalankan pekerjaan adat di kuil sehari-hari, seperti dilatih melakukan tugas penyucian hingga melakukan tarian suci Kagura.

Mahou

Mahou merupakan istilah Jepang untuk menyebut suatu kekuatan di luar nalar, seperti sihir atau magic.

Neko

Neko merupakan bahasa Jepang dari kucing. Mengingat kucing merupakan salah satu hewan yang populer di Jepang, maka kata Neko sering sekali digunakan. Hal menarik tentang kucing di Jepang, suara kucing sering sekali ditulis dan dilafalkan dengan kata "nya/nyan", bukan "meow" seperti di Indonesia.

Otaku

Otaku pengertian awalnya adalah orang yang benar-benar menekuni suatu hobi, atau orang yang terobsesi dengan hobinya. Namun seiring populernya manga dan anime maka otaku sering dikaitkan dengan orang-orang yang menggemari manga (manga otaku) dan anime (anime otaku). Ciri mencolok dari otaku diantaranya adalah gemar mengoleksi figur tokoh, menggemari cosplay, dan memiliki merchandise yang relatif banyak.

OVA

OVA merupakan singkatan dari Original Video Animation. OVA mengandung artian anime yang langsung diedarkan dalam bentuk format video tanpa disiarkan di TV atau bioskop.

OAD

OAD merupakan singkatan dari Original Animation DVD. Hampir sama seperti OVA, OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam bentuk kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser disc, CD dan kemudian DVD. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.

ONA

ONA merupakan singkatan dari Original Net Animation. ONA adalah anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media internet melalui situs streaming.

RAW

RAW bukanlah singkatan, istilah ini digunakan untuk manga atau anime yang masih mentah, atau dengan kata lain masih memakai bahasa Jepang tanpa subtitle.

Seiyuu

Seiyuu Karakter Anime One Piece
Seiyuu Karakter Anime One Piece

Seiyuu merupakan sebutan bagi pengisi suara karakter di anime maupun di video game. Seiyuu juga populer di Jepang, mereka memiliki suara yang khas sehingga dipercaya mewakili suara tokoh anime. Kepopuleran seiyuu di Jepang mampu menyaingi artis dan aktor film, bahkan beberapa di antara mereka memiliki fansnya sendiri.

Diperbarui pada 1 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan