Pentingnya Bershalawat kepada Nabi Muhammad - Vidhian Jaya

Sabtu, 25 Februari 2017

Pentingnya Bershalawat kepada Nabi Muhammad

Shalawat kepada Nabi

Dari Abu Hurairah Ra. telah bersabda Rasulullah SAW: Aku adalah penghulu seluruh manusia pada hari kiamat nanti, tahukah kalian wahai sahabatku tentang hal itu? Allah SWT akan mengumpulkan seluruh manusia mulai manusia pertama sampai manusia yang terakhir pada suatu padang yang luas (mahsyar) untuk mendengarkan tuntutan Allah SWT dan ketika matahari di dekatkan oleh Allah sekira sejengkal dari kepala mereka.

Seluruh manusia berkata: Apa yang telah sampai kepada kita? Apakah kalian melihat ada nabi lain, kalian kan punya Nabi Adam? Lalu seluruh manusia mendatangi Nabi Adam. Wahai Nabi Adam engkau adalah manusia pertama, Allah langsung menciptakanmu dan yang meniupkan ruh kepadamu, wahai Nabi Adam syafa'atilah kami. Wahai anak cucuku hari ini akulah nabi yang takut menghadap Allah karena aku telah melanggar larangan Allah, ketika Allah katakan wahai Adam jangan engkau dekati buah khuldi itu! lalu telah aku makan buah khuldi itu.

Lalu pergilah mereka kepada nabi yang lain, lalu mereka pergi menemui Nabi Nuh dan berkata: wahai Nabi Nuh engkau adalah rasul yang pertama dan Allah telah menyebutmu sebagai hamba yang pandai bersyukur, syafa'atilah kami! Nabi Nuh berkata: hari ini Allah murka kepadaku dan aku takut menghadap Allah karena ketika aku berdakwah menyampaikan risalah tauhid yang tidak beriman justru anak dan istriku.

Lalu pergilah mereka menenui Nabi Ibrahim dan berkata wahai Nabi Ibrahim engkau nabi Allah dan Kholilullah (kekasih) Allah, tolong syafa'atilah kami! Nabi Ibrahim berkata: wahai seluruh manusia hari ini Allah murka kepadaku dan aku takut menghadap Allah, karena aku telah berdusta tiga kali.
  1. Ketika ayahku berkata wahai Nabi Ibrahim mari kita sembah berhala, aku katakan wahai ayahku aku sedang sakit, padahal aku tidak sakit.
  2. Wahai Ibrahim, siapa yang telah menghancurkan berhala-berhala ini. Aku berkata yang menghancurkan berhala-berhala itu adalah berhala yang paling besar padahal akulah yang menghancurkannya.
  3. Ketika aku melewati seorang raja yang zholim, raja itu bertanya siapa bersamamu wahai Ibrahim, ku katakan ini adalah saudariku, padahal wanita itu adalah istriku.

Lalu pergilah seluruh manusia menemui Nabi Musa. Wahai Nabi Musa engkau Kalimullah tolong syafa'ati kami! Nabi Musa menjawab hari ini Allah sangat murka kepada ku dan aku takut menghadap Allah, karena aku pernah memukul orang kafir sehingga meninggal padahal itu bukan perintah Allah.

Lalu yang terakhir dijumpai oleh manusia adalah Nabi Muhammad SAW. Wahai Nabi Muhammad engkau adalah penutup para Nabi dan Rasul dan Allah telah mengampuni kesalahan-kesalahanmu seluruhnya, nikmat dan hidayah Allah hanya disempurnakan untuk mu, wahai Nabi Muhammad syafa'atilah kami!

Nabi Muhammad menjawab: ketika aku isra' miraj naik di atas arsy Allah, aku langsung sujud dihadapan Allah, lalu Allah menegurku sampai tiga kali. Wahai Muhammad angkatlah kepalamu tiga kali.

Lalu Allah berkata: pintalah apa yang hendak engkau pinta, syafa'atilah siapa yang hendak engkau syafa'ati! lalu aku menjawab ya rabbi ummati tiga kali.

Wahai seluruh manusia yang meminta syafa'atku, siapa saja di antara kalian yang ketika hidup di dunia dulu sujud kepada Allah kalian adalah umatku, dan yang tidak sujud kepada Allah bukanlah umatku, pergilah kalian dari hadapanku.

Celakalah orang-orang yang apabila mendengar namaku dan tidak bershalawat kepadaku. (hadist).

Diperbarui pada 27 Februari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan