10 Tips Menjadi Siswa Populer - Vidhian Jaya

Sabtu, 27 Mei 2017

10 Tips Menjadi Siswa Populer

Apakah kamu ingin populer? Sebagian besar remaja akan menjawab "Ya". Itulah potret remaja pada masa pencarian identitas diri, di mana beberapa ingin diakui eksistensinya, baik itu oleh guru, orang tua, maupun temannya.
Siswi Populer
Siswi Populer

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana untuk menjadi siswa populer melalui cara yang benar? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu menjadi siswa populer:

1. Perbanyak Teman

Setiap awal masuk mulailah terbuka untuk berkenalan dengan siapa saja. Silahkan cari teman yang sebanyak-banyaknya, dan beragam-ragam. Mulai dari teman satu kelas hingga kakak kelas, dari yang paling tampan maupun paling cantik, dan dari berbagai tingkat ekonomi. Carilah teman tanpa pandang bulu. Memiliki banyak teman akan membantumu dalam mengetahui berbagai macam informasi yang beragam pula.

Modal utama yang perlu kamu punya adalah rasa percaya diri, ramah, serta sopan. Niscaya kamu akan disenangi oleh teman-teman barumu. Selain itu, mendapat teman baru bukan berarti melupakan teman lama. Akan tetapi sebaliknya, justru harus lebih memupuk persahabatan dengan teman lama. Pepatah mengatakan satu musuh terlalu banyak, seribu teman terlalu kurang.

2. Bersikap Baik

Sikap baik adalah hal yang wajib dimiliki, baik saat tidak populer maupun saat ingin populer. Bagi yang ingin menjadi populer, sikap baik tentu dapat membantu kamu untuk dapat dikenal, membuat orang tidak takut mengenalmu, membuat guru mudah menjadikanmu contoh, dan sebagainya. Sikap baik yang perlu kamu miliki antara lain jujur, bertanggungjawab, dermawan, gotong royong, disiplin, iman taqwa, rajin, percaya diri, sopan, menghormati, proaktif, dan sebagainya.

3. Tunjukkan Perbedaan

Siswa populer tidak hanya di mata siswa lain. Menjadi siswa populer di mata guru pun sangat membanggakan. Caranya bila temanmu ramai di kelas, sering bolos dan jarang mengerjakan tugas, maka kamu berusahalah menjadi siswa yang berbeda dengan memperhatikan guru, tenang, aktif, rajin sekolah, rajin berorganisasi. dan mengerjakan tugas-tugasmu. Selain itu kamu dapat menonjolkan ciri khasmu yang berbeda dengan orang lain, misalnya gaya kamu, penampilan kamu, cara berbahasamu, caramu bersosialisasi, dsb.

4. Tunjukkan Prestasimu

Prestasi dapat melejitkan namamu. Tidak perlu repot-repot promosi, prestasimu secara otomatis akan membantumu dikenal. Oleh sebab itu mulai sekarang rajin belajar, tekuni bakatmu dan jadilah siswa yang berprestasi. Prestasi dapat kamu peroleh dari suatu kompetisi, apakah itu suatu ulangan atau tes akademik, melalui karya-karyamu, maupun melalui berbagai perlombaan. Cobalah berusaha untuk menjuarai hal-hal tersebut sesuai kemampuan dan kapasitas dirimu.

5. Dekati Pengelola Sekolah

Selain mendekati teman-teman kamu, hal yang tidak kalah penting yaitu mendekati pengelola sekolah. Siapa sajakah pengelola sekolah? Kamu dapat mendekati wali kelas, guru, kepala sekolah, pegawai TU, teknisi, satpam, pelayan kantin maupun tukang kebun sekolah. Buat mereka mengenal kamu dengan cara dan kesan yang positif. Mampu dikenal oleh pengelola sekolah akan membantu kamu mudah dikenal oleh siswa-siswa lain di sekolah, karena besar kemungkinan kamu akan dijadikan bahan pembicaraan maupun contoh positif bagi siswa-siswa lain.

6. Aktif dalam Kegiatan

Aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, dapat membantumu untuk mudah populer ketimbang siswa-siswa lain. Bergabung dengan suatu organisasi selain akan mendapatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, rekan kerja, kamu juga akan memperoleh memori yang sangat menarik untuk dikenang maupun diceritakan di kemudian hari. Kamu dapat aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi dalam sekolah kamu, misalnya OSIS, paskibra, kepramukaan, kepecinta alaman, klub olahraga, klub penelitian, klub kesenian, dan sebagainya. 

7. Tunjukkan Karyamu

Setiap orang pasti memiliki bakat, kemampuan dan juga minat. Tapi tidak semua orang serius akan hal yang dimilikinya tersebut. Salah satu tips agar kamu populer adalah mulai berkarya dengan baik dan menunjukkan karya-karyamu. Pasti akan ada orang yang mengapresiasi karya-karya kamu jika karya-karyamu bermanfaat positif. Jadi jangan sembunyikan karyamu untuk dirimu sendiri, tunjukkan kepada banyak orang bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menghasilkan.

8. Berpenampilan Baik

Penampilan adalah hal yang penting, tidak peduli kamu dari kalangan apapun. Setiap orang tidak dipungkiri akan selalu memandang orang pertama kali dari penampilannya atau pandangan pertama. Meski kamu baik namun jika penampilan kamu buruk maka orang akan berpikir terlebih dahulu sebelum mengenal kamu. Akan bagus jika kamu bersikap baik dan berpenampilan baik, orang akan mudah mendekati dan betah bersama kamu.

9. Beranikan Tampil

Berani tampil membutuhkan rasa percaya diri, jadi latihlah rasa percaya diri kamu. Jika kamu takut akan kritik atau hater maka jangan berperilaku yang negatif atau yang mengundang kontroversi. Dengan melakukan berbagai hal baik niscaya kamu akan menjadi populer, bahkan menjadi inspirasi banyak orang. Sekarang ini kamu lebih dimudahkan dalam tampil, kamu dapat tampil secara langsung, mengirimkan foto ke majalah pelajar, atau tampil melalui media-media sosial.

10. Tonjolkan Kepribadian Unggul

Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan setiap kepribadian itu adalah berkah yang diberikan Tuhan kepada kamu. Beberapa orang mungkin akan mudah untuk bersosialisasi, namun beberapa orang mungkin juga kesulitan bersosialisasi karena memiliki sifat yang pendiam atau introvert. Bila kamu mampu mengubah kepribadianmu itu dapat menjadi hal positif, namun jika kamu kesulitan mengubah kepribadian kamu tidak perlu berkecil hati. Pasalnya kamu tetap bisa populer dengan kepribadianmu tersebut, misalnya dengan menonjolkan kepribadianmu dan menjadikannya melekat dengan dirimu atau dengan tetap berkarya dan menjaga sikap baik. Yakinlah setiap manusia pasti memiliki kepribadian yang dapat diunggulkan. 

Seperti itulah beberapa tips menjadi siswa yang populer. Satu hal lagi, kamu perlu menyadari bahwa populer itu harus dengan hal yang baik. Kepopuleran yang diperoleh dengan cara-cara yang kontroversial akan dicap sebagai sensasi saja. Hal tersebut pasti tidak akan berlangsung lama, justru lama-kelamaan akan mendapatkan sanksi sosial dan mendapatkan kesulitan hidup. Berbeda dengan kepopuleran yang diperoleh dengan cara-cara yang baik, yang mampu bertahan lama. Percayalah bahwa hal positif akan memicu hal positif lainnya. Kamu dapat memperoleh pujian, menjadi inspirasi, dan bahkan memperoleh penghasilan dari kepopuleranmu yang positif.

Diperbarui pada 27 Mei 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan