Karakter-Karakter Meme Asal Indonesia #2 - Vidhian Jaya

Rabu, 31 Mei 2017

Karakter-Karakter Meme Asal Indonesia #2

Sejak pertama kali hiburan meme muncul di Indonesia, hingga sekarang ini meme tetap eksis bahkan terus berkembang. Meme seakan mengikuti perkembangan jaman seperti mengikuti perkembangan trend yang ada di masyarakat. Dari hal tersebut membuat selalu ada karakter-karakter meme baru. Di Indonesia meme dalam lingkup lokal telah banyak memunculkan karakter-karakter baru. Sebelumnya pada pos pertama telah di bahas beberapa karakter meme asal Indonesia #1. Nah kali ini ada lanjutan beberapa karakter meme asal Indonesia #2. Berikut ini karakter-karakter meme asal Indonesia #2:

1. Raisa Andriana

Meme Raisa

Raisa Andriana, dia adalah seorang penyanyi perempuan Indonesia yang memiliki wajah cantik, suara merdu serta pribadi yang ramah dan cerdas. Kecantikannya tersebut membuat banyak netizen laki-laki banyak yang suka terhadap dirinya, alhasil dirinya menjadi penghias meme di Indonesia.

2. Karin Novilda

Meme Karin

Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan Awkarin, adalah seorang youtuber dan selebgram yang pernah naik daun karena unggahannya yang menyatakan kesedihan setelah diputus pacarnya. Selain itu dia juga kontroversial karena beberapa video klipnya yang dianggap nakal, salah satunya seperti badass. Beberapa kontra terhadap dirinya tersebut membuat para netizen menggunakan kreativitas mereka untuk membuat beberapa tanggapan, kritik, dan juga lelucon meme.

3. Young Lex

Meme YoungLex

Salah satu youtuber Indonesia dan juga rapper yang kontroversial, Young Lex pernah ramai dibicarakan oleh netizen. Alasannya bukan karena dia telah merendahkan rapper lainnya bukan juga karena karyanya yang menuai kontroversi, akan tetapi justru dari fotonya semasa kecil yang dijadikan bahan meme. Foto tersebut terlihat foto bocah yang sedang makan dengan tangan tanpa memakai baju, terlihat standar dan biasa saja. Tapi kreativitas para netizen berhasil membuatnya menjadi bahan lelucon yang menarik.

4. Julia Perez

Meme Jupe

Julia Perez pernah masuk menjadi karakter meme setelah menjadi bintang iklan dari salah satu minuman serbuk. Jargon yang populer kala itu adalah "Tumpeh-tumpeh".


5. Handy Christian

Meme Handy

Nama Handy Christian mendadak populer berkat foto-foto liburan bersama teman-teman sekolahnya ke beberapa museum di Jawa Timur. Lucunya, dia menunjukkan foto dengan pose yang sama, yaitu bergaya jempol. Meski dengan latar yang berbeda, tapi ia tetap memakai gaya andalannya itu. Meme ini juga sering terkenal dengan jargonnya yaitu Mantab Jiwa.


6. Ineke Puspitasari

Meme Ineke

Ineke Puspitasari, kala itu adalah seorang pelajar yang pernah mengaku bahwa dirinya berhasil menangkap 11 tuyul dan memasukkannya ke dalam toples. Kejadian tersebut lantas menjadi dirinya populer di berbagai media dan karena keberhasilannya menangkap 11 tuyul tersebut dia disebut sebagai Tuyul Hunter. Hal lucu yang menjadikannya meme adalah setelah dia menunjukkan gambar wujud tuyul pada selembar kertas, menurutnya tuyul tersebut berwajah kotak, telinganya mengacung ke atas dan mulutnya vertikal.


7. Syahrini

Meme Syahrini

Artis dan penyanyi yang gemar memposting foto di akun sosial medianya juga pernah ramai diperbincangkan. Alasannya yaitu karena ulah dan kebiasaan dirinya yang kerap menunjukkan gaya yang sensasional. Beberapa meme Syahrini yang populer yaitu meme dengan jargon "I Feel Free", jargon "Maju Mundur Cantik" dan juga meme ketika Syahrini memakai mukena besar sehingga berbentuk kerucut.


8. Mario Teguh

Meme Mario

Mario Teguh adalah seorang motivator ternama dalam acara "Mario Teguh - Golden Ways". Oleh beberapa orang, kata-kata motivasi yang seharusnya memotivasi diubahlah menjadi kata-kata yang kocak.


9. Raffi Ahmad

Meme Raffi

Foto Raffi Ahmad dalam akun sosmednya yang sedang melakukan liburan ada-ada saja dijadikan bahan candaan para netizen melalui meme.


10. Afika

Meme Afika

Nama aslinya adalah Amanina Afiqah Ibrahim. Afika adalah meme yang dibuat berdasarkan seorang anak kecil bintang iklan biskuit. Meme ini menampilkan kepolosan Afika terhadap satu karakter lain yang berbicara dengannya. Dalam meme ini sering muncul kalimat, "Afika..." "Apa?", kalimat panggilan tersebut kemudian menjadi populer di kalangan netizen.

11. Sule (Entis Sutisna)

Meme Sule

Seorang komedian dengan nama Entis Sutisna atau yang lebih dikenal dengan Sule ini memiliki banyak guyonan yang dapat membuat tertawa penontonnya. Guyonan yang dibuat oleh Sule sudah lucu, dan sekarang netizen juga membuat meme dari kelucuan sule ini. Banyak meme yang dibuat dari wajah Sule saat penuh ekspresi yang dapat membuat tersenyum orang yang melihatnya.

12. Andre Taulany

Meme Andre

Komedian yang selalu kompak bersama dengan Sule ini memang paling bisa untuk menghibur penonton dengan lelucon-lelucon segarnya. Meme dengan Andre sering populer saat dia memerankan peran tertentu dalam acara talkshow televisi, seperti saat dia menjadi Mario Sepuh, Wan Qodir, Dedi Kobulet, Om Yo, Dr. Coyke, dll.

13. Susilo Bambang Yudhoyono

Meme SBY

Dunia maya sempat diramaikan dengan kabar presiden keenam RI yang sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono yang ingin sekali bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Namun keinginan tersebut tidak kunjung terlaksana, dan alam keterangan persnya yang digelar di Jakarta, SBY mengatakan ada pihak orang-orang yang berada di lingkaran presiden yang melarang Joko Widodo untuk bertemu dengannya. Menanggapi ucapan SBY, istana membantah kabar tersebut. Melalui Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, pihak istana mengatakan, tidak ada seorang pun yang melarang Presiden Joko Widodo untuk bertemu siapa pun. Sontak meme-meme yang menyindir SBY ingin bertemu Presiden Jokowi ramai di media sosial.

14. Joko Widodo

Meme Jokowi

Sebagai presiden ketujuh di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang selalu menjadi sorotan. Salah satu yang sering diperhatikan adalah ekspresinya. Pria yang sejak dulu dekat dengan image sederhana ini memang termasuk sosok yang cukup ekspresif. Gaya dan ekspresinya yang khas ternyata tak luput dari sasaran netizen untuk dijadikan meme.

15. Ceu Popong

Meme CeuPopong

Dulu Sidang Paripurna DPR pernah ricuh dan dihujani interupsi, dan insiden hilangnya palu pimpinan sidang Popong Otje Djundjunan sempat menarik perhatian publik. Gaya kepemimpinan Popong yang kerap menggunakan bahasa Sunda ketika menenangkan anggota dewan juga membuat sidang paripurna menjadi lebih berwarna. Salah satu momen yang lucu ialah ketika Popong kebingungan sebab kehilangan palu. Ia lantas mengatakan dalam bahasa Sunda, "Mana paluna, euweuh (mana palunya, nggak ada)." Ucapan Popong tersebut akhirnya menjadi pembicaraan di Twitter. Beragam meme pun bermunculan. Dengan lucu, Popong pun disandingkan dengan palu Mjolnir milik superhero Thor.

16. Vicky Prasetyo

Meme Vicky

Vicky Prasetyo, seorang yang dulunya bukanlah orang terkenal, namun tiba-tiba ia menjadi salah satu artis dadakan yang sering muncul di layar kaca. Dia awalnya dikenal sebagai mantan tunangan Zaskia Gothik dan menjadi terkenal lantaran kosakata yang diucapkannya benar-benar kacau alias campur aduk, antara bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Ilmiah. Gara-gara gaya berbahasa Vicky tersebut, dirinya dijadikan bahan lelucon oleh para netizen.

17. Dono Warkop

Meme Dono

Salah satu anggota dari grup lawak lawas legendaris di Indonesia yaitu Dono Warkop. Aksi kocak Dono masih melekat diingatan masyarakat Indonesia, hal tersebut membuat beberapa netter mencoba mengingatkan kembali kelucuannya melalui beberapa meme kocak yang khas dengan Dono.

18. Indro Warkop

Meme Indro

Selain Kasino dan Dono, salah satu personil grup lawak Warkop yaitu Indro juga pernah dimasukkan di dalam meme. Sama dengan anggota yang lain, meme Indro sering digunakan untuk mengingatkan kembali kelucuan-kelucuan saat bermain dengan Warkop.

19. Diding Boneng

Meme Diding

Zaenal Abidin Zetta atau yang terkenal dengan nama Diding Boneng, seorang komedian yang juga terkenal ketika bermain bersama Warkop DKI. Diding Boneng terkenal dengan senyuman dan kilauan di giginya yang tidak komplit. Selain itu komedian ini memiliki wajah yang khas dan bahasa tubuh yang kocak. Para netizen sering membuat meme dari gambar-gambar Diding Boneng saat bermain film bersama Warkop.

20. Ki Joko Bodo

Meme JokoBodo

Dari kalangan paranormal ada Ki Joko Bodo yang juga pernah masuk menjadi bahan meme. Meme Ki Joko Bodo sering berkaitan dengan pekerjaannya sebagai paranormal, seperti kesurupan, santet, dan ramal-meramal. Meski terbilang seram tapi oleh para netizen kreatif, hal tersebut disulap menjadi hal yang membuat gelak tawa.

Itu beberapa daftar karakter-karakter meme asal Indonesia. Saya yakin ada yang belum ditambahkan karena saya lupa, dan memang saya batasi. Perkembangan meme yang selalu mengikuti trend yang ada membuat meme selalu ada saja karakter-karakter baru yang muncul. Mungkin karakter-karakter meme asal Indonesia lainnya dibahas pada pos yang lain, seperti Karakter-Karakter Meme Asal Indonesia #3, dan seterusnya.

Diperbarui pada 3 April 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan