Membobol atau Menghapus Password Login di Windows 7 - Vidhian Jaya

Kamis, 16 Oktober 2014

Membobol atau Menghapus Password Login di Windows 7

Password merupakan kombinasi huruf/kata unik yang digunakan untuk memproteksi sesuatu data pribadi. Password yang baik adalah password yang menggunakan kombinasi acak (huruf, angka, tanda baca, dan kapital) sehingga sulit untuk ditebak. Namun dengan menggunakan password yang sulit membuat kita sendiri kesulitan dalam menghafalkannya. Terkadang hal seperti lupa akan password yang telah kita buat dapat terjadi, hal tersebut wajar karena setiap orang mungkin dapat mengalami lupa.
Login Windows yang Terkunci
Login Windows yang Terkunci

Lupa akan password dapat menjadi hal yang menyebalkan, salah satunya lupa terhadap password login Windows. Tanpa memasukkan password yang benar maka kita tidak dapat mengakses masuk ke dalam Windows. Jalan untuk mengatasi masalah tersebut ada berbagai macam, salah satunya dengan mereset atau menghapus password login Windows sehingga ketika masuk ke Windows tanpa memasukkan password.

Cara yang akan dilakukan seperti itu bisa digunakan pada sistem operasi Windows NT3.5 sampai Windows 7, termasuk versi 64-bit untuk Windows Server 2003 dan 2008. Untuk melakukannya tidak perlu membutuhkan CD/DVD Installer dari Windows yang digunakan. Cukup menggunakan sebuah flashdisk dan aplikasi pembobol dengan nama Offline NT Password & Registry Editor.

Cara Membuat Bootable Flashdisk

Kunjungi situs Offline NT Password & Registry Editor dan unduh aplikasi yang diperuntukkan bagi instalasi flashdisk. Pasangkan flashdisk. Selanjutnya ekstrak file unduhan tadi langsung ke direktori utama pada flashdisk. Jalankan Command Prompt dengan akses Administrator, caranya dengan mengklik Start>All Program>Accecories>Command Prompt (klik kanan dan pilih "run as administrator"). Ketikkan X:syslinux.exe –ma X: (drive X adalah dimana posisi flashdisk berada). Tekan Enter.
Membuat Bootable Flashdisk
Membuat Bootable Flashdisk

Cara Mereset/Menghapus Password

1. Booting dari flashdisk
Langkah 1 - Booting dari Flashdisk
Langkah 1 - Booting dari Flashdisk

Lakukan booting melalui flashdisk tadi (ubah susunan boot dari BIOS: flashdisk pada urutan pertama). Jika berjalan benar, boot dari flashdisk akan menampilkan tampilan pertama seperti pada gambar di atas. Tekan Enter untuk melanjutkan.

2. Pilih partisi
Langkah 2 - Pilih Partisi
Langkah 2 - Pilih Partisi

Selanjutnya pilih partisi dimana sistem Windows berada. Pastikan kamu memilih partisi yang benar sesuai dengan pilihan yang tersedia. Ketikkan nomor partisi yang sesuai, dan tekan Enter.

3. Lokasi registri
Langkah 3 - Lokasi Registri
Langkah 3 - Lokasi Registri

Kamu akan ditanya lokasi dimana folder registri berada. Secara default akan ditampilkan lokasi yang sudah sesuai (Windows/System32/config), sehingga kamu tinggal menekan Enter saja.

4. Reset password
Langkah 4 - Reset Password
Langkah 4 - Reset Password

Berikutnya Anda pilih 1 yaitu Password reset (sam system security), tekan Enter. Pilih lagi angka 1 yaitu Edit user data and passwords, tekan Enter.

5. Pilih username
Langkah 5 - Pilih Username
Langkah 5 - Pilih Username

Disini kamu harus memilih username yang passwordnya akan direset. Sebagai contoh, jika username adalah Umay Akbar, maka kamu mesti mengetikkan pula nama tersebut, kemudian tekan Enter.

6. Tindakan password
Langkah 6 - Tindakan Password
Langkah 6 - Tindakan Password

Pada kolom ini, kamu akan diberikan pilihan untuk mereset password atau mengganti dengan yang baru. Untuk amannya, pilih clear user password dengan menekan angka 1, tekan Enter.

7. Restart komputer
Langkah 7 - Restart Komputer
Langkah 7 - Restart Komputer

Tekan tanda ! untuk menyudahi, diikuti dengan q untuk quit. Simpan perubahan yang telah dilakukan sebelumnya dengan menekan tanda Yes (Y). Akan tampil tulisan EDIT COMPLETE dan tekan N (No).

Restart komputer dengan menekan CTRL+ALT+DEL. Ubah kembali booting melalui harddisk (atau booting yang seharusnya). Apabila berhasil maka kamu sudah dapat masuk ke dalam Windows tanpa harus memasukkan password untuk login.

Diperbarui pada 20 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan