Menjawab 25 Keraguan Tentang Mitos Teknologi - Vidhian Jaya

Sabtu, 24 Januari 2015

Menjawab 25 Keraguan Tentang Mitos Teknologi

Manusia juga merupakan makhluk yang mudah ditipu. Kita tahu inti dari kemajuan ilmiah adalah bahwa kita terus-menerus mencari penjelasan untuk hal-hal yang kita lihat di sekitar kita. Tapi ini juga merupakan dasar dari takhayul (mitos) karena ketika tidak ada pola yang memuaskan dari sebab dan akibat yang ada, kita cenderung untuk menciptakan satu alasan (meskipun itu tidak masuk akal).

Jika anda pernah membayangkan anda bisa membuat awan hilang dengan menatap keras mereka, atau percaya beberapa klaim medis terlalu mengada-ada, Anda telah menjadi korban kekuatan angan-angan. Tapi jangan khawatir, anda cukup normal. Meskipun sihir dan dongeng telah lama digantikan oleh teknologi, kemampuan manusia untuk menciptakan/mempercayai mitos terus saja bermunculan.

Dan apa yang membuatnya bahkan lebih sulit adalah bahwa hal-hal yang tampaknya masuk akal adalah hayalan, sedangkan yang lain yang muncul luar biasa adalah sesuatu yang benar-benar benar. Dalam bahasan ini kita mempelajari pengetahuan dari hukum untuk mengungkap kebenaran di balik beberapa mitos-mitos seputar teknologi saat ini:

1. Meninggalkan rumah dengan perabot yang menyala berpotensi menyebabkan kebakaran
Kebakaran listrik biasanya disebabkan oleh soket listrik kelebihan beban, kelembaban udara yang mencapai listrik, ventilasi yang tertutup dan bahan mudah terbakar yang mengenai komponen panas. Pengering dan pemanas adalah yang paling berbahaya, tetapi itu adalah kasus yang jarang terjadi bahkan dari TV yang dapat kebakaran karena kesalahan penggunaan yang menyebabkannya menjadi terlalu panas.
(Terpercaya)

2. Mematikan PC atau mencopot stik USB yang salah dapat merusak perangkat
Ini tidak akan secara fisik merusak hardware, namun ada risiko kecil kerusakan pada data Anda. Paling jelas, pekerjaan yang belum disimpan dalam aplikasi yang terbuka akan hilang. Tapi itu juga mungkin untuk merusak sistem pengarsipan pada harddisk, yang melacak di mana semua file berada.

Hal ini biasanya dapat diperbaiki secara otomatis oleh sistem, tetapi dapat memerlukan proses yang cukup panjang sehingga dapat membuat PC atau konsol jauh lebih lambat untuk memulai waktu berikutnya. Untuk disk USB dan memory stick, hal yang sama berlaku. Jika Anda tidak mengeluarkan perangkat sebelum secara fisik mencabutnya, mungkin menerima risiko kecil tapi kerusakan data secara nyata, sehingga lebih baik bersabar saat perangkat komputer dimatikan.
(Terpercaya)
Gambar Ilustrasi Mencabut USB Disk
Gambar Ilustrasi Mencabut USB Disk

3. Marching band tentara dapat meruntuhkan jembatan
Hal ini terjadi sekali pada tahun 1831, ketika jembatan gantung Broughton, dekat Manchester, runtuh setelah 74 tentara berbaris tepat pada frekuensi resonansi dari jembatan. Tetapi kemudian pemeriksaan menunjukkan bahwa itu diakibatkan karena baut yang telah ditempa dengan buruk. Semua jembatan modern sekarang memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi.
(Tidak Terpercaya)

4. Satelit mata-mata dapat mengawasi kita dari luar angkasa
Sementara rincian yang tepat dari kemampuan satelit mata-mata terklasifikasikan, perkiraan terbaik dari para ahli pengawasan sipil adalah bahwa salah satu yang modern dapat memunculkan objek sekecil-kecilnya 4 hingga 10 cm (1,6-3,9 inci). Itu tidaklah cukup baik untuk membaca plat nomor atau mengidentifikasi wajah. Satelit mata-mata juga menggunakan orbit rendah, yang berarti bahwa mereka tidak berjalan untuk lebih dari 20 menit pada satu waktu. Untuk ini pesawat drone menjadi alasan yang jauh lebih baik untuk memata-matai orang.
(Tidak Terpercaya)

5. Kamu sebaiknya jangan menggunakan ponsel di SPBU
Ketakutan karena bahaya radiasi elektromagnetik (EM) dari ponsel yang bisa memberi energi yang cukup untuk menyalakan uap bensin secara langsung atau bahwa hal itu bisa menginduksi arus di benda logam di dekatnya dan memicu percikan dengan efek yang sama. Tapi sebuah studi menemukan bahwa pada 243 kebakaran SPBU di seluruh dunia antara tahun 1994 dan 2005, tidak ada yang disebabkan oleh ponsel. Bahkan, tidak ada satu pun kasus yang dikonfirmasi ini pernah terjadi.

Bahkan terkadang rokok yang menyala tidak cukup panas untuk menyalakan uap bensin. Anda membutuhkan nyala api atau percikan api, dan ponsel memiliki baterai tegangan rendah yang tidak mampu menghasilkan api dengan baik. Kebakaran pompa bensin sangat jarang dan hampir semua disebabkan oleh percikan api dari listrik statis yang memicu uap bensin terbakar. Hal ini membutuhkan campuran yang tepat dari udara dan uap bahan bakar, yang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi sekarang karena bahwa pompa bahan bakar memiliki sistem pemulihan uap bahan bakar yang terpasang.
(Tidak Terpercaya)

6. Broadband serat optik bekerja lebih cepat
Teknologi ini tentu memungkinkan untuk kecepatan data lebih cepat, tapi seberapa banyak yang benar-benar terlihat tergantung pada ISP Anda. Sebuah studi oleh Ofcom pada tahun 2010 menemukan kecepatan broadband rata-rata di Inggris adalah sekitar 6.2 Mbps, dibandingkan dengan rata-rata kecepatan teoritis diiklankan 13.8 Mbps. Namun, broadband serat optik tampaknya mendekati kecepatan yang diiklankan daripada broadband ADSL biasa, misalnya pelanggan Virgin Media pada paket 'hingga 50 Mbps' berhasil mendapat rata-rata 43,9-47,2 Mbps.
(Terpercaya)

7. Peredam suara pistol benar-benar meredam tembakan api
Secara teknis lebih dikenal sebagai penekan, mereka membuat senjata lebih tenang tetapi tidak banyak. Memang bagi orang yang menembak pistol, tembakan masih keras seperti bor pneumatik. Penekan ini membuat si penembak menjadi sulit untuk dicari lokasinya dan pada rentang lebih panjang dari 300 meter (980 kaki), bisa membuat tembakan diam-diam ke target.
(Tidak Terpercaya)

8. Mesin keamanan bandara merusak perangkat elektronik
Conveyor belt luggage scanners (pemindai bagasi dengan sabuk berjalan) menggunakan X-ray, gelombang milimeter atau submillimetre 'T-gelombang'. Ini semua adalah bentuk radiasi elektromagnetik tetapi intensitas mereka rendah dan frekuensi radiasi tidak mengionisasi, sehingga tidak akan mempengaruhi elektronik/kartu memori.

Menurut Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat, dosis sinar-X dari scanner jauh lebih sedikit daripada yang akan Anda terima biasanya akibat radiasi latar belakang yang sedikit lebih tinggi ketika terbang. Detektor logam yang anda dilalui menggunakan magnet yang kuat di dalamnya dan bisa menimbulkan risiko ke harddisk di laptop dan beberapa kamera video. Tapi bagaimanapun barang-barang ini harus dipindai di sabuk berjalan.
(Tidak Terpercaya)

9. Kecepatan paling ekonomis di mana untuk mengemudi mobil adalah sekitar 55mph
Mesin mobil sebenarnya paling efisien di sejumlah putaran tertentu, daripada kecepatan di jalan. Untuk sebagian besar mobil ini sekitar 2.000 rpm. Ketika Anda mempercepat, putaran naik di atas ini dan Anda mengubah roda gigi untuk mempertahankan efisiensi. Segera setelah Anda mencapai gigi kelima, dengan putaran sekitar 2.000, Anda berada di kecepatan yang paling efisien. Itu hanya 56-74 kilometer (35-45 mil) per jam untuk sebagian besar mobil. 89 kilometer (55 mil) per jam sering dikutip sebagai kompromi yang lebih ekonomis untuk mendorong pengemudi untuk memperlambat dari 113 kilometer (70 mil) per jam. Ini tidak berarti bahwa 55 adalah kecepatan optimal.
(Tidak Terpercaya)

10. Jika Anda menyentuh tombol/saklar lampu dengan tangan basah Anda akan tersetrum
Yang ini sedikit di wilayah abu-abu karena sementara itu mungkin secara teoritis ini mungkin bisa terjadi, itu sangat tidak mungkin. Tangan Anda harus cukup basah untuk membuat air menetes melewati rocker (pengetuk di saklar) dengan kabel hidup di baliknya dan membuat sirkuit/hubungan dengan jari Anda dalam waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk menekan saklar. Ini akan memberi Anda sengatan listrik tapi mungkin hanya di ujung jari Anda. Untuk menyetrum Anda, di sisi lain, arus harus mengalir melalui tubuh Anda dan menghentikan jantung Anda. Itu jauh lebih mungkin jika seluruh tubuh Anda basah, itulah sebabnya mengapa saklar lampu mandi cenderung menggunakan kabel tarik untuk menjaga tangan basah anda jauh dari kabel, hanya untuk berada di sisi yang aman.
(Terpercaya)
Gambar Ilustrasi Menekan Saklar Lampu
Gambar Ilustrasi Menekan Saklar Lampu

11. Gedung pencakar langit bergoyang ketika mendapat angin
Tidak ada bahan yang benar-benar sempurna kaku; bahkan beton akan melenturkan sangat sedikit. Sebagian besar waktu orang tidak akan merasakannya, tapi angin kencang yang mengenai gedung pencakar langit bisa bergoyang dari sisi ke sisi hingga satu meter di lantai atas. Untuk mengatasi hal ini, gedung pencakar langit tinggi kini telah disetel peredam massa di lantai atas. Ini adalah beberapa ratus ton blok beton, dengan ram hidrolik yang dikontrol komputer yang bergerak ke samping blok untuk mengimbangi goyangan tersebut. Hal ini juga dapat mengurangi goyangan yang lebih keras dari gempa bumi.
(Terpercaya)

12. Lebih banyak megapixels membuat foto yang lebih baik
Ketika kamera digital pertama kali muncul, resolusi sensor itu cukup rendah untuk dapat dengan mudah memunculkan piksel individu ketika mereka dicetak. Tapi resolusi kamera yang sangat cepat meningkat pada titik di mana piksel individu yang tak terlihat. Misalnya, untuk cetakan 6x4 Anda hanya perlu kamera dua megapiksel untuk dapat mencetak pada kualitas yang sama dengan foto di majalah.

Sedangkan yang paling Anda butuhkan adalah tujuh megapiksel. Hal ini cukup untuk mencetak halaman A3 pada resolusi majalah dan, jika Anda mencetak yang lebih besar dari itu, Anda akan perlu untuk berdiri jauh di belakang untuk melihat itu, sehingga resolusi efektif tetap sama. Setelah anda menekan batas megapixel ini, ada tiga faktor utama yang mempengaruhi kualitas jepretan/foto Anda, yaitu keterampilan fotografer, kualitas lensa kamera dan ukuran sensor CCD di kamera. Ukuran fisik dari hal-hal sensor CCD berarti karena meningkatkan jumlah cahaya yang dikumpulkan, yang mengurangi kebisingan gambar dan meningkatkan kedalaman lapangan/rana (Depth of Field).
(Tidak Terpercaya)

13. Hidup di dekat tiang listrik dapat menyebabkan kanker
Radon adalah gas radioaktif alami yang merupakan bagian dari dosis radiasi latar belakang yang kita semua terima. Sebuah studi tahun 1999 di Universitas Bristol menemukan medan elektromagnetik di dekat tiang/kabel listrik menarik peluruhan radioaktif menghasilkan produk radon. Dalam teori ini bisa berarti bahwa orang-orang yang tinggal dekat dengan jaringan listrik mungkin terkena dosis yang lebih tinggi. Namun setidaknya 20.000 keluarga Inggris tinggal di dekat jaringan listrik dan sebuah studi besar yang diterbitkan dalam The Lancet menemukan tidak ada hubungan dengan kanker apapun setidaknya pada anak-anak.
(Tidak Terpercaya)

14. Hujan mengganggu satelit TV
Satelit TV menggunakan frekuensi EM dalam kisaran microwave yang sangat mudah diserap oleh air. Hujan mengurangi kekuatan sinyal, tapi penyiar meminimalkan gangguan uplink dengan meningkatkan kekuatan dan menggunakan beberapa stasiun uplink di lokasi yang berbeda, sehingga Anda akan biasanya hanya melihat gangguan itu saat terjadi hujan yang sangat deras yang mempengaruhi penerimaan downlink.
(Terpercaya)


Gambar Ilustrasi Menonton TV Saat Hujan Deras
Gambar Ilustrasi Menonton TV Saat Hujan Deras

15. Daya PC masih naik dua kali lipat setiap dua tahun
Gordon Moore, yang ikut mendirikan raksasa teknologi Intel, sempat memperkirakan pada tahun 1975 bahwa jumlah transistor pada sebuah chip komputer akan berlipat ganda setiap dua tahun. Hal ini disebut sebagai Hukum Moore, tapi tidak ada yang tak terelakkan tentang hal itu. Industri semikonduktor telah mampu mempertahankan tren ini hanya dengan menghabiskan lebih banyak dan lebih pada penelitian dan pengembangan. Dalam sepuluh tahun atau lebih, miniaturisasi akan turun pada skala atom, tetapi chip yang lebih besar dan teknologi baru masih bisa memungkinkan kekuatan setiap chip untuk meningkat. Untuk saat ini setidaknya, Hukum Moore masih berlaku.
(Terpercaya)

16. Anda harus menghangatkan mesin Anda sebelum mengemudi di musim dingin
Di negara-negara yang memiliki musim dingin, sering orang-orang menghangatkan mesin kendaraan sebelum mengemudinya, bahkan untuk waktu yang lama. Namun sebenarnya itu tidak begitu perlu. Pada kebanyakan di buku manual, produsen akan memberitahu bahwa cara terbaik untuk menghangatkan mobil Anda adalah dengan mengendarainya. Ini membuat semua komponen mencapai suhu operasi yang ideal mereka secepat mungkin. Menghangatkan mesin pertama-tama dalam waktu yang lama hanya menghasilkan limbah bahan bakar dan meningkatkan emisi.
(Tidak Terpercaya)

17. Menggunakan telepon selama penerbangan dapat mempengaruhi peralatan navigasi di pesawat.
Ada laporan anekdotal dari gangguan berbagai perangkat elektronik (termasuk pemutar DVD, yang saat ini diperbolehkan) dan beberapa studi simulasi menunjukkan gangguan secara teoritis mungkin terjadi. Maskapai terus menegakkan kebijakan pelarangan ponsel dimana menggunakan prinsip kehati-hatian yang sama-sama diadopsi oleh SPBU. Namun, sebuah jajak pendapat 2011 menemukan bahwa tiga persen dari pelaku liburan Inggris telah lupa untuk mematikan ponsel mereka ketika mereka terbang. Itu berarti hampir 6,5 juta ponsel diaktifkan saat terbang tahun itu, menunjukkan risiko yang paling buruk sangatlah kecil.
(Tidak Terpercaya)

Gambar Ilustrasi Menggunakan Ponsel Saat Penerbangan
Gambar Ilustrasi Menggunakan Ponsel Saat Penerbangan

18. Password harus super-rumit
Sandi yang sangat rumit yang Anda lupa menjadi kurang aman karena Anda mungkin akan menuliskannya dekat dengan komputer Anda. Anda juga lebih mungkin untuk menggunakannya kembali di banyak website. Cukup gunakan hanya tiga kata yang tidak berhubungan, seperti 'penguintoastwonderful'.
(Tidak Terpercaya)

19. Sinyal berubah menjadi hijau jika mengedipkan lampu flash
Di negara maju, beberapa lampu lalu lintasnya menggunakan sensor microwave untuk mendeteksi mobil. Jika dari arah yang lain bersih, lampu akan sering berubah menjadi hijau ketika mobil mendekatinya. Mengedipkan lampu tidak membuat perbedaan.
(Tidak Terpercaya)

20. Mobil listrik adalah 100% hijau (ramah lingkungan)
Sepenuhnya mobil listrik menggunakan baterai untuk daya motor listrik. Tidak ada mesin pembakaran dalam, sehingga mereka tidak memancarkan gas rumah kaca atau bentuk lain dari polusi udara. Namun baterai tetap harus diisi ulang dengan menghubungkan dengan jaringan listrik dan daya yang digunakan dihasilkan di suatu tempai. Mobil listrik juga dapat membuat lebih banyak polusi selama pembuatan daripada mobil bensin, terutama baterai.
(Tidak Terpercaya)

21. Menghabiskan sepenuhnya baterai isi ulang membuatnya bertahan lebih lama di waktu berikutnya
Baterai lithium sebenarnya turun sedikit ketika mereka ditinggalkan sepenuhnya habis. 'Pengisian Memori' hanya pernah diterapkan pada NiMH dan NiCd baterai yang lama. Sel-sel lithium paling lama bertahan ketika dijaga pada 40-70 persen pengisian.
(Tidak Terpercaya)

22. Menggosok baterai membantu untuk menghidupkan kembali baterai
Baterai bekerja melalui reaksi kimia, bukan listrik statis. Menggosok hanya akan membuatnya lebih hangat, yang mengurangi kinerja. Mencabut baterai mati dapat menyebabkan pemulihan jangka pendek sangat.
(Tidak Terpercaya)

23. Baterai tahan lama saat dingin
Baterai alkaline biasa hanya berkurang dua persen per tahun pada suhu kamar, tapi NiMH dan NiCd baterai habis lebih cepat yaitu dua persen per hari. Menyimpan baterai ini dalam pembeku akan membiarkan mereka tetap 90 persen dari pengisian mereka selama satu bulan.
(Terpercaya)

24. Anda harus mengisi perangkat baru hingga kapasitas penuh (100 persen)
Tidak memperpanjang umur fisik baterai, tetapi dapat membantu mengkalibrasi perangkat lunak untuk mengukur pengisian hidup yang tersisa.
(Terpercaya)

25. Menutup aplikasi pada ponsel Anda membantu baterai lebih awet
Membiarkan aplikasi atau game yang berjalan di layar akan menguras baterai Anda, tetapi jika Anda beralih ke aplikasi lain, Anda tidak perlu menutup permainan karena OS akan menundanya secara otomatis.
(Tidak Terpercaya)

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan