Apakah Ada Planet yang dapat Menguap? - Vidhian Jaya

Selasa, 03 Februari 2015

Apakah Ada Planet yang dapat Menguap?

Osiris (secara resmi disebut HD 209458b) adalah sebuah planet besar sekitar dua setengah kali ukuran Jupiter dan 220 massa Bumi, mengorbit bintang katai kuning yang jaraknya 150 tahun cahaya dari Bumi. Ini adalah salah satu planet ekstrasurya yang pertama kali ditemukan yang memiliki atmosfer dengan hidrogen, karbon dan oksigen, mengindikasikan bahwa di sana memiliki uap air juga. Ini mungkin tampak seperti tempat yang baik sebagai lingkungan yang dapat dihuni, tetapi untuk satu hal, atmosfer Osiris yang sedang menguap.
Gambar Orisis yang Terlihat Menguap
Gambar Orisis yang Terlihat Menguap

Planet ini mengorbit bintang induknya di radius seperdelapan dari Merkurius, sehingga suhu permukaannya sangat panas yaitu sekitar 1.000 derajat Celsius (1.832 derajat Fahrenheit). Akibatnya, atmosfernya mendidih keluar, yang berpotensi hingga tingkat 10.000 ton per detik, meninggalkan ekor besar sepanjang 200.000 kilometer (125.000 mil) di belakangnya.

Bukti uap air ini didasarkan pada pengamatan yang pertama kali dibuat oleh teleskop luar angkasa Hubble pada tahun 2007, dan pada tahun 2009 itu menjadi planet pertama di luar tata surya yang menunjukkan bukti kuat adanya cairan yang mendukung kehidupan.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan