Kursi Roda Listrik (Elektrik) - Vidhian Jaya

Minggu, 08 Februari 2015

Kursi Roda Listrik (Elektrik)

Asal Usul Kursi Roda

Meskipun peralatan beroda yang tercatat pertama kali muncul pada abad ke-6 SM, salah satu referensi awal untuk pembuatan kursi roda yang digunakan dalam inkarnasi (perwujudan) modern berasal dari abad ke-6 di Cina. Hal ini tergambar dalam seni Cina yang di dalamnya melukiskan kursi beroda yang membawa anak-anak, orang cacat dan bahkan kaisar. Sebuah contoh tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini menunjukkan seorang politisi dan filsuf KongHuChu Cina yang terkenal sedang didorong di kursi roda yang telah ia pesan sebelumnya.
Gambar Lukisan Sejarah Kursi Roda
Gambar Lukisan Sejarah Kursi Roda
(Sumber: HIW)

Kursi Roda Elektrik Modern

Kursi roda elektrik/listrik adalah evolusi dari kursi roda tradisional yang masih menggunakan tangan untuk mendorong kursi roda. Sedangkan kursi roda elektrik memiliki banyak fungsi yang sama dengan kursi roda biasa, yakni yang utama adalah memberikan mobilitas/gerak kepada pengguna untuk melalui berbagai medan dan kemiringan/tanjakan, namun kursi roda elektrik berpenggerak sendiri dengan menggunakan motor.

Dengan kursi yang bermotor, maka membuatnya berbeda dengan kursi roda biasa di mana kursi roda elektrik memiliki fitur dan sistem perangkat yang diletakkan di bawah kursi. Perangkat ini biasanya terbungkus dalam wadah plastik, dilengkapi dengan motor serta sumber tenaga (biasanya susunan baterai). Komponen-komponen tersebut dirangkai kemudian dihubungkan melalui sistem kabel ke motor, kursi dan panel kontrol yang sangat penting dalam kursi roda tersebut.

Kontrol tersebut yang umumnya terletak di salah satu lengan kursi (sandaran tangan), memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan sebagian besar fungsi utama kursi tersebut. Fungsi tersebut termasuk mengatur posisi duduk (baik meninggikan maupun memiringkan), mengontrol tenaga motor untuk mengubah kecepatan, mengontrol arah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan joystick, serta ditambah sistem diagnostik.

Roda penggerak di kursi roda elektrik, tidak seperti model biasa/manual yang tetap pada satu bidang, dengan paket tambahan atau sepasang set yang ditemukan di depan dan belakang kursi dapat digunakan untuk memberikan tuntunan arah. Roda penuntun ini biasanya diletakkan dengan penopang suspensi variabel dan pegas sehingga memungkinkan roda tetap berhubungan dengan tanah bahkan pada permukaan yang tidak rata.

Memang, banyak kursi roda elektrik modern dirancang untuk mengatasi medan yang sulit, dengan roda besar, rangka poros yang kuat, unit suspensi pneumatik dan motor bertorsi tinggi yang memungkinkan untuk digunakan di lintas-negara atau negara manapun.
Merits Heavy Duty WheelChair
Merits Heavy Duty WheelChair
(Kredit: www.americanwheelchairs.com)

Bagian-Bagian Utama dari Kursi Roda Elektrik, antara lain:

1. Panel Kontrol
Sandaran tangan yang dipasangkan pengontrol memungkinkan untuk penyesuaian kecepatan jalan dan arah kursi roda, serta akses ke fungsi diagnosa.

2. Jok
Jok kursi dapat ditinggikan dari perangkat sistem pada pusat pos (centre post) yang dapat bergerak. Hal itu juga dapat disesuaikan pada berbagai bidang.

3. Joystick
Kecepatan kursi dan arah gerakan dikendalikan dengan joystick yang terletak di salah satu sandaran tangan.

4. Kerangka Poros
Roda pengarah depan dan belakang didukung oleh kerangka poros yang menghubungkan roda ke perangkat dan memastikan jarak roda yang lebih panjang.

5. Pos Jok (Seat Post)
Pos jok berada di tengah perangkat sistem dan memungkinkan untukm membawa kapasitas berat maksimum sebesar 136 kg (300 pon).

6. Suspensi
Unit suspensi dengan pegas koil, keduanya disesuaikan di panel kontrol untuk mencegah roda dari kehilangan titik pikul dengan tanah.

7. Motor
Motor penggerak elektrik menggerakkan kedua roda penggerak, memungkinkan kecepatan maksimum hingga 6.4 km/h (4 mph) dan jarak maksimal sekitar 30 km (18.6 mil).

8. Pengisi (Charger)
Baterai kursi dapat diisi ulang dengan menggunakan perangkat tambahan yaitu unit pengisian yang terpisah dari kursi roda. Baterai dapat diisi dengan menghubungkannya ke saluran listrik utama.

9. Wiring
Panel kontrol kursi dan motor terhubung ke baterai melalui sistem kabel yang terpasang bersama dengan pemutus sirkuit sebagai pengaman.

10. Daya
Dua baterai 36-amp dipasang di bagian belakang perangkat sistem, memberikan daya ke motor listrik dan panel kontrol kursi roda tersebut.

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan