Menambahkan Tombol Kembali Ke Atas di Blog - Vidhian Jaya

Minggu, 19 Oktober 2014

Menambahkan Tombol Kembali Ke Atas di Blog

Ketika membuat postingan/artikel blog kita sering menuliskan alinea yang begitu banyak sehingga tampilan blog menjadi panjang ke bawah. Pengunjung blog yang telah selesai membaca artikel tersebut sering ingin kembali mengakses menu navigasi yang biasanya berada di bagian atas blog. Secara manual pengunjung perlu menscroll mouse mereka untuk kembali ke halaman atas, hal tersebut mungkin terlalu lama dan menyusahkan. Guna mempermudah pengunjung dalam mengakses halaman blog maka salah satunya dengan menambahkan tombol "kembali ke atas".
Menambahkan Tombol Kembali ke Atas di Blog
Menambahkan Tombol Kembali ke Atas di Blog

Fungsi tombol ini yaitu ketika di klik maka secara otomotis akan mengembalikan tampilan layar ke bagian atas blog. Fungsi tombol "kembali ke atas" ini sebenarnya sama persis fungsinya dengan tombol home pada keyboard, namun nampaknya masih jarang orang yang menekan tombol home untuk kembali. Lalu sekarang bagaimana cara membuat/memasang tombol "kembali ke atas" pada blog?

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk menambahkan tombol kembali ke atas di blog:

1. Buka blogger.com dan login ke blog anda.
2. Pilih Tata Letak (Layout) blog.
3. Pilih Tambahkan Gadget (Add Gadget) >> HTML/JavaScript.
4. Salin dan tempelkan kode script di bawah ini.


Keterangan: 
Untuk mengganti tampilan dari tombol, anda cukup mengganti URL di bawah ini dengan URL Anda.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNAQzZPv0iQJqs_SrvokxZNqbGXNlsa126Nz4maBJY7JMBTebnD6Wnumr_JWqHbc4_nxyga2gqiQF4ylAEri7FTM2WwoHeHW164nFPKkys95pUUgY5qCUbNtNUwf6CpqpuzXUIIHsAO1il/s1600/navigate-up-icon.png

5. Klik Simpan (Save) >> Simpan Setelan untuk menampilkannya pada blog.

Apabila berhasil maka tombol akan tampil di pojok kanan bawah blog dan saat di klik maka blog akan kembali ke halaman paling atas.

Diperbarui pada 20 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan