Mengetahui Tentang Hidran Kebakaran - Vidhian Jaya

Sabtu, 31 Januari 2015

Mengetahui Tentang Hidran Kebakaran

Hidran kebakaran adalah perangkat keamanan aktif yang memungkinkan layanan darurat seperti saat pemadam kebakaran dengan cepat membuka keran untuk mendapatkan pasokan air setempat. Ciri khusus pilar hidran yang ada di atas tanah terdiri dari sebuah drum silinder, berpenutup, dan berkatup yang biasanya berdiri kokoh di trotoar jalan. Drum ini bertindak sebagai penghubung antara pipa air utama di bawah permukaan tanah dan selang layanan darurat untuk pemadam kebakaran, yang mengatur laju aliran.
Gambar Hidran
Gambar Hidran

Air diakses melalui hidran menggunakan kunci inggris khusus dengan lima sisi, yang memungkinkan penutup katup untuk dilepas. Setelah selang pemadam kebakaran telah terhubung ke katup - yang biasanya ada tiga (satu lubang besar utama dan dua kecil), air dialirkan dengan manipulasi aliran seperti apa biasa dikenal sebagai batang mur. Kerja mur ini memiliki banyak kesamaan seperti halnya keran tangan di rumah, memungkinkan air untuk mengalir dengan lambat/cepat maupun menghentikan aliran air.

Air hidran yang didapat dari sumber kota memiliki tekanan rendah, biasanya sekitar 3,5-5,6 kilogram per sentimeter persegi (50-80 pon per inci persegi), untuk mendapatkan propulsi (daya dorong/tekan) yang memadai harus disaring melalui pompa, yang terletak di kendaraan darurat seperti pemadam kebakaran. Hal ini secara signifikan dapat meningkatkan tekanan air, memungkinkan hidran untuk lebih aman dan lebih efektif untuk penyemprotan jarak jauh.

Ada dua jenis utama hidran, yaitu barel kering dan barel basah. Hidran barel kering adalah lebih umum dan diberi nama demikian karena tidak memungkinkan air untuk berada di bagian atas (yaitu drum di atas tanah). Hal ini untuk mencegah pembekuan air ketika suhu turun.
Gambar Bagian-Bagian Hidran
Gambar Bagian-Bagian Hidran


Komponen Inti dari Hidran Kebakaran

1. Tutup
Bagian atas hidran memiliki tutup yang berbentuk kubah. Tutup melindungi dan memungkinkan akses ke batang mur, yang dapat diubah posisinya sesuai kebutuhan dengan kunci Inggris.

2. Pegas
Sebuah pegas kompresi mengelilingi batang kerja dan menekan ketika terkait. Pegas mengembalikan ke keadaan tanpa tekanan ketika hidran tidak digunakan lagi.

3. Batang
Batang kerja diaktifkan dengan memanipulasi batang mur, yang selanjutnya akan membuka katup masuk air, memungkinkan air untuk mengalir dari pipa air utama.

4. Suplai
Air mengalir melalui hidran dari pasokan air kota di kawasan itu. Karena memiliki tekanan yang relatif rendah, tekanan air akan ditingkatkan dengan unit pompa di dalam kendaraan pemadam kebakaran sebelum penyemprotan.

5. Keluaran
Ini adalah titik keluaran air hidran dari pipa pemasok air utama. Selang dihubungkan ke ujung dan kemudian dikencangkan dengan pengunci slot.

6. Pengunci
Drum silinder bagian atas dijamin ke bagian bawah permukaan melalui mekanisme penguncian rotasi.

Hidran kebakaran umumnya berwarna cerah (merah) atau dilapisi dengan cat reflektif sehingga mereka mudah dikenali.

Sejarah Hidran

1700: Pipa kayu yang dipenuhi air mulai berada di jalan-jalan London setelah kebakaran besar di tahun 1666.

1801: Insinyur AS Frederick Graff menciptakan hidran pilar pertama pada awal abad ke-19.

1838: Sebuah paten diajukan untuk hidran yang lebih maju. Ini adalah salah satu varietas tipe basah pertama.

1870: Hidran kebakaran dari logam menggantikan hindran kayu sebagai jenis hidran yang paling sering dipasang.

1882: Konektor selang hidran Storz yang umum digunakan sekarang diciptakan oleh Carl Agustus Storz.

Diperbarui pada 22 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan