10 Makhluk Paling Menakutkan dari Cerita Adat Jepang - Vidhian Jaya

Sabtu, 28 Januari 2017

10 Makhluk Paling Menakutkan dari Cerita Adat Jepang

Cerita rakyat Jepang tampaknya menjadi salah satu kelas terpisah dari seluruh dunia. Seperti menyangkut makhluk gaib yang aneh maupun gila. Berikut ini adalah 10 makhluk dari cerita rakyat Jepang yang terdengar menyeramkan namun cukup menarik.

Gashadokuro

Gashadokuro
Gashadokuro

Dalam cerita rakyat, Gashadokuro adalah kerangka raksasa yang dikatakan lima belas kali lebih tinggi daripada rata-rata orang. Tubuh mereka dibentuk oleh amarah roh-roh dari orang-orang yang telah meninggal karena kelaparan. Karena lapar, mereka mengembara di pedesaan pada larut malam, mencari pengelana untuk dimakan.

Sementara itu tulang mereka biasanya membuat suara gemerincing saat mereka berjalan, mereka menjadi benar-benar tenang ketika mencari makan mereka berikutnya. Setelah korban ditemukan, gashadokuro akan memegang orang malang tersebut dan menggigit putus kepalanya. Kemudian meminum semua darah korban sampai tubuhnya sepenuhnya menjadi kosong.

Ubume

Ubume
Ubume

Ubume adalah hantu seorang wanita hamil yang meninggal sebelum atau saat melahirkan dalam cerita rakyat Jepang. Kadang-kadang mereka berwujud gadis muda yang cantik, terkadang juga mereka berwujud perempuan tua jelek. Mereka dapat dilihat pada kegelapan, malam berbadai, menangis dan memegang apa yang sepertinya menjadi bayi di lengan mereka.

Jika orang asing menawarkan untuk membantu dia dan anaknya, ubume tiba-tiba akan menghilang setelah menyerahkan bayinya. Bayi tersebut kemudian mulai menjadi sangat berat, sampai menjadi batu dan menghancurkan siapa pun yang memegangnya.

Jorogumo

Jorogumo
Jorogumo

Jorogumo adalah monster yang memiliki tubuh bagian atas seorang wanita, tapi tubuh bagian bawahnya dari laba-laba. Saat mencari pria untuk dimakan, mereka menyembunyikan tubuh bagian bawahnya. Kadang-kadang muncul membawa "bayi" yang terbuat dari ribuan telur laba-laba, yang dapat membuat korbannya untuk terdiam sehingga mereka dapat membungkus korbannya dengan jaring dan melahapnya.

Bakekujira

Bakekujira
Bakekujira

Bakekujira adalah hantu kerangka paus yang menghantui garis pantai Jepang. Beberapa mengatakan itu adalah roh ikan paus yang kecewa saat dibunuh oleh nelayan, yang lain bersikeras bahwa itu adalah dewa laut. Apa pun itu, ia datang pada malam berkabut, terbawa bersama ikan yang tidak diketahui dan burung-burung. Meskipun tidak mencoba untuk menyerang manusia, orang-orang yang melihatnya menjadi terkutuk dengan nasib buruk.


Kasaobake

Kasaobake
Kasaobake

Kasaobake adalah payung yang menjadi hantu setelah ulang tahunnya yang ke-100. Mereka biasanya memiliki satu kaki kayu, satu atau dua mata, dan lidah yang panjang. Mereka suka untuk mengelabui dan menjaili orang, namun ada juga yang marah dan menyerang pemilik lama mereka.

Akaname

Akaname
Akaname

Akaname adalah setan berwarna merah yang berukuran anak-anak yang menjilati kotoran dan limbah dengan lidah lengket yang luar biasa panjang. Memiliki rambut licin, kulit berminyak, dan berjalan merangkak. Tempat favoritnya adalah kamar mandi yang kotor. Setan ini mungkin tampak seperti membantu, tapi itu benar-benar salah, karena menyebar penyakit ke mana pun ia pergi.

Katakirauwa

Katakirauwa
Katakirauwa

Katakirauwa adalah hantu seekor bayi babi. Meskipun tidak terlihat berbeda dari babi normal, tidak memiliki bayangan, dengan mata merah bersinar mata dan hanya memiliki satu telinga. Makhluk ini hanya dapat dilihat pada malam hari di kota-kota besar, melompat seperti kelinci dan mencari jiwa-jiwa manusia untuk dicuri.

Umibozu

Umibozu
Umibozu

Perjumpaan dengan Umibozu jarang meninggalkan korban selamat apapun. Mereka adalah makhluk laut mirip manusia dengan kulit gelap, tetapi mereka begitu besar yang tak seorang pun pernah melihat lebih dari atas bahunya. Mereka muncul tiba-tiba pada malam yang tenang, menyerang kapal dengan mendorong gelombang atau langsung menghancurkan mereka.

Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan memberikan barel/tong yang tidak memiliki dasar. Dengan cara itu, Umibozu akan terus mencoba untuk mengisinya, dan kapal dapat melarikan diri. Umibozu sendiri secara harfiah berarti "biksu laut", dan mereka dianggap roh pendendam dari biksu yang tenggelam.

Rokurokubi

Rokurokubi
Rokurokubi

Ada dua varian dari rokurokubi dalam cerita rakyat Jepang, seorang monster yang praktis sulit dibedakan dari seorang wanita manusia dengan pengecualian apa yang dapat dilakukan dengan kepalanya. Salah satu jenis dapat memperpanjang leher mereka sampai ke sangat tinggi, beberapa sumber mengatakan 20 kaki, sedangkan jenis lainnya mampu memisahkan kepala mereka dan terbang di sekitarnya. Rokurokubi dilahirkan sebagai manusia perempuan biasa, tapi dikutuk dan diubah oleh karma buruk dari perbuatan jahat yang dilakukan oleh mereka sendiri atau oleh kerabat laki-laki mereka.

Jubokko

Jubokko
Jubokko

Cerita rakyat Jepang tentu bukan tanpa vampir, dan yang paling aneh adalah jubokko, pohon penghisap darah. Pohon-pohon ini terkena sial karena terletak di medan perang, setelah mengembangkan selera mereka terhadap darah dengan menyerap darah yang tumpah ke tanah masuk akar mereka.

Akhirnya, mereka menjadi sangat kecanduan dan mereka mengambil manusia dengan cabang-cabang mereka, menyerang orang dan mengisap darahnya. Tidak ada yang yakin bagaimana untuk membunuh jubokko. Jika seseorang memotongnya, maka akan berdarah seperti makhluk hidup.

Diperbarui pada 28 Januari 2017.

10 Interesting Creatures from Japanese Folklore. Diakses dari http://www.wonderslist.com/10-interesting-creatures-from-japanese-folklore/ pada Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan