Proses Pembuatan Patung Perunggu - Vidhian Jaya

Minggu, 08 Februari 2015

Proses Pembuatan Patung Perunggu

Langkah pertama dalam pengecoran patung perunggu adalah dengan membuat replika potongan patung dari kayu atau tanah liat. Kedua, pelumas seperti minyak digunakan untuk melapisi patung diikuti dengan lapisan tebal karet silikon. Setelah karet telah mengeras (proses ini yang dapat berlangsung selama 24 jam) lapisan dapat dilepas dari replika dan meninggalkan cetakan yang rinci.
Gambar Pembuatan Patung Perunggu
Gambar Pembuatan Patung Perunggu
(Sumber: HIW)

Selanjutnya, cetakan diisi dengan lilin panas. Setelah dibiarkan dingin, cetakan diambil sehingga meninggalkan sebuah patung lilin. Setelah memasang model lilin ke perangkat yang disebut screw (sekrup) yang mana menyalurkan perunggu cair (leleh) melalui serangkaian saluran yang halus, cetakan dicelupkan ke dalam larutan keramik dan ditutupi dengan bubuk silikon untuk memperkuatnya.

Cetakan lilin dalam kemudian meleleh di oven uap, sedangkan yang keramik dilepas untuk menghasilkan cetakan akhir. Perunggu dipanaskan hingga lebih dari 2.000 derajat Celsius (3.630 derajat Fahrenheit) sebelum dituangkan ke dalam cetakan dan akan mengeras dalam 30 menit atau lebih. Terakhir lapisan keramik akan terkelupas dan pasir akan hancur untuk memperlihatkan patung perunggu di dalamnya.

Diperbarui pada 24 Januari 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan