Jenis-Jenis Program Ekstrakurikuler - Vidhian Jaya

Jumat, 10 Maret 2017

Jenis-Jenis Program Ekstrakurikuler

Program ekstrakurikuler atau dapat disingkat ekskul adalah program kegiatan yang dilakukan di luar jam pembelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau di luar sekolah. Tujuan program ekstrakurikuler adalah mendukung dan melengkapi program kurikuler, serta memperkaya pengetahuan, meningkatkan sikap, dan mendukung keterampilan peserta didik.

Berbagai EkstraKurikuler

Berikut ini jenis-jenis program kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah pada berbagai tingkat/jenjang pendidikan:

1. Program Penguasaan Kompetensi Mata Pelajaran

Program ini diarahkan untuk ketercapaian bidang akademik, baik dalam aspek pengetahuan, sikap, maupun psikomotor. Program ini sangat penting dikembangkan agar peserta didik memiliki kesiapan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi sesuai dengan jenjang sekolah yang diinginkan. Kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan program ini contohnya antara lain:
  • Kegiatan pengayaan mata pelajaran yang dianggap perlu berdasarkan pertimbangan tertentu.
  • Remidial atau perbaikan bagi peserta didik yang penguasaan kompetensinya kurang sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  • Kunjungan ke tempat bersejarah, museum, industri, maupun tempat pendidikan non formal lain.
  • Kegiatan kelompok peneliti atau karya ilmiah.
  • Wawancara terhadap para ahli atau narasumber lain.

2. Program Pendidikan Karakter Bangsa

Program ini diarahkan untuk mengembangkan sikap nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Program ini sangat penting dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler, karena tidak mungkin dicapai secara utuh melalui jalur program kurikuler dengan jumlah jam pelajaran dan bahan pembelajaran yang terbatas. Kegiatan ektrakurikuler yang sesuai dengan program ini antara lain:
  • Kepramukaan dan kepanduan.
  • Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra.
  • Latihan dasar kepemimpinan.
  • Kelompok baris berbaris.
  • Kelompok pecinta alam.

3. Program Peningkatan Kecakapan Hidup

Program ini diarahkan untuk membekali peserta didik agar mampu beradaptasi serta memiliki keterampilan tertentu sebagai bekal hidup di masyarakat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kehidupan masyarakat yang cepat berubah memungkinkan hilangnya berbagai jenis pekerjaan yang sudah ada dan tumbuhnya berbagai jenis pekerjaan baru yang harus dikuasai oleh generasi baru.

Kini hampir setiap rumah tangga memerlukan bantuan hasil teknologi. Misalnya berupa alat komunikasi seperti telepon, smartphone, serta berbagai media hiburan seperti televisi, radio, console game, dan sebagainya. Peserta didik sebagai generasi muda perlu mengikuti arah kemajuan teknologi dan perlu memiliki pemahaman tentang teknologi yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Melalui pemahaman tersebut diharapkan muncul kreativitas sehingga pada akhirnya mereka bukan hanya berperan sebagai pengguna, melainkan berperan pula sebagai perekayasa atau pengembang teknologi. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan program ini antara lain:
  • Pelatihan komputer.
  • Perkoperasian.
  • Kewirausahaan.
  • Keolahragaan.
  • Kesenian.

4. Program Pembentukan Keimanan dan Ketaqwaan

Selama ini program peningkatan iman dan taqwa dalam agama kurang begitu tersentuh oleh program kurikuler. Sebab pembelajarannya dikembangkan lebih banyak diarahkan pada pembentukan kognitif dan intelektual siswa. Keberhasilan pembentukan iman dan taqwa bukan diukur dari ada tidaknya perubahan sikap, akan tetapi ditentukan oleh kemampuan dalam memahami berbagai fakta dan konsep. Program pembentukan iman dan taqwa ditentukan sejauh mana peserta didik dapat menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai kehidupan ke dalam perilaku kehidupan ke dalam perilaku sehari-hari. Kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan program ini, antara lain:
  • Kegiatan bakti sosial.
  • Kunjungan ke panti asuhan.
  • Pengajian rutin.
  • Peringatan terhadap hari besar keagamaan.

Diperbarui pada 10 Maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

Tentang Kami

authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
Selengkapnya →



Subscribe Channel

Video Pilihan