Hal Unik Terkait Bahasa Tubuh Seseorang - Vidhian Jaya

Selasa, 31 Januari 2017

Hal Unik Terkait Bahasa Tubuh Seseorang

Komunikasi dapat dijalankan tidak hanya melalui ucapan, pendengaran dan penglihatan. Namun juga dapat melalui bahasa tubuh. Bahasa tubuh dapat muncul dari ekspresi wajah hingga gerak tubuh. Meski kelihatannya gerakan tubuh itu adalah sesuatu yang normal, tapi sebenarnya itu dapat mewakili perasaan seseorang.
Bahasa Tubuh
Bahasa Tubuh

Misalnya ketika berbicara empat mata, tapi lawan bicara kita lebih sering memalingkan pandangan, banyak gerakan gelisah maka bisa jadi mereka ingin segera mengakhiri pembicaraan atau ingin melakukan sesuatu. Banyak hal-hal menarik yang dapat kita ketahui tentang bahasa dan sikap tubuh seseorang. Berikut ini adalah beberapa hal unik tentang bahasa dan sikap tubuh seseorang:

  1. Perasaan seseorang lebih banyak dikomunikasikan secara nonverbal ketimbang lewat kata-kata. 
  2. Orang yang paling tidak mengenal dirimu adalah orang yang paling sering mengkritikmu. 
  3. Pada dasarnya, kita cenderung lebih mempercayai apa yang kita lihat daripada yang kita dengar. Citraan akan dianggap lebih menampilkan makna yang sebenarnya, dan karena otak menyimpan memori dalam bentuk gambar, maka citraan dari indra penglihatanlah yang diingat. 
  4. Sebanyak 93 persen dari seluruh pesan kita disampaikan melalui bahasa tubuh (termasuk suara). 
  5. Seperti halnya pasta gigi, lebih mudah untuk mengeluarkan kesan pertama yang negatif dari dalam bungkus pasta gigi daripada menekannya kembali ke dalam. 
  6. Bahasa tubuh yang terbuka itu menyambut dan santai, sedangkan bahasa tubuh yang tertutup itu merapatkan lengan dan tungkai ke tubuhnya. 
  7. Lebih banyak komunikasi yang disampaikan melalui mata daripada bagian tubuh yang lain. 
  8. Terlepas dari alasan sebenarnya yang dimiliki oleh seseorang, menundukkan pandangan dan tidak melakukan kontak mata bukan merupakan sikap yang menunjukkan rasa percaya diri, tetapi lebih pada sikap yang menunjukkan ketundukkan.
  9. Dalam setiap percakapan normal, kontak mata selalu terjadi sebentar-sebentar. Kamu merasa gelisah terhadap seseorang ketika penyimpangan dari aturan yang normal ini. 
  10. Dalam sebuah percakapan normal, pihak yang sedang berbicara lebih sering mengalihkan pandangan daripada orang yang ia ajak bicara. 
  11. Orang sering menunjukkan ketertarikan mereka kepada orang lain (karena alasan apa pun) dengan menahan kontak mata selama beberapa detik lebih lama dari biasanya. 
  12. Jika anda merasa kontak mata sangat penting dalam sebuah percakapan yang sulit. Katakanlah percakapan di restoran, tempat kerja, atau dalam rapat. Cobalah merancang agar kamu bisa duduk berhadapan dengan orang tersebut, bukan di samping atau tepat di sebelah mereka.
  13. Berhati-hatilah dalam menerjemahkan gerakan menyilangkan tungkai yang dilakukan oleh seorang perempuan, karena mungkin memang sikap yang demikian itu bisa memberikan rasa nyaman atau mungkin hanya sekedar karena model pakaian, bisa saja itu bukanlah gerakan yang mencerminkan sebuah perilaku.
  14. Kaki dan tungkai merupakan bagian tubuh yang paling jujur.
  15. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen kebohongan yang dikatakan memunculkan adanya tanda-tanda yang jelas melalui tubuh atau paralanguage (aspek vokal).
  16. Berbeda dengan apa yang diyakini oleh sebagian besar orang, penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sedang berbohong lebih jarang tersenyum dibandingkan dengan seseorang yang berkata benar.
  17. Alih-alih berpaling, seorang pembohong mungkin akan bersikap berlebihan dan melakukan kontak mata berlebihan.
  18. Menyentuh hidung dapat meredakan ketegangan dalam diri. Tindakan ini tidak selalu terkait dengan kebohongan, seperti misalnya stress dengan gejala peningkatan tekanan darah yang melepaskan zat-zat kimia yang menyebabkan jaringan hidung membengkak. Perhatikan kapan dan seberapa sering gerakan menyentuh hidung ini dan juga konteksnya.
  19. Gerakan tubuh, pada umumnya cenderung menjadi lebih lambat ketika seseorang sedang berbohong dan juga terjadi lebih banyak kebocoran pada anggota tubuh bagian bawah ketika seseorang sedang berbohong.
  20. Ketika seseorang merasa nyaman dan percaya diri, kecenderungan alami yang ia lalukan adalah memperluas jangkauan tubuhnya sebaik mungkin. Ketika sedang berada dalam situasi yang tidak nyaman, tubuh akan mencoba untuk menyelubungi diri sendiri.
  21. Jika kamu bisa mengetahui perilaku dasar dari kaki seseorang maka kamu bisa mengetahui perubahan emosi yang ia alami.
  22. Berbeda dengan anggapan sebagaian besar orang, para pembohong membocorkan sebagian besar kebohongannya melalui apa yang mereka katakan (khususnya bagaimana mereka mengatakannya) alih-alih melalui apa yang mereka lakukan.
  23. Jika kamu membuat orang lain merasa nyaman, melalui kontak mata dan perhatian, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang menarik.
  24. Setiap kali kita gelisah, aktivitas pengalihan dan gerakan untuk menenangkan diri akan selalu muncul. Fisiologi tubuh kita memang tidak kenal ampun.

    Diperbarui pada 31 Januari 2017.

    • Borg, James. 2015. Pintar Membaca Bahasa Tubuh. Yogyakarta: Diva Press

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, menghormati satu sama lain. Terima kasih.

    Tentang Kami

    authorHalo, selamat datang di situs Vidhianjaya. Situs ini dikelola oleh admin yang juga merupakan seorang pendidik dari sekolah vokasi / kejuruan di bidang teknologi dan rekayasa dan Duta Teknologi Kemendikbudristek. Selain sebagai pendidik, kami juga aktif sebagai penulis, konten kreator, penggiat literasi dan digital, serta penggerak organisasi di bidang pendidikan. Kami suka berkarya, berkreasi, dan berbagi dalam banyak hal, terkhususnya bidang pendidikan, literasi, teknologi, sains, digital, dan informasi.
    Selengkapnya →



    Subscribe Channel

    Video Pilihan